Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti

Niat Puasa Tarwiyah

Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hambanya untuk melaksanakan ibadah puasa dan sholat. Tentunya masih banyak ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk mengikuti ajaran yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Melaksanakan ibadah puasa sunnah pun merupakan ibadah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satunya yaitu puasa tarwiyah.

Ya puasa tarwiyah memang sedikit asing di telinga kita. Tetapi puasa tarwiyah merupakan salah satu puasa sunnah yang dapat dikerjakan pada bulan tertentu.

Ulasan kali ini akan membahas tentang berpuasa tarwiyah yang dilengkapi dengan niat dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus artikel kali ini ya.

Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Pada tanggal 8 Dzulhijjah ini disebut juga dengan hari tarwiyah. Hari tarwiyah ini mendekati hari Idul Adha yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Pelaksanaan puasa sunnah tarwiyah sama halnya dengan puasa Ramadhan tidak ada yang membedakan, hanya saja tidak ada sholat tarawih pada malam harinya.

Pada bulan Dzulhijjah terdapat hari Raya Idul Adha di mana pada tanggal 10 Dzulhijjah akan diadakan pemotongan hewan kurban.

Kenapa dinamakan dengan hari tarwiyah?

Saat Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam mendapatkan perintah untuk menyembelih atau mengorbankan anaknya yaitu Nabi Ismail ‘alaihi sallam, Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam memikirkan semuanya. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam untuk melakukan perintahnya. Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam memikirkan hal tersebut. Hal inilah yang menyebabkan hari tersebut disebut dengan hari tarwiyah. Karena tarwiyah memiliki arti berpikir.

Niat Puasa Tarwiyah

Ketika kita akan melaksanakan puasa tarwiyah, kita memulainya dengan membaca niat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melaksanakan sahur terlebih dahulu.

Niat dapat dibaca ketika malam hari atau pun sampai matahari terbit. Adapun berikut ini merupakan bacaan niat berpuasa tarwiyah yang dapat dibaca ketika akan berpuasa yaitu:

a. Bacaan Niat Puasa Tarwiyah untuk Esok Hari

Ketika esok hari kita akan melaksanakan untuk berpuasa tarwiyah, kita dapat membaca niat berikut ini:

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah
Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

Bacaan Arab Niat Puasa Tarwiyah untuk Esok Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah untuk Esok Hari

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati yaumit tarwiyah lillaahi ta‘aalaa.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Puasa Tarwiyah untuk Esok Hari

“Aku berniat menjalankan puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah Ta’ala.”

b. Bacaan Niat Puasa Tarwiyah untuk Hari Ini

Apabila saat akan berpuasa tarwiyah pada malam harinya belum membaca niatnya atau dikarenakan lupa, kita tetap bisa membaca niat berpuasa tarwiyah hingga matahari terbit. Yang paling penting yaitu belum makan atau pun minum. Niat yang dapat dibaca ketika akan berpuasa tarwiyah di hari ini yaitu sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati yaumit tarwiyah lillaahi ta’aalaa.

“Saya berniat menjalankan puasa sunah Tarwiyah hari ini karena Allah Ta’ala.”

Penting. Jangan lupa untuk membaca niat sebelum melaksanakan ibadah puasa meskipun puasa sunnah. Sebaiknya sahur terlebih dahulu saat akan melaksanakan ibadah puasa. Karena sahur merupakan salah satu sunnah puasa.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai niat untuk berpuasa tarwiyah yang telah dijelaskan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan Anda dapat mengamalkan puasa tarwiyah serta terus istiqomah dalam memperbaiki diri dengan ibadah yang semakin baik. Terima kasih.