Nama – Nama Malaikat

2 min read

Nama-Nama Malaikat

Nama-Nama Malaikat – Kita sebagai umat Muslim harus mengetahui 10 malaikat yang wajib kita imani. Meyakini keberadaan malaikat merupakan salah satu rukun iman yaitu rukun iman yang kedua. Berikut akan dipaparkan nama-nama malaikat beserta tugas dari malaikat-malaikat tersebut.

Pengertian Malaikat

Makhluk yang berasal dari nur atau cahaya yang diciptakan oleh Allah SWT. yang bertugas melakukan tugas-tugas tertentu atas perintah Allah SWT. disebut dengan malaikat.

Berikut 10 nama-nama malaikat yang wajib kita ketahui yaitu:

  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Mikail
  3. Malaikat Israfil
  4. Malaikat Izrail
  5. Malaikat Munkar
  6. Malaikat Nakir
  7. Malaikat Raqib
  8. Malaikat Atid
  9. Malaikat Malik
  10. Malaikat Ridwan
Nama malaikat

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT. kepada nabi dan rasul. Malaikat Jibril juga memiliki tugas untuk menghadiri kematian orang yang meninggal dalam keadaan memiliki wudhu. Malaikat Jibril juga disebut dengan Ruhul Quddus, Ruhul Amin, atau an-Namus.

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 97:

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya:
“Katakanlah (Muhammad): “Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa Jibril itu yang telah menurunkan (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya, dan menjadi petunjuk, serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al Baqarah (2) : 97 )

2. Malaikat Mikail

Tugas dari malaikat Mikail yaitu memberikan rizki kepada makhluk hidup, mengatur air, hujan, dan petir.

“Sesungguhnya Allah menguatkanku dengan empat pembantu: dua dari penduduk langit yaitu Jibril dan Mikail. Dan dua dari penduduk bumi yaitu Abu Bakar dan Umar.” (HR. Ibnu Abbas)

Berdasarkan hadits berikut disebutkan bahwa Malaikat Mikail merupakan salah satu yang membantu Rasulullah SAW. dari langit.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniup terompet sangkakala. Berdasarkan firman Allah SWT. dalam surat Az Zumar ayat 68:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Artinya:
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi. Maka tiba-tiba mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az Zumar (39) : 68)

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail diberikan tugas untuk mencabut nyawa. Firman Allah SWT. dalam surat As Sajdah ayat 11:

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya:
Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian hanya kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.” (QS. As Sajdah (32) : 11)

Demi melihat dahsyatnya sakaratul maut yang sedang terjadi terhadap dirinya, malaikat Izrail berkata:

“Ya Allah seandainya saya tahu ternyata pedih sekali sakaratul maut ini, tidak akan tega saya mencabut nyawa seorang mukmin.”

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar bertugas menanyakan amal perbuatan manusia semasa hidup. Saat proses pemakaman telah berakhir dan orang terakhir telah melangkah sejauh 70 langkah dari tempat dimakamkannya si mayit, selanjutnya si mayat akan diberi pertanyaan oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

“Siapakah Tuhan mu?”, “Siapa Nabi mu?”, “Apa agama mu?”

Jika tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka akan memperoleh siksaan sampai dengan hari kebangkitan. Tetapi jika dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka akan diterangkan kuburnya sampai hari kiamat dan dilapangkan kuburnya.

6. Malaikat Nakir

Sama halnya dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir pun memiliki tugas untuk menanyakan amal perbuatan manusia saat di alam kubur atau alam barzah. Dari Abu Hurairah, hadits diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم « إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ – أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ

Artinya:
Rasulullah salallahu’alaihi wasallam bersabda: “Ketika mayat (salah seorang kalian) dimakamkan maka dua malaikat hitam serta biru matanya, yang salah satunya dipanggil Munkar dan lainnya dipanggil Nakir, mendatanginya.” (HR. At Tirmidzi)

7. Malaikat Raqib

Yang bertugas mencatat semua amal baik yang dilakukan yaitu Malaikat Raqib.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid bekerja bersama Malaikat Raqib. Tugas dari Malaikat Atid yaitu mencatat semua amal perbuatan buruk manusia semasa hidupnya. Firman Allah SWT. dalam Al Qur’an surat Qaf ayat 16 sampai 17:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ (16) إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ

Artinya:
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya. (Ingatlah) ketika dua orang Malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.” (QS. Qaf (50) : 16 – 17)

9. Malaikat Malik

Yang bertugas menjaga pintu neraka yaitu Malaikat Malik. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Qur’an surat At Tahrim ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim (66) : 6)

Allah berfirman mengenai beberapa siksaan di neraka, yaitu:

هَٰذَا فَلْيَذُوقُوهُ حَمِيمٌ وَغَسَّاقٌ

Artinya:
“Inilah (azab neraka), maka biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.” (QS. Sad (38) : 57)

لَا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْدًا وَلَا شَرَابًا (24) إِلَّا حَمِيمًا وَغَسَّاقًا (25) جَزَاءً وِفَاقًا (26) 6

Artinya:
“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal.” (QS. An Naba’ (78) : 24 – 26).

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan merupakan malaikat yang diberikan tugas untuk menjaga pintu surga. Allah SWT. berfirman di dalam Al Qur’an surat Ar Ra’d ayat 35:

 مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا ۚ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا ۖ وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

Artinya:
“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah seperti taman mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS. Ar Ra’d (13) : 35)

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai Nama Malaikat beserta tugasnya. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang tugas malaikat dan dapat menambah keimanan kita.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read