Manfaat dan Doa Ayat Kursi

2 min read

Manfaat dan Doa Ayat Kursi

Manfaat dan Doa Ayat Kursi – Sebagai Muslim, dianjurkan untuk membaca ayat-ayat secara teratur dan mempraktikkannya dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Jika kita sering melafalkan ayat kursi dalam hidup kita, hidup akan lebih diberkati dan berada dalam lindungan Allah dan tidak akan menghasilkan kemaksiatan.

Ayat Kursi dikenal dalam bahasa Arab sebagai āyatul Kursī atau sering juga sebagai Ayat singgasana. Ayat kursi adalah salah satu ayat dalam Surat Al-Baqarah, ayat 255.

Ayat ini dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab adalah ayat yang paling agung di dalam Al-Quran. Dalam pembacaan ayat kursi, ayat itu memuat keEsaan Allah dan kuasa Allah seutuhnya.

Allah adalah penguasa atas segala sesuatu yang ada di alam semesta, dan Allah tidak kesulitan dalam memeliharanya. Dalam setiap ayat dalam bacaan ayat kursi, ayat tersebut mengandung banyak arti dan makna tentang manfaat dan keutamaannya. Membaca ayat ini akan memengaruhi jiwa dan kepercayaan hidup kita.

Pada kesempatan ini akan dijelaskan lengkap tentang, bacaan ayat-ayat kursi bahasa arab, bacaan ayat-ayat Latin, makna dari ayat kursi, keutamaan ayat kursi dan manfaat dari ayat-ayat tersebut sepenuhnya dibahas. Silakan lihat ulasan berikut.

Sebab Turunnya Ayat Kursi

Ketika ayat kursi diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh Allah di bumi dengan perantara malaikat Jibril disertai oleh 70.000 malaikat. Langit, bumi dan seluruh alam semesta dan seisinya menyambut dengan penuh rasa hormat. Diriwayatkan peristiwa-peristiwa ketika ayat itu diturunkan seketika keadaan bumi menjadi gempar dan terjadi gempa di seluruh dunia.

Dikatakan ketika ayat kursi ini turun terjadi badai yang mengerikan dan sangat dahsyat. Bahkan mahkota raja-raja terlepas dan tertinggal dari kepala dan jatuh ke tanah.

Ada kekacauan dan kegemparan di mana-mana. Selain orang-orang dalam kegemparan, Setan juga ikut merasakan kegemparan dan berlari menghadap iblis yang juga ketakutan.

Raja Iblis akhirnya memerintahkan setan untuk mencari sumber datangnya gempa atau gemuruh.

Ketika setan telah sampaike tempat turunnya ayat kursi, yang tampaknya telah diberikan langsung oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad disertai oleh 70.000 malaikat, itu menyebabkan getar dan ketakutan para setan.

Dengan turunnya ayat ini akan memungkinkan umat Islam mendapat manfaat dan perlindungan dari Allah. Ini secara langsung dapat menghalangi niat Setan untuk merayu dan menyesatkan manusia.

Oleh karena itu, ayat kursi diyakini sebagai penangkal dan pengusiran setan. Ayat kurdi juga merupakan penolong bagi semua Muslim yang ingin membaca dan mempraktikkannya.

Doa Ayat Kursi

Artinya :
“Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. yang Maha hidup, yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), Yang tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki.Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi dan Maha Besar.” (Q.S Al-Baqarah ayat 255).

Manfaat Ayat Kursi

Adapun berbagai jenis manfaat dalam ayat kursi, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Membuat otak lebih mudah mengerti

Membaca dan mengamalkan ayat kursi, pertama memiliki keuntungan membuat Anda lebih pintar. Dengan membaca ayat kursi secara teratur, pikiran atau otak menjadi lebih mudah untuk memahami atau mencerna pengetahuan atau ilmu baru.

2. Terlindungi dari godaan Setan

Diiriwayatkan bahwa jika Anda terganggu oleh setan lalu membaca ayat kursi pasti setan akan lari dan meninggalkan kita. Karena kekuatan manfaat dari ayat kursi ini akan menyelamatkan kita dari godaan para setan terkutuk.

Jika Anda membaca ayat kursi setelah sholat wajib dipagi dan disore hari, maka akan dilindungi dari serangan binatang buas untuk menghindari kejahatan oleh orang lain yang dapat menjerumuskan keluarganya ke dalam bencana.

3. Dilindungi oleh Allah

Jika seseorang membaca ayat kursi sebelum bepergian maka Allah melindunginya dalam perjalanannya. Dia pasti akan bebas dari musibah dan bencana selama perjalanannya hingga sampai ke tujuan dengan selamat.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Manfaat dan Doa Ayat Kursi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read