Niat Sholat Jenazah untuk Perempuan : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

1 min read

Niat Sholat Jenazah Perempuan

Niat Sholat Jenazah untuk Perempuan : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Bagi sesama kaum muslimin, baik itu kerabat terdekat kita atau hanya orang asing yang tidak terlalu kita kenal, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengurus seseorang yang meninggal dunia. Mulai dari menyolatkan hingga menguburkannya.

Lantas bagaimana dengan menyolatkan jenazah? Jika kita hadir di kediaman almarhumah, apakah boleh ikut menyolatkannya? Lantas bagaimana dengan niat dari sholat jenazah untuk mayat perempuan? Apakah sama saja jika jenazah itu perempuan atau laki – laki dalam niatnya?

Artikel kali ini akan membahas tentang niat shalat jenazah untuk perempuan yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan dengan artinya. Simak terus ya.

Mengurus jenazah merupakan kewajiban kita sebagai seorang Muslim. Salah satunya yaitu menyolatkannya. Hukum dari sholat jenazah yaitu fardhu kifayah. Sholat jenazah dikerjakan dengan empat kali takbir.

Meskipun kita tidak memiliki hubungan darah dengan almarhumah, kita tetap dapat menyolatkan jenazah tersebut. Tidak ada larangan dalam menyolatkan jenazah. Meskipun begitu kita tetap harus mengetahui tata cara dari sholat jenazah.

Mengurus jenazah merupakan kewajiban yang tentunya akan mendatangkan pahala untuk kita. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa:

مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ وَلَمْ يَتْبَعْهَا فَلَهُ قِيرَاطٌ فَإِنْ تَبِعَهَا فَلَهُ قِيرَاطَانِ. قِيلَ وَمَا الْقِيرَاطَانِ قَالَ: أَصْغَرُهُمَا مِثْلُ أُحُدٍ

Artinya: “Barang siapa menyolatkan jenazah dan tidak ikut mengiringi jenazahnya (ke pemakaman), maka baginya (pahala) sebanyak satu qiroth. Jika ia sampai mengikuti jenazahnya, maka baginya (pahala) sebanyak dua qiroth.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?”. Rasulullah menjawab, “Ukuran paling kecil dari dua qiroth adalah semisal gunung Uhud.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, pahala dari mengurus jenazah sungguhlah besar. Selain kita membantu orang lain kita juga dapat mendapatkan pahala yang masya Allah sangat besar.

Tata cara sholat jenazah laki – laki dan perempuan memiliki perbedaan pada cara pelaksanaannya dan bacaan doa serta niatnya.

Niat sholat jenazah bagi laki – laki berbeda dengan jenazah perempuan. Niat merupakan hal yang paling utama dalam memulai ibadah sholat. Karena niat merupakan syarat sahnya sholat.

Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui niat yang benar sebelum melaksanakan ibadah sholat.

Adapun niat shalat jenazah untuk perempuan yaitu sebagai berikut:

Niat Sholat Jenazah Perempuan

Bacaan Arab Niat Sholat Jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Jenazah Perempuan

Ushalli ‘alaa hadzihil mayyitati arba’a takbiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aala.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Jenazah Perempuan

“Aku niat sholat atas mayat (perempuan) ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Bagi seorang imam dapat menggunakan niat sholat jenazah berikut ini:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli ‘alaa hadzal mayyiti arba’a takbiraatin fardhal kifaayati imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat sholat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

Dengan begitu, kita dapat mengamalkan tata cara dari pelaksanaan sholat jenazah jika kita mendengar berita kematian seseorang dan datang untuk membantu mengurus jenazah tersebut. Sungguh amat besar pahala yang akan kita peroleh.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai niat sholat jenazah untuk perempuan yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia. Semoga artikel ini membantu kamu dan bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Bacaan Sholat Lima Waktu

_pur
3 min read