Bacaan Niat Wudhu

2 min read

Bacaan Niat Wudhu

Bacaan Niat Wudhu – Setiap umat Muslim selalu melakukan ibadah di tiap waktunya. Bahkan Allah SWT. memerintahkan untuk tetap menjaga wudhu pada dirinya sendiri. Begitu banyak keutamaan dari berwudhu yang akan kita rasakan jika kita menjaga wudhu kita.

Lantas bagaimana dengan niat wudhu itu sendiri?

Berikut ini akan dijabarkan mengenai apa itu wudhu dan bacaan niat wudhu dari bacaan arab, latin, dan terjemahan dari bacaan niat wudhu itu sendiri.

Kamu juga dapat melihat artikel lainnya mengenai wudhu, seperti bagaimana tata cara melaksanakan wudhu dan sholat sunnah wudhu.

Apa itu Wudhu?

Untuk orang yang akan melaksanakan ibadah sholat, maka diwajibkan untuk mengambil wudhu terlebih dahulu dan memastikan tubuh kita terhindar dari najis dan dalam keadaan suci dari hadast.

Wudhu yaitu membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadats kecil.

Salah satu dari syarat sah untuk mengerjakan sholat yaitu wudhu. Sebagaimana Allah SWT. berfirman dalam Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 6 yaitu sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Yaa ayyuhalladziina aamanuu idzaa qumtum ilash shalaati faghsiluu wujuuhakum wa aydiyakum ilal maraafiqi wamsahuu biru uusikum wa arjulakum ilal ka’bayn, wa in kuntum junuban fath thahharuu, wa in kuntum mardhaa aw ‘alaa safarin aw jaa a ahadun minkum minal ghaa ithi aw laa mastumun nisaa a fa lam tajiduu maa an fa tayammamuu sha ‘iidan thayyiban famsahuu biwujuu hikum wa aydiikum minh, maa yuriidullaahu liyaj’ala ‘alaykum min harajin wa laakin yuriidu liyuthah hira kum wa liyutimma ni’matahu ‘alaykum la’al lakum tasykuruun.

Artinya:

Hai orang – orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah muka kamu dan tangan kamu sampai dengan siku, dan sapulah kepala kamu dan (basuhlah) kaki kamu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci), sapulah muka kamu dan tangan kamu dengan debu itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat – Nya bagi kamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Maidah 5:6)

Berdasarkan hadits riwayat Imam Bukhari, Nabi Rasulullah SAW. bersabda yaitu sebagai berikut:

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُقْبَلُ صَلَاةُ مَنْ أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ قَالَ رَجُلٌ مِنْ حَضْرَمَوْتَ مَا الْحَدَثُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ فُسَاءٌ أَوْ ضُرَاطٌ

Artinya:

“Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali berkata, telah mengabarkan kepada kami Abdurrazaq berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Hammam bin Munabbih bahwa ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak akan diterima sholat seseorang yang berhadats hingga dia berwudhu.” Seorang laki – laki dari Hadlramaut berkata, “Apa yang dimaksud dengan hadats wahai Abu Hurairah?” Abu Hurairah menjawab, “Kentut baik dengan suara atau tidak”.” (HR. Imam Bukhari)

Bacaan Niat Wudhu

Salah satu dari rukun wudhu yaitu niat. Jadi niat merupakan hal yang penting, kamu tidak dapat melupakan niat agar wudhu menjadi sah.

Lafadz niat berwudhu yaitu sebagai berikut:

Niat Wudhu

Bacaan Arab Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

Bacaan Latin Niat Wudhu

Nawaitul wudhuu a liraf’il hadatsil ashghari fardhal lillaahi ta’aalaa.

Terjemahan Bacaan Niat Wudhu

Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Wudhu tidak hanya dikerjakan ketika akan melaksanakan sholat saja, tetapi wudhu juga dapat dilakukan saat ingin menyentuh atau membaca ayat Al Qur’an, sebelum tidur, sebelum bepergian, atau bahkan saat menghadap masalah, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Wudhu merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari kamu Muslimin. Itu sebabnya, mengerjakan wudhu sesuai dengan rukun wudhu adalah sebuah keseharusan. Terutama kita harus mengetahui dan paham mengenai bacaan niat wudhu.

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan artikel mengenai bacaan niat wudhu yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi semua ya, serta dapat lebih memahami pentingnya membaca niat dalam berwudhu. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read