Manfaat Sedekah

2 min read

Manfaat Sedekah

Manfaat Sedekah – Tiap orang pernah melakukan sedekah. Lantas apakah sedekah yang kita berikan kepada orang lain sudah benar?

Sedekah merupakan pemberian kita kepda orang lain dengan hati yang ikhlas dan tanpa pamrih.

Apa yang akan kita dapatkan dengan bersedekah?

Berikut ini akan dijelaskan secara jelas apa itu sedekah dan manfaat yang akan kita dapatkan dari bersedekah.

Pengertian Sedekah

Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu Shadaqoh. Sedekah yaitu pemberian dari orang Muslim kepada orang lain dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Dengan bersedekah tidak akan menjadikan kita miskin atau berkurang harta kita. Seperti salah satu hadits berikut ini:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Artinya:
“Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Tirmidzi)

Banyak orang yang tidak mau bersedekah karena takut hartanya berkurang dan bisa jadi karena seseorang tersebut memiliki sifat kikir. Padahal sungguh besar keutamaan yang akan Allah SWT. berikan kepada kita.

Bersedekah merupakan perintah Allah SWT. dan anjuran yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Membantu orang lain dengan rezeki yang kita miliki.

Bersedekah juga merupakan bukti dari keimanan seseorang. Karena kita percaya akan janji Allah SWT.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ

Artinya:
“Dan sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Allah SWT. mengajarkan untuk kita tidak mengumbar – umbar kebaikan yang telah kita lakukan agar tidak riya. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa tangan kiri kita tidak boleh mengetahui apa yang tangan kita sedekahkan ketika sedang bersedekah.

Hal itu terdapat hadits berikut ini:

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْننُهُ

Artinya:
“Orang yang sedekah dan menyembunyikannya sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang sudah disedekahkan tangan kanannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sedekah

Manfaat Sedekah

Sedekah merupakan hal baik yang akan mendatangkan banyak manfaat. Dengan bersedekah menjadikan harta kita lebih berkah dan Allah SWT. akan mengganti dengan berlipat – lipat. gantinya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya:
“Tidak ada hari kecuali setiap hari tersebut ada dua malaikat yang turun setiap pagi dan berkata salah seorang diantara mereka, “Ya Allah berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, dan berkata malaikat yang lain, “Berilah kebinasaan bagi orang yang kikir”.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun beberapa manfaat dari sedekah yaitu:

a. Disukai oleh Allah SWT.

Berdasarkan firman Allah SWT. dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 195 yaitu:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya:
“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah ayat 195)

b. Memanjangkan umur

Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri.“ (HR. Thabrani)

c. Dapat Menghapus Dosa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Artinya: 
”Dan sedekah itu akan menghapuskan dosa (kesalahan) sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

d. Meredam Murka Allah SWT.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ

Artinya: 
“Sedekah itu dapat memamkan murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek.” (HR. Tirmidzi)

e. Melipat Gandakan Pahala

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:

قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – : مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ – وَلاَ يَقْبَلُ اللَّهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ – وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ ، ثُمَّ يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّى أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ

Artinya: 
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa bersedekah senilai dengan sebiji Kurma dari penghasilan yang baik (halal) dan Allah hanya menerima sedekah yang baik (halal), maka sesungguhnya Allah akan menerima sedekahnya dengan tangan kanan -Nya, kemudian Dia menumbuh – kembangkannya bagi pemiliknya sebagaimana salah seorang dari kamu menumbuh – kembangkan anak kudanya sehingga menjadi seperti (sepenuh) gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT. berfirman dalam surat Al Hadid ayat 18 yaitu:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul -Nya) baik laki – laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid ayat 18)

Tercantum pula pada surat Al Baqarah ayat 261, Allah SWT. berfirman bahwa:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya:
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. AL Baqarah ayat 261)

f. Pelindung dari Api Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

Artinya:
“Hindarilah api neraka walaupun dengan bersedekah hanya separuh buah kurma.” (HR. Muslim)

g. Menyembuhkan Penyakit

Berdasarkan hadits berikut ini:

“Obatilah orang – orang sakit kalian dengan (mengelaurkan) sedekah, dan bentengilah harta – harta kalian dengan (mengeluarkan zakat, dan siapkan untuk (menangkal) bala’ dengan berdoa.” (HR. Baihaqi)

h. Naungan di Hari Kiamat

Dari Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu berkata Rasulallah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ أَوْ قَالَ: يُحْكَمَ بَيْنَ النَّاسِ

Artinya:
“Tiap insan akan berada dibawah naungan sedekahnya, sampai dipisah antara sesama insan. Atau beliau mengatakan; ‘Sampai dihukumi manusia.” (HR. Ahmad)

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Manfaat Sedekah. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read