Pengertian Sedekah dan Macam-macam Sedekah

3 min read

Pengertian Sedekah

Pengertian Sedekah dan Macam-macam Sedekah – Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Tiap – tiap manusia diciptakan dengan sifat dan sikap yang berbeda. Manusia dilahirkan dengan keadaan dan situasi yang berbeda.

Tidak semua orang memiliki finansial yang cukup. Ada manusia yang hidup dengan rejeki yang berlimpah dan ada yang tidak. Allah SWT. memerintahkan kita untuk saling tolong menolong dalam hal apa pun selama itu adalah perbuatan yang baik dan sesuai dengan perintah Allah SWT.

Salah satu cara tiap manusia saling tolong menolong yaitu dengan sedekah. Apakah sedekah itu? apakah hanya seseorang yang memiliki finansial yang berlebih yang dapat menolong orang lain?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian sedekah secara lengkap dan jelas. Simak terus ya.

Pengertian Sedekah

Sedekah memiliki pengertian dan maksud yang sangat luas.

Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu shodaqoh yang artinya yaitu sesuatu pemberian seorang Muslim kepada orang lain yang diberikan secara ikhlas dan tanpa pamrih dengan tujuan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Sedekah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan derma kepada orang miskin dan sebagainya (berdasarkan cinta kasih kepada sesama manusia).

Sedekah juga bisa diartikan sebagai mahar yaitu kata shadaaq yang berarti suatu keseriusan dan kejujuran seorang laki – laki kepada seorang perempuan untuk membina sebuah hubungan dalam ikatan pernikahan.

Sedekah merupakan suatu ibadah dalam mengamalkan harta di jalan Allah SWT. Sedekah dilakukan oleh seseorang yang hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. tanpa mengharapkan imbalan dan dilakukan secara ikhlas.

Sedekah berbeda dengan infak dan zakat. Karena sedekah diberikan oleh siapa saja, tidak harus orang yang memiliki harta yang berlebih dan tidak hanya berupa materi atau uang saja. Berbeda dengan zakat yang wajib dikeluarkan oleh tiap orang muslim. Dan infaq yang diberikan kepada fakir miskin berupa materi. Zakat dan infaq terbatas ruang lingkupnya.

Sedangkan sedekah diberikan kepada siapa saja yang kita anggap membutuhkan bantuan. dan juga sedekah tidak berbatas dengan cakupan yang sangat luas.

Oleh karena itu, sedekah memiliki pengertian yang luas. Intinya sedekah merupakan suatu pemberian kepada orang lain yang dilakukan secara ikhlas hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Perintah dalam bersedekah tercantum pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 245, Allah SWT. berfirman:

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al Baqarah 245)

harta
Sedekah

Macam – Macam Sedekah

Sedekah tidak hanya berupa materi atau uang saja. Sedekah bisa kita lakukan dengan hal lain. Misalnya seperti tenaga, dan yang lainnya.

Seperti misalnya kita menyedekahkan makanan kita kepada orang lain yang sedang kelaparan.

Berikut ini terdapat beberapa macam sedekah yaitu:

a. Sedekah Materi atau Harta

Jangan pernah takut jika harta berkurang karena bersedekah. Allah SWT. akan memberikan kita rejeki yang kita butuhkan meskipun kita menyedekahkan harta kita. Kita tidak akan kekurangan. Allah SWT. akan memberikan apa yang kita butuhkan dengan cara apapun yang terkadang tidak kita bayangkan.

Allah SWT. berfirman bahwa:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya di antara hamba – hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik – baiknya.” (QS. Saba’ ayat 39)

b. Tasbih, Tahlil, Tahmid, dan Istighfar

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah SAW. berkata, “Bahwa diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim tersebut di atas bahwa kita dapat bersedekah dengan membaca tasbih, tahlil, tahmid, dan istighfar dalam sehari untuk tubuh kita.

c. Bekerja dan Memberi Nafkah untuk Keluarga

Selain tugas dan tanggung jawab, dengan bekerja dan memberikan rejeki dari nafkah kita kepada keluarga kita merupakan suatu sedekah yang dapat kita lakukan. Hal itu merupakan suatu pekerjaan yang paling mulia dan berkah.

Al Miqdan bin Ma’dikarib Al Zubaidi radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak, dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah.” (HR. Ibnu Majah)

Oleh karena itu, sedekah tidak hanya berupa materi saja, sedekah merupakan ibadah yang tidak Allah SWT. beratkan. Dengan memberikan senyum yang tulus atau kata – kata yang baik kepada orang lain juga termasuk salah satu sedekah. Bukan hal sulit bukan?

Semua orang dapat bersedekah terhadap orang lain. Baik itu berupa materi, tenaga, atau hal lainnya.

Sedekah tidak akan hilang sekejap, akan terus mengalir manfaat dari sedekah itu. Allah SWT. juga akan memberikan berkali – kali lipat apa yang telah kita berikan kepada orang lain. Jadi, jangan takut untuk bersedekah ya. Meskipun kita sendiri sedang dalam masa sulit. Semoga sedekah yang kita lakukan meskipun menurut orang lain sangat sedikit tapi kita ikhlas insyaAllah akan digantikan dengan yang lebih baik.

Tetapi bukan berarti kita menyedekahkan sedikit dari harta kita ya. Percaya kepada Allah SWT. Allah SWT. tidak akan membuat tiap hambanya kesusahan ketika mereka menyedekahkan harta mereka.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sedekah yang telah dijabarkan secara terperinci ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu mengetuk hati kita agar lebih peduli terhadap orang lain serta saling tolong menolong antar sesama. Terima kasih.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read