Bacaan Niat dan Waktu Sholat Magrib Berjamaah atau Sendiri Lengkap

3 min read

Niat Sholat Magrib

Bacaan Niat dan Waktu Sholat Magrib Berjamaah atau Sendiri Lengkap – Umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan sholat lima kali dalam sehari. Hal ini merupakan hal utama yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat Muslim. Karena sholat merupakan tiang agama dan salah satu dari rukun Islam. perlu disadari bagi tiap umat Islam melaksanakan sholat fardhu merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan yang harus kita kerjakan.

Salah satu dari sholat fardhu dalam sehari yaitu sholat magrib. Sholat magrib berbeda dengan sholat fardhu lainnya. Mengapa demikian? Sholat magrib memiliki jumlah rakaat sebanyak tiga rakaat. Hanya sholat magrib yang memiliki rakaat ganjil.

Tahukah kamu bagaimana bacaan dari niat sholat magrib? Akan dijelaskan berikut ini mengenai tentang sholat magrib meliputi bacaan dari niat sholat magrib hingga waktu pelaksanaannya. Simak terus artikel kali ini ya.

Sholat Magrib

Sholat merupakan hal yang selalu Allah SWT. perintahkan di dalam Al Quran. Ada banyak kata sholat dalam Al Quran. karena sholat merupakan ibadah yang penting dan wajib untuk dilaksanakan oleh tiap – tiap umat Islam tanpa terkecuali sesuai dengan rukun dan syaratnya.

Salah satu ayat Al Quran yang menjelaskan tentang perintah melaksanakan sholat yaitu terdapat surat Hud ayat ke 114, Allah SWT. berfirman:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan – perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) kesalahan – kesalahan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang – orang yang selalu mengingat (Allah).” (QS. Hud ayat 114)

Sholat fardhu dikerjakan sebanyak lima kali dalam sehari. Berikut ini sholat fardhu yang wajib dikerjakan oleh tiap umat Islam yaitu sebagai berikut:

a. Sholat subuh
b. Sholat dzuhur
c. Sholat ashar
d. Sholat magrib, dan
e. Sholat isya

Pelaksanaan tata cara sholat magrib sama seperti sholat fardhu lainnya.

Waktu Sholat Magrib

Pelaksanaan sholat wajib memiliki waktunya masing – masing. Sholat Magrib dikerjakan pada waktu telah terbenamnya matahari hingga mega merah hampir menghilang atau saat masuk waktu sholat isya. Sholat magrib dikerjakan sebanyak tiga rakaat.

Sholat magrib memiliki waktu yang paling pendek dibandingkan sholat fardhu lainnya. Oleh karena itu, saat tiba masuk waktu sholat magrib bersegeralah untuk melaksanakan sholat magrib agar tidak melewatkan sholat magrib. Sebagai umat Islam melewatkan sholat magrib akan mendatangkan kerugian bagi kita. Akibat dari meninggalkan sholat magrib yaitu selain berdosa tentunya ada akibat lain yang akan kita diperoleh.

Mengabaikan atau pun meninggalkan sholat telah disebutkan oleh Allah SWT. di dalam Al Quran yaitu pada surat Maryam ayat ke 59. Allah SWT. berfirman,

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

Artinya: “Maka datanglah setelah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan mengikuti hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam ayat 59)

Masih banyak orang yang mengabaikan sholat magrib. Hal ini dikarenakan karena waktu dari pelaksanaan sholat magrib di waktu yang sempit dan tanggung. Banyak orang yang biasanya sibuk atau beraktivitas di jam tersebut, mereka lebih memilih pekerjaan yang sedang dilakukan. Sehingga lalai dalam melaksanakan sholat magrib. Sama halnya jika pergi di jam – jam ini, musholah pada tempat yang kita datangi seperti Mall biasanya akan ramai dan antri. Padahal waktu pelaksanaan sholat magrib hanya sebentar. Sebagian orang “menunda” dan berfikir “bentar” hingga akhirnya melewatkan waktu untuk melaksanakan sholat magrib.

Akan lebih baik, sebaiknya tinggalkan sejenak pekerjaan atau aktivitas yang sedang dilakukan untuk melaksanakan sholat magrib. Ketika ingin bepergian atau bertemu dengan teman pun sebaiknya sholat magrib terlebih dahulu jika akan bertemu malam hari atau membawa mukenah agar tidak terlalu lama mengantri ketika tiba waktu sholat.

Ingat! Jangan pernah meninggalkan sholat fardhu di mana pun kamu berada. Jika memang lupa, mintalah orang di sekitar Anda untuk mengingatkan sholat jika telah tiba waktu sholat. Sebaiknya bawalah mukenah ketika Anda bepergian kemana pun.

Niat Sholat Magrib

Sholat fardhu magrib sama seperti sholat fardhu lainnya yaitu dapat dikerjakan secara berjamaah atau pun sendiri atau disebut dengan munfarid. Tetapi akan lebih baik jika dikerjakan secara berjamaah terutama bagi laki – laki. Karena melaksanakan sholat secara berjamaah tentunya akan mendatangkan banyak keutamaan.

Adapun bacaan niat dari sholat maghrib secara berjamaah atau pun sendiri yaitu sebagai berikut:

Niat Sholat Magrib
Bacaan Niat Sholat Maghrib

a. Bacaan Niat Sholat Magrib Berjamaah

Adapun bacaan dari niat sholat magrib yang dikerjakan secara berjamaah yaitu sebagai berikut:

Bacaan Arab Niat Sholat Magrib Berjamaah

أُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا / إِمَامًا) لله تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Magrib Berjamaah

Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa an (ma’muuman / imaaman) lillaahi ta’aala.

Arti Bacaan Niat Sholat Magrib Berjamaah

“Saya niat melaksanakan sholat fardhu magrib tiga rakaat menghadap kiblat, saat ini, sebagai makmum atau imam, karena Allah ta’ala.”

b. Bacaan Niat Sholat Magrib Sendiri atau Munfarid

Adapun bacaan dari niat sholat magrib yang dikerjakan secara sendiri yaitu sebagai berikut:

Bacaan Arab Niat Sholat Magrib Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَ

Bacaan Latin Niat Sholat Magrib Sendiri

Ushallii fardhal maghribi tsalaatsa raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa an lillaahi ta’aala.

Arti Bacaan Niat Sholat Magrib Sendiri

“Saya niat melaksanakan sholat fardhu magrib tiga rakaat menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.”

Niat merupakan rukun sholat. Membaca niat secara tepat dapat menentukan sah tidaknya sholat. Sehingga membaca niat dengan benar dan tepat merupakan awal mula dari diterimanya sholat. Bagaimana pun juga diterima tidaknya sholat Anda hanya Allah SWT. saja yang mengetahuinya. Tetapi, Anda perlu mempelajari dan memperhatikan tata cara pelaksanaan sholat secara benar dan tepat.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan dari niat sholat maghrib dan waktu pelaksanaan sholat maghrib yang telah dijelaskan secara jelas dan lengkap. Tanamkanlah sholat sebagai hal yang paling utama dan bersegeralah melaksanakan sholat ketika mendengar kumandang adzan. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Bacaan Sholat Lima Waktu

_pur
3 min read