Niat Sholat Jenazah untuk Laki-laki : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

1 min read

Niat Sholat Jenazah Laki-laki

Niat Sholat Jenazah untuk Laki-laki : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Sholat jenazah bukanlah hal asing lagi bagi kita, kaum Muslimin. Seringkali kita mendengar kabar meninggal dunia melalui masjid – masjid di sekitar lingkungan kita yang mengabarkan berita kematian tetangga kita.

Kemudian kita datang untuk “ngelayat”. Setelah itu, kita melaksanakan kewajiban kita terhadap si mayat. Salah satunya yaitu menyolatkannya.

Jika kita ikut melaksanakan sholat jenazah, bagaimana dengan pelaksanaannya? Niat untuk sholat jenazah untuk laki-laki apakah beda dengan jenazah perempuan?

Artikel kali ini akan membahas mengenai niat dari sholat jenazah untuk laki-laki yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Sholat jenazah merupakan salah satu kewajiban yang harus kita, sebagai umat Muslim, laksanakan terhadap seseorang yang meninggal dunia. Karena menyolatkan jenazah hukumnya yaitu fardhu kifayah.

Allah SWT memerintahkan kita, umatNya, untuk mengurus jenazah, karena itu kewajiban kita. Hal ini akan mendatangkan banyak pahala kepada kita.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ شَهِدَ الجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلِّيَ عَلَيْهَا، فَلَهُ قِيْرَاطٌ، وَمَنْ شَهِدَ حَتَّى تُدْفَنَ فَلَهُ قِيْرَاطَانِ، قِيْلَ: وَمَا القِيْرَاطَانِ؟ قَالَ: مِثْلُ الجَبَلَيْنِ العَظِيْمَيْنِ

Artinya: “Barang siapa yang menghadiri pemakaman jenazah sampai menyolatkannya, maka dia mendapatkan pahala sebanyak satu qirath. Dan barang siapa yang menghadiri pemakaman jenazah hingga memakamkannya, maka dia mendapatkan pahala sebanyak dua qirath.” Ada yang pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan pahala dua qirath?” Rasulullah kemudian menjawab, “Dua qirath itu seperti dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebelum ikut melaksanakan sholat jenazah, kita harus lebih dahulu mengetahui niat dari sholat jenazah. Barulah kemudian kita mempelajari tata cara pelaksanaan sholat jenazah.

Hal utama dari pelaksanaan sholat jenazah yaitu niatnya. Niat harus kita ketahui terlebih dahulu.

Perlu diingat! Niat untuk jenazah perempuan dan laki-laki tentunya berbeda ya. Jadi, kita harus tahu itu.

Adapun berikut ini niat dari sholat jenazah laki-laki:

Niat Sholat Jenazah untuk Laki-laki

Bacaan Arab Niat Sholat Jenazah Laki-laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Jenazah Laki-laki

Ushallii ‘alaa hadzal mayyiti arba’a takbiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Jenazah Laki-laki

“Aku niat sholat atas mayat (laki-laki) ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat tersebut merupakan niat bagi seorang makmum.

Sholat jenazah dapat dikerjakan secara berjamaah, semakin banyak yang menyolatkannya maka semakin baik untuk si mayat. Bagi imam, niat untuk sholat jenazah laki-laki yaitu sebagai berikut:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli ‘alaa hadzal mayyiti arba’a takbiraatin fardhal kifaayati imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat sholat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

Niat tersebut dapat kita amalkan. Dengan membaca niat yang benar menjadikan sholat kita sah, karena niat merupakan syarat sah dari sholat. Ketika kita akan mengikuti sholat jenazah, pastikan bahwa kita dalam keadaan bersih dan suci dari hadats baik hadats kecil atau pun besar.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai niat dari shalat jenazah untuk laki-laki yang telah dijabarkan dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu Anda sekalian. Terima kasih.