Pengertian Istiqomah

2 min read

Pengertian Istiqomah

Pengertian Istiqomah – Siapa yang tidak ingin menjadi pribadi yang istiqomah? Setiap manusia ingin istiqomah dalam beribadah dan mengerjakan segala perintah Allah SWT. dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Seperti contohnya terdapat seorang perempuan yang sedang mencoba memperbaiki dirinya. Berusaha untuk mengikuti syariat. Yang sangat bertolak belakang dengan kehidupan sehari – harinya yang tampil seadanya seperti menggunakan jeans dan kaos. Sungguh sangat berat godaan yang dia peroleh. Terutama cibiran orang – orang yang melihat dia sangat berbeda. Berubah 360 derajat. Tetapi dia tetap istiqomah menjalankan apa yang dia niatkan.

Tahukah kamu apa sebenarnya pengertian dari istiqomah?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai istiqomah, meliputi pengertian istiqomah, manfaat dari istiqomah, dan tips dalam mempertahankan agar tetap istiqomah. Simak terus ya.

Arti Istiqomah

Istiqomah merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya yaitu lurus. Sedangkan menurut istilah, istiqomah berarti perbuatan yang dilakukan untuk menjaga segala perbuatannya agar tetap pada jalan yang benar dan tidak goyah karena sesuatu hal.

Istiqomah adalah kegiatan menjaga segala iman dan taqwa dijalan Allah SWT. dengan tetap beribadah dan menjalani segala perintah Allah SWT., serta menjauhi semua larangan Allah SWT.

Berdasarkan hadits berikut ini bahwa:

عَنِ أَبيْ عَمْرٍو، وَقِيْلَ، أَبيْ عمْرَةَ سُفْيَانَ بنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنه قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ قُلْ لِيْ فِي الإِسْلامِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدَاً غَيْرَكَ؟ قَالَ: قُلْ آمَنْتُ باللهِ ثُمَّ استَقِمْ

Artinya: “Dari Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku telah berkata: “Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu”. Bersabdalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Katakanlah: Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqomahlah kamu“.” (HR. Muslim)

Pengertian Istiqomah
Istiqomah

Keutamaan Istiqomah

Berikut ini beberapa keutamaan dari istiqomah yaitu:

a) Sebagai salah satu penghuni surga

Allah SWT. berfirman pada salah satu ayat dalam surat Al Ahqaf ayat 13 sampai 14:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ . أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni – penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al Ahqaf ayat 13-14)

b) Rezeki yang melimpah

Pada salah satu ayat Al Quran disebutkan mengenai keutamaan istiqomah yaitu diberi rezeki yang berlimpah. Hal ini tercantum pada surat Al Jinn ayat ke 16:

وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا

Artinya: “Dan bahwasanya sekiranya mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), niscaya Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak).” (QS. Al Jinn ayat 16)

c) Diangkat kesedihannya dan diberi rasa aman

Allah SWT. berfirman:

قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang – orang yang berkata: “Tuhan kami ialah Allah” lalu mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat – malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa bersedih hati; dan gembirakanlah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.” (QS. Fushilat ayat 30)

d) Diberi ketakwaan

Allah SWT. berfirman:

وَالَّذِينَ اهْتَدَوْا زَادَهُمْ هُدًى وَآتَاهُمْ تَقْوَاهُمْ

Artinya: “Dan orang – orang yang mau menerima petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan balasan ketakwaannya.” (QS. Muhammad ayat 17)

e) Diberikan jalan yang lurus

Dengan selalu istiqomah dalam melakukan sesuatu hal yang positif akan Allah SWT. berikan jalan yang lurus.

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَاسْتَقِيمُوا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ ۗ وَوَيْلٌ لِلْمُشْرِكِينَ

Artinya: “Katakanlah: “Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang – orang yang mempersekutukan-Nya.” (QS. Fussilat ayat 6)

Tips dalam Mempertahankan Sikap Istiqomah

Istiqomah dalam suatu hal memang bukanlah perkara yang mudah. Akan banyak godaan yang muncul dan silih berganti.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mempertahankan sikap istiqomah dalam menjalani kehidupan ini:

a) Ikhlas

Salah satu cara agar kita tetap istiqomah yaitu ikhlas. Ketika kita ikhlas menjalankannya maka Allah SWT. membantu kita. Tetapi jika sangat sulit dan kita tidak mampu melaksanakan ibadah kita secara istiqomah, jangan berhenti. Dekatilah Allah SWT.

Firman Allah SWT.

فَاسْتَقِيمُوا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ

Artinya: “Maka istiqomahlah (dengan mengikhlaskan ibadah) kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya.” (QS. Fushshilat ayat 6)

b) Sabar

Dalam beristiqomah kita harus sabar dalam melaksanakannya agar tetap dapat menjalankan yang kita niatkan.

c) Lakukan secara bertahap

Melakukan segala hal tidak bisa langsung ingin instan. Semua hal dilakukan secara bertahap. Bahkan seorang anak kecil yang sedang belajar berjalan pun butuh proses. Begitu pula dengan istiqomah. Kita melakukannya dengan bertahap, semua butuh proses.

d) Memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa berikut ini agar tetap istiqomah dalam memegang teguh agama Islam.

Doa agar tetap istiqomah

يَا مُقَلِّبَ القُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبَيْ عَلَى دِيْنِكَ

Artinya: “Wahai Zat yang membolak – balikan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR. Muslim)

e) Bersama teman yang selalu mengajak kebaikan

Berteman dengan orang -orang yang istiqomah dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah SWT. merupakan sesuatu hal yang baik. Karena mereka akan mengingatkan, mengajak, dan mengorbankan waktunya untuk kita dalam ibadah dan amalan yang dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Ketika kita terjatuh, mereka menguatkan kita untuk berserah diri kepada Allah SWT. dan membantu kita agar tidak terjatuh dalam perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai pengertian istiqomah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam istiqomah menjalankan segala hal yang baik. Terima kasih.

Rukun Haji

berdoacoid
4 min read

Rukun Sholat

berdoacoid
5 min read

Rukun Iman

berdoacoid
5 min read