Mad Jaiz Munfashil

2 min read

Mad Jaiz Munfashil

Berikut ini adalah Jaiz Munfashil. Pengertian Jaiz Munfashil, Cara membaca Hukum Jaiz Munfashil, serta Contoh Jaiz Munfashil.

Jaiz Munfashil adalah salah satu hukum mad dalam ilmu Tajwid, terutama sebagai bagian dari Mad Far’i, yang paling mirip dengan Mad Wajib Muttashil. Kedua mad ini memiliki Hamza yang sama, yang merupakan alasan pembentukan Mad Far’i. Dan artikel berikut akan berbicara lebih banyak tentang pengertian, contoh, dan hukum Jaiz Munfashil.

Pengertian Mad Jaiz Munfashil

Secara bahasa pengertian Jaiz Munfashil ialah Mad Thobi’i yang berurusan dengan Hamzah, tetapi dengan dua kata yang berbeda. Mad Thobi’i ada di akhir kata. Sedangkan huruf-huruf Hamza dimulai dengan kata-kata yang berbeda.

Mad Thobi’i sendiri ialah ketika ada alif di belakang huruf yang memiliki harokat Fathah, atau wau sukun setelah huruf berkat Dlummah atau Ya’ sukun setelah huruf dengan harokat Kasroh.

Oleh karena itu, Jaizt Munfashil ialah hukum jika ada alif berada sesudah huruf yang memiliki harokat Fathah dan bertemu dengan Hamza dalam dua kata berbeda. Atau hukumnya, jika ada wau sukun sesudah huruf yang berharakat dlummah dan bertemu dengan hamzah dengan kata yang lain. Atau pun, hukum jika ada ya’ sukun setelah huruf berharakat Kasroh bertemu dengan hamzah yang tidak dalam satu kata.

Ini sangat berbeda dari Mad Wajib Muttashil, di mana posisi mad thobi’i dan hamzah harus dinyatakan dalam satu kata. Jadi itu sangat perlu untuk digarisbawahi karena sangat banyak perbedaan.

Cara membaca hukum Mad Jaiz Munfashil

Panjang bacaan Mad Jaiz Munfashil sama dengan panjang bacaan Mad Wajib Muttashil. Artinya, jika Anda membaca Mad Wajib Muttashil dengan panjang tiga Harokat, maka Anda juga harus membaca Jaizt Munfashil dengan panjang tiga Harokat. Tidak ada yang berbeda.

Begitu juga, Jika Anda membaca Mad Wajib Muttashil dengan panjang bacaan lima Harokat, maka panjang bacaan Jaiz Munfashil juga lima Harokat. Terlihat sangat mudah. Namun dalam praktiknya, membaca Al-Quran kurang memperhatikan panjangnya mad ini.

Contoh-Mad-Wajib-Muttasil

Sekali lagi, perlu diingat bahwa panjang Mad Wajib Muttashil memiliki berbagai pendapat yang berbeda. Ada yang berpendapat bahwa panjang bacaannya tiga Harokat. Ada juga yang berpendapat panjang bacannya empat Harokat. dan ada pula yang berpendapat bahwa panjang bacaannya lima Harokat.

Bahkan ada yang berpendapat bahwa panjang bacaannya hingga enam Harokat. Sekarang tinggal pendapat mana yang ingin Anda pilih, dan kemudian berpegang pada pilihan itu.

Contoh Mad Jaiz Munfashil

mad-jaiz-2-1

Untuk lebih memahami makna, contoh, dan hukum Jaiz Munfashil, Anda dapat memeriksa contoh-contoh Jaiz Munfashil. Contoh Jaiz Munfashil dalam ayat 9 Surah Al Baqarah ialah lafadz ‘Illaaa anfusahum’. Anda dapat melihat di sana bahwa kata ‘Illaaa’ merupakan contoh Mad Thobi’i dalam bentuk alif yang diawali dengan huruf berharakat Fathah.

Setelah kata ‘Illaaa’ Anda akan melihat kata ‘anfusahum’, yang berisi huruf Hamzah di awal kata. Pertemuan Mad Thobi’i dengan Hamza jenis ini mengarah pada hukum bacaan Jaiz Munfashil. Membaca tentu berbeda dengan membaca Mad Thobi’i.

Anda dapat melihat kembali contoh Jaiz Munfashil dalam ayat 11 Surat Al Baqarah,’qooluuu innamaa’ Ada kata ‘qoluuu’ yang memuat hukum Mad Thobi’i dalam bentuk huruf dengan harokat dlummah dengan wau sukun. Di depannya adalah kata ‘innamaa’, yang berisi huruf Hamza di awal kata. Seperti contoh pertama, hukum bacaan ini juga disebut Jaiz Munfashil.

Bagaimana Anda membacanya dengan memanjangkan Mad Thobi’i ke kata ‘qoluu’ yang sesuai dengan panjang bacaan Jaiz Munfashil. Anda dapat memilih antara tiga Harokat hingga enam Harokat. Tetapi Anda harus konsisten dengan keputusan Anda. Jika ada tiga Harokat, Anda harus membaca tiga Harokat ketika Anda bertemu Jaiz Munfashil. Dan seterusnya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Mad Jaiz Munfashil. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Qalqalah

Doa ibu
2 min read

Hukum Mad Thobi’i

Doa ibu
2 min read

Mad Wajib

Doa ibu
1 min read