Pengertian dan Makna Marhaban Ya Ramadhan Lengkap

1 min read

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Pengertian dan Makna Marhaban Ya Ramadhan Lengkap – Tidak terasa kurang dari dua minggu lagi kita akan berjumpa dengan bulan Ramadhan. Bulan yang ditunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh belahan dunia mana pun.

Bulan Ramadhan tahun ini memang tidak seperti tahun – tahun sebelumnya. Kenapa? Hal ini disebabkan karena pandemi virus Corona yang menyerang seluruh negara di dunia ini.

Tetapi, bagaimanapun bulan Ramadhan merupakan bulan di mana tiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Lalu tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan Marhaban Ya Ramadhan? Biasanya kalimat ini sering kita dengar ketika akan memasuki bulan Ramadhan dan terdapat juga pada sebuah lagu.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari marhaban ya Ramadhan dan makna dari marhaban ya Ramadhan. Simak terus ya.

Pengertian

Marhaban berasal dari kata rahb yang artinya lapang atau luas.

Lebih luasnya lagi, marhaban berasal dari kata rahbat yang artinya yaitu ruangan luas untuk memperoleh kebutuhan untuk melanjutkan perjalanan.

Sedangkan berdasarkan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), marhaban yaitu ucapan selamat datang.

Pengertian dari Marhaban Ya Marhaban yaitu selamat datang bulan Ramadhan. Oleh karena itu, Marhaban Ya Ramadhan berarti bahwa umat Muslim menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita, lapang dada, dan tidak terganggu dengan hadirnya bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Hal inilah yang menyebabkan mengapa bulan ini bahkan disambut dengan luar biasa dengan penuh bahagia dan suka cita.

Oleh karena itu, katakanlah Marhaban Ya Ramadhan dan sambut dengan penuh suka cita.

ramadhan
ramadhan

Hikmah

Meskipun tahun ini, bulan Ramadhan berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, kita tetap harus melaksanakan ibadah puasa yang wajib dilaksanakan pada bulan ini.

Tahun ini memang pemerintah menyarankan untuk melaksanakan ibadah di rumah. Hal ini menyebabkan tidak adanya tarawih di masjid atau ibadah lain yang dilakukan di masjid atau yang menyebabkan seseorang berkumpul lebih dari lima orang.

Karena virus Corona harus kita cegah dan hentikan penyebarannya agar segera berakhir. Dan tentunya agar semoga saat lebaran Idul Fitri tiba, kita dapat melaksanakan Idul Fitri bersama keluarga besar kita.

Hikmah dari Marhaban Ya ramadhan tentunya mengingatkan kita agar bersiap dalam menyambut bulan Ramadhan. Bulan di mana penuh dengan keutamaan yang luar biasa.

Saat bulan Sya’ban pun kita sudah disarankan untuk melaksanakan ibadah sunnah seperti puasa sunnah agar dapat menyambut bulan Ramadhan.

Mengucapkan Marhaban ya Ramadhan merupakan salah satu dari doa agar dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa dan melaksanakan ibadah lainnya pada saat bulan Ramadhan.

Perlu diingat! Bulan Ramadhan kali ini meskipun tidak dapat kita lakukan seperti tahun sebelumnya. Kita tetap bisa melaksanakan sahur, buka bersama, sholat tarawih, tadarus, atau pun ibadah lainnya di rumah. Meskipun kita tidak bisa melaksanakan di masjid, tetapi masih banyak cara yang dapat kita lakukan dengan beribadah di rumah.

Jangan menjadikan virus corona sebagai alasan tidak melaksanakan ibadah puasa ya. Karena saat bulan Ramadhan seluruh amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda.

Persiapkan diri kita untuk menjalani puasa Ramadhan dengan penuh semangat ya. Agar kita tetap mendapatkan keutamaan pada bulan Ramadhan ini.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Marhaban ya Ramadhan beserta maknanya yang telah dijelaskan secara jelas dan lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terus memotivasi kita semua ya. Terima kasih.