Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia: Sejarah Lengkap

Peninggalan Kerajaan Islam

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia: Sejarah Lengkap – Islam berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Dari zaman dahulu hingga sekarang. Banyak sekali peninggalan – peninggalan yang berbau Islam di Indonesia.

Di Indonesia terdapat banyak kerajaan pada masa dahulu. Banyak pula sampai sekarang peninggalan – peninggalan yang dilestarikan dan menjadi benda pusaka yang tersimpan di museum.

Lalu peninggalan sejarah apa saja yang ada hingga sekarang? Tahukah kamu?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai peninggalan – peninggalan sejarah dari kerajaan Islam yang ada di Indonesia. Simak terus artikel kali ini ya.

Peninggalan Kerajaan Islam

Indonesia terkenal dengan kerajaan – kerajaan pada masa dahulu. Banyak sekali kerajaan yang bermunculan di masa dahulu. Bahkan pada pelajaran Sejarah pun kita masih mempelajari tentang kerajaan Islam.

Kerajaan – kerajaan Islam di Indonesia yang telah runtuh meninggalkan banyak peninggalan – peninggalan bersejarah yang masih terjaga hingga sekarang.

Adapun beberapa peninggalan sejarah yang masih ada hingga sekarang yaitu sebagai berikut:

A. Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Majid di berbagai daerah memiliki bentuk yang berbeda – beda. Oleh karena itu, tiap kerajaan Islam yang ada di masa lalu tidak pernah melewatkan untuk membangun masjid.

Adapun masjid peninggalan kerajaan di masa lalu di antaranya yaitu:

a) Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten dibangun pada tahun 1560 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin di Serang.

b) Masjid Agung Demak

Sesuai namanya masjid agung Demak ini berada di Demak, Jawa Tengah. Masjid agung ini dibangun pada masa kerajaan Demak di masa pemerintahan Raden Patah. Masjid ini dibangun pada tahun 1466. Masjid ini merupakan masjid yang paling tua yang ada di Indonesia. Berikut ini rupa dari Masjid Agung Demak pada zaman dahulu.

Masjid Agung Demak

c) Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede dibangun pada tahun 1640 pada masa pemerintahan Sultan Agung. Masjid ini dibangun di Yogyakarta saat kejayaan Kerajaan Mataram.

d) Masjid Ampel

Masjid Ampel dibangun pada tahun 1421. Masjid ini dibangun oleh Sunan Ampel dan terletak di Surabaya, Jawa Timur.

e) Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman terletak di sebelah barat alun – alun utara dari Keraton Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1773 dan didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat, dan Kyai Wiryokusumo. Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat merupakan penghulu keraton Yogyakarta yang pertama, Sedangkan Kyai Wiryokusumo merupakan arsitek masjid tersebut.

f) Masjid dan Menara Kudus

Masjid dan Menara Kudus dibangun dengan batu yang berasal dari Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha. Masjid dan menara ini diprakarsai oleh Sunan Kudus.

Selain keempat masjid tersebut terdapat masjid lain yang merupakan peninggalan dari kerajaan terdahulu yaitu:

a) Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon
b) Masjid Agung Surakarta di Surakarta
c) Masjid Baiturrahman di Aceh
d) Masjid Mantingan di Jepara
e) Masjid Sendang Duwur di Tuban

B. Keraton

Bangunan – bangunan pada masa kerajaan – kerajaan memang tidak semuanya tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Tetapi masih ada beberapa keraton atau istana yang tetap dijaga kelestariannya sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan.

Keraton merupakan tempat tinggal raja dan ratu yang memerintah daerahnya dan juga sebagai tempat berlangsungnya pemerintahan.

Berikut ini beberapa keraton yang ada di Indonesia:

a) Istana Maimun

Istana Maimun berdiri pada tahun 1888 di Medan, Sumatera Utara. Istana ini didirikan oleh Sultan Deli yaitu sultan Mahmud Al Rasyid.

b) Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini dibuat si tempat yang akan dijadikan sebagai ibu kota baru oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744.

c) Keraton Surosowan

Keraton Surosowan berdiri di Banten dan dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1522-1526.

Selain keraton tersebut terdapat keraton yang lain yang berada di Indonesia, yaitu:

a) Istana Bima terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB)
b) Keraton Banten terletak di Banten
c) Keraton Kacirebonan terletak di Jawa Barat
d) Keraton Kanoman terletak di Jawa Barat
e) Keraton Kasepuhan terletak di Jawa Barat
f) Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di Daerah Istimewa Yogyakrata
g) Pura Mangkunegaran terletak di Jawa Tengah
h) Pura Pakualaman terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta

C. Seni dan Budaya

salah satu cara Islam masuk ke dalam Indonesia yaitu dengan seni dan budaya. Oleh karena itu peninggalan dari seni dan budaya tentunya menarik perhatian.

Adapun beberapa peninggalan seni dan budaya dari kerajaan Islam di masa dahulu yaitu sebagai berikut:

a) Gamelan

Siapa yang tidak tahu alat musik satu ini. Gamelan merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Dahulu gamelan digunakan sebagai tanda untuk mengajak orang – orang berkumpul dan mendengarkan ceramah. Sedangkan sekarang, gamelan biasa digunakan untuk pentas seni.

b) Hikayat

Hikayat merupakan dongeng atau cerita tentang sesuatu. Biasanya hikayat pada zaman dahulu berisi tentang tokoh dalam sejarah Islam. Salah satu contoh hikayat yaitu Hikayat Raja Pasai yang bercerita tentang Raja Pasai yang bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. dalam mimpinya. Dan hikayat yang terkenal yaitu Hang tuah.

c) Suluk

Suluk merupakan salah satu seni yang berkembang hingga sekarang. Suluk merupakan karya sastra yang berisi tentang ajaran agama Islam. Lagu tombo ati merupakan salah satunya. Bahkan sampai sekarang masih banyak menggunakan cara ini untuk berdakwah, contohnya disadurkan menjadi sebuah lirik lagu.

d) Syair Islam

Syair Islam merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyebarluaskan ajaran agama Islam. Contoh syair Islam pada zaman dahulu yaitu Syair Ikan Terubuk yang berisi tentang tuntunan dan adab dalam Islam.

e) Wayang Kulit

Salah satu cara agar masyarakat tertarik dengan cerita yaitu dengan wayang kulit. Pada masa dahulu, wayang Kulit digunakan untuk berdakwah. Salah satu pencerita yang hebat pada masa lalu yaitu Sunan Kalijaga.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai peninggalan – peninggalan kerajaan Islam pada zaman dahulu yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.