Mad Farqi

1 min read

Mad Farqi ialah salah satu hukum bacaan yang termasuk ke dalam pembahsan tentang ilmu tajwid.

Berikut ini materi tentang Mad Farqi lengkap dengan Pengertian dan cara membaca beserta contoh bacaan Mad_Farqi.

Apa yang dimaksud dengan bacaan Mad Farqi?
Setiap kali Anda belajar membaca Al-Quran, ilmu tajwid selalu menjadi gandengannya.

Mad_Farqi adalah bagian dari salah satu Mad far’i yaitu bacaan Mad yang tidak termasuk Mad thobi’i. Mad far’i sendiri dibagi menjadi tiga belas jenis. Salah satunya yaitu Mad Farqi. Mari kita baca yang selanjutnya untuk memahami bacaan Mad Far’i.

Pengertian Mad Farqi

pengertian mad farqi

Ketika ditafsirkan, kata Farqi berarti pembatas atau pemisah. atau dapat juga diartikan sebagai pembeda. Alasan mengapa salah satu dari Mad ini disebut Mad_Farqi ialah karena Mad ini dilahirkan untuk membedakan antara Istifham dan Khabar.

Apa yang dimaksud dengan isifham?
Istifham adalah istilah untuk pertanyaan dalam bahasa Arab. Sebut saja Istifham adalah kalimat dalam bentuk pertanyaan. Salah satu cara untuk membuat Istifham adalah dengan menggunakan Hamzah Istifham. Hamzah juga memainkan peran penting dalam pembahasan Mad Farqi ini.

Secara Definisi, Mad_Farqi ialah hukum Mad yang terjadi ketika hamzah istifham memasuki kata benda al ta’rif. Karena itu alif al ta’rif digantikan oleh alif yang membuat hamza dibaca menjadi panjang.

Pembacaan bacaan Mad dengan panjang ini menunjukkan pembedaan bahwa pada teks tersebut berisi hamzah istifham.

Perbedaan Mad Farqi dan Mad Lazim

Salah satu sumber mengatakan bahwa Mad_Farq ialah bagian dari Mad Lazim Kilmi. Coba untuk kita lihat lagi pengertian Mad Lazim Kilmi, Definisi Mad Lazim Kilmi ialah: Ketika Mad Thobi’i bertemu dengan huruf yang bersukun dan keduanya berada dalam satu kata.Bahkan pada Mad Farqi hal itu pun benar-benar terjadi.

Mad Thobi’i yang dimaksud ialah Hamzah Istifham, yang sebelumnya yaitu Alif huruf mad. Kemudian surat sukunnya ialah huruf lam. Namun, karena posisi Mad Thobi’i dan huruf-huruf di mana sukun dipisahkan, maka hal itu tidak dapat disebut Mad Lazim Kilmi.

Berbeda dengan bacaan Mad yang lainnya, bacaan Mad_Farqi di dalam Al-Quran jarang ditemukan, hanya ada empat bagian yaitu dalam Al-Quran Surat Al-An’am ayat 143 dan 144, surat Yunus ayat 59 dan an-Naml ayat 59.

Dikatakan Mad_Farqi berarti bahwa perbedaan harus dibuat antara Istifham dan Khobar. Karena jika tidak dibaca dengan panjang akan diyakini sebagai Khobar bukan Istifham, maka Hamzah dalam kalimat tersebut dibaca panjang sebagai Istifham atau kata Tanya.

Cara Membaca Mad Farqi

Karena jumlah dalam Al-Quran yang sangat langka atau jarang, jadi mudah untuk diingat. Namun, jika Anda mengetahui letak bacaan Mad_Farqi dan bahkan mengingatnya, akan tetapi terkadang lupa apa kalimat yang terkandung dalam bacaan ketika Anda menemukannya dalam Al-Quran.

Sekarang ada sesuatu yang lebih penting untuk diingat, yaitu cara membaca bacaan, Mad dibaca dengan panjang, panjang bacaannya tiga alif atau enam harokat.

Contoh Bacaan Mad Farqi

Perhatikan bacaan dalam lafadz ءَٓالذَّكَرَيْنِ hamzahnya, yaitu hamzah istifham atau hamzah yang dimaksud adalah hamza yang sebagai kata tanya. Cara membacanya adalah dibaca dengan panjang yaitu tiga alif atau enam harokat.

Ayat ini adalah kutipan dari Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 143 dan di ayat 144 ada juga bacaan yang sama.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read