Manfaat Sholat Dhuha bagi Tubuh hingga Rohani Lengkap

3 min read

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha bagi Tubuh hingga Rohani Lengkap – Sholat dhuha merupakan sholat yag dikerjakan setelah matahari terbit hingga sebelum masuk waktu dzuhur. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dianjrukan untuk dikerjakan.

Manfaat dari sholat dhuha juga sangat banyak. Oleh sebab itu banyak umat Islam yang mengerjakannya. Selain menjalankan perintah Nabi Muhammad SAW. tentunya untuk mendapatkan keutamaan hingga manfaat dari sholat dhuha.

Apa saja manfaat yang terkandung dari melaksanakan sholat dhuha?

Berikut ini akan diulas mengenai manfaat – manfaat yang terkandung dari sholat dhuha yang akan dijelaskan secara lengkap dan jelas. Simak terus ya.

Sholat

Sholat merupakan ibadah yang Allah SWT. perintahkan. Dalam Al Quran begitu banyak kata sholat. Melaksanakan ibadah sholat wajib lima waktu merupakan hal yang harus dikerjakan. Tetapi, selain itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan umat Nya untuk melaksanakan sholat sunnah.

Hal ini tercantum dalam sebuah ayat Al Quran yaitu pada surat Hud ayat 114. Allah SWT. berfirman:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebagian permulaan dari pada malam. Sesungguhnya perbuatan – perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan – perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang – orang yang ingat.” (QS. Hud ayat 114)

Salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan yaitu sholat dhuha. Sholat dhuha dikerjakan sebanyak dua rakaat hingga 12 rakaat dan dikerjakan setelah matahari terbit hingga masuk waktu dzuhur.

Sholat dhuha memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa. Selain keutamaan – keutamaan dari sholat dhuha yang kita laksanakan, terdapat juga manfaat untuk tubuh dan jiwa kita.

Dengan melaksanakan sholat dhuha dengan ikhlas dan rutin tentunya akan memberikan dapat yang baik untuk kita. Manfaat dari sholat dhuha dapat kita rasakan. Salah satunya yaitu untuk kesehatan, ketentraman, kecantikan, bahkan jodoh.

Adapun manfaat dari melaksanakan sholat dhuha di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Membuat batin atau jiwa lebih tenang

Melaksanakan sholat dhuha di waktu pagi hari merupakan waktu yang tenang. Ketika kita ikhlas dan khusyuk dalam melaksanakan sholat dhuha, pikiran kita hanya akan tercurah kepada allah SWT. Sehingga, batin dan jiwa kita pun menjadi lebih tenang.

b. Memperlancar peredaran darah

Sholat dhuha dikerjakan di pagi hari, di mana cuaca dan suasana sedang bagus. Udara pun masih segar. Hal ini membuat peredaran darah kita lancar.

Selain itu juga, dengan sholat dhuha kita menggerakkan tubuh kita sehingga otot – otot dalam tubuh kita bergerak. Tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat lagi. Hal ini merupakan salah satu dari manfaat melaksanakan sholat dhuha.

c. Stres yang dialami akan berkurang

Salah satu manfaat dari sholat dhuha yaitu mengurangi atau menghilangkan stres. Dengan melaksanakan sholat dhuha batin atau jiwa kita menjadi lebih tenang, meyakini akan semua nikmat yang telah Allah SWT. berikan. Rasa bersyukur yang begitu besar terhadap nikmat Allah SWT. menjadikan pikiran kita lebih jernih. Sehingga, tingkat stres pada diri kita pun berkurang.

Lebih ikhlas dan bersyukur kepada Allah SWT. atas apa yang terjadi pada diri kita merupakan salah satu kunci hilangnya stres atau beban pikiran yang berkecamuk dalam diri seseorang.

d. Wajah lebih bercahaya

Siapa yang tidak ingin wajahnya menjadi lebih bercahaya? Bahkan banyak yang menggunakan produk skincare dan lain sebagainya untuk mendapatkan wajah yang bercahaya dan bersinar alias glowing.

Padahal dengan mudah kita dapat merasakannya.

Sholat wajib dikerjakan dengan mengambil wudhu terlebih dahulu. Wudhu sama halnya dengan mencuci muka. Wudhu dilakukan setidaknya lima kali dalam sehari jika ditambah dengan sholat dhuha maka menjadi 6 kali sehari. Tentunya hal ini menjadikan wajah terlihat lebih bercahaya.

e. Awet muda

Selain untuk menjadikan wajah lebih bercahaya, berwudhu untuk melaksanakan sholat dhuha juga dapat membuat kita awet muda. Bagaimana bisa?

Ketika berwudhu, kita mengusap muka kita. Hal itu dilakukan seperti kita sedang memijat muka kita. Tentunya akan berefek baik untuk wajah kita, kulit kita menjadi kencang.

Air wudhu yang digunakan pun dapat menjadikan wajah kita menjadi lembab dan segar. Oleh karena itu, dengan melaksanakan sholat dhuha menjadikan kita awet muda.

f. Ginjal dan jantung lebih sehat

Pelaksanaan sholat dhuha di pagi hari merupakan waktu yang baik untuk organ ginjal dan jantung kita. Di saat itu, bumi perlahan menjadi panas. Sistem pencernaan dan hati akan terpengaruh karena panas dari bumi.

Oleh sebab itu, melaksanakan sholat dhuha dapat membuat ginjal dan jantung lebih sehat.

g. Didekatkan dengan jodoh

Siapa yang tidak ingin bertemu dengan jodohnya dan membangun ikatan yang serius serta membangun sebuah hubungan yang sah.

Dengan rutin melaksanakan sholat dhuha kita akan dijauhkan dari keburukan. Allah SWT. akan terus memperhatikan kita. Kemudian keimanan dan kecintaan kita terhadap Allah SWT. pun semakin besar.

Ingat! Jika ingin mendapatkan cinta dan kasih sayang seorang manusia, maka cintailah dan dekatilah pemilih hati. Allah SWT. merupakan pemilik hati, Yang Maha pembolak balik hati manusia.

h. Dilancarkan rezeki

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah di pagi hari yang dapat menarik rezeki dari segala arah untuk tiap hambanya. Hal ini sesuai dengan doa sholat dhuha.

Manfaat melaksanakan sholat dhuha sama halnya dengan sholat wajib atau sholat sunnah lainnya karena terdapat manfaat dalam gerakan sholat yang dapat kita dapatkan.

Dengan rutin melaksanakan sholat dhuha dapat membantu kesehatan jasmani dan rohani kita. Banyak hal positif yang akan kita dapatkan. Karena sholat dhuha memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa jika kita melaksanakan sholat dhuha secara ikhlas dan sungguh – sungguh.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat yang dapat kita peroleh dari melaksanakan sholat dhuha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu ya. Teruslah memperbaiki diri tidak perlu terburu 0 buru, lakukanlah dari hal yang kecil. Insya Allah semua dimudahkan oleh Allah SWT. Terima kasih.