Perbuatan yang Membatalkan Sholat

2 min read

Perbuatan yang Membatalkan Sholat

Perbuatan yang Membatalkan Sholat – Berikut ini merupakan materi tentang perbuatan yang membatalkan sholat serta perbuatan makruh dalam sholat lengkap dengan penjelasannya.

Umat Islam akan sholat lima kali setidaknya dalam satu hari dan satu malam. Subuh, Dhuhur, Asar, Maghrib dan Isya. Karena itu, wajib bagi setiap Muslim untuk mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan sholat atau yang membuat sholatnya tidak sah.

Selain harus memahami membaca niat sholat fardu, syarat sholat fardu dan pilar doarukun sholat, anda juga harus tahu hal-hal lain tentang sholat.

Sebagai seorang Muslim, yang memiliki kewajiban untuk melakukan shalat lima waktu ataupun shalat sunnah, ia juga harus mengetahui tindakan yang membatalkan shalat.

15 Perbuatan yang Membatalkan Sholat

Adapun berbagai jenis perbuatan yang dapat membatalkan sholat, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Masih dalam Keadaan Ber-hadats

Dalam hal ini, Anda masih berhadast baik hadast kecil maupun hadast besar. Anda diharuskan untuk membersihkan hadast kecil atau besar sebelum Anda melaksanakan sholat.

2. Terkena Najis

Contohnya, ketika Anda sedang melaksanakan sholat tiba-tiba jika kotoran yang najis jatuh dan menganakan anda, jika tidak segera dibersihkan atau dihindari maka akan membuat sholat anda menjadi batal.

3. Aurat Terbuka

terbukanya aurat selama melaksanakan sholat akan membatalkan sholat jika tidak segera ditutup. Jika aurat terbuka karena angin dan Anda segera menutupinya, maka tidak akan membatalkan sholat.

4. Berbicara atau Berkomunikasi

Jika ucapan itu tidak diinginkan, maka sholat tidak batal. Dan jika suara itu untuk membenarkan rukun, hal tersebut pun tidak membatalkan sholat, seperti deham untuk melancarkan bacaan surat atau bacaan dalam sholat.

Berbicara yang dimaksudkan dalam hal ini berbicara selain membaca bacaan sholat, doa, dan zikir. Jika suatu suara bermaksud untuk berkomunikasi dengan teman disebelahnya, itu dapat membatalkan sholat.

5. Melakukan sesuatu yang membatalkan puasa

6. Makan dan minum dalam sholat

7. Bergerak sebnayak tiga kali berturut-turut meskipun dalam keadaan lupa

8. Melompat terlalu jauh (karena menghindarkan sesuatu yang berbahaya)

9. Memukul terlalu keras

10. Menambahkan Rukun Sholat

11. Mendahulukan Imam

12. Melambatkan dengan sengaja

13. Berniat untuk memotong sholat

14. Menggantungkan sholat

15. Ada keraguan tentang keinginan untuk menghentikan doa

Perbuatan Makruh Dalam Sholat

Selain tindakan yang membatalkan doa, ada juga tindakan yang makruh dalam sholat. Makhruh di sini berarti bahwa sholat Anda sah, tetapi tidak sempurna. Inilah tindakan makruh dalam sholat.

1. Nahan Hadast

Seandainya Anda sedang melaksanakan sholat, tetapi dalam kondisi ingin kentut, karena Anda tidak ingin mengulang dan berwudhu dari awal, jadi anda menahannya.

Ini tidak membatalkan sholat, tetapi perbuatan itu menurut hukum dinamakan makruh. Sebaiknya Anda membatalkan sholat dan mengulang wudhu untuk membersihkan diri dari hadast dan melakukan sholat dengan tenang.

2. Sholat dengan Mata Tertutup (Mejam)

Sholat seseorang akan makhruh ketika melakukan sholat dengan menutup matanya untuk tujuan tertentu. Hati yang khusuk tidak dimulai dengan menutup mata, tetapi muncul dari melatih pikiran untuk bisa khusuk.

Menutup matamu tidak akan menjadikan sholatmu khusuk, tetapi akan membuat munculnya bayangan gelap yang malah membuat anda tidak khusuk. Fokuskan pandangan anda pada tempat sujud, istirahat dan arahkan pada Tuhan yang Maha Esa yaitu Allah SWT.

3. Melaksanakan Sholat di Kuburan

Dalam kondisi tertentu mungkin mengharuskan anda sholat di kuburan. Akan tetapi yang menjadi makhruh adalah sholat di atas batu nisan.

4. Tidak Menggunakan Penutup Kepala (Membuka Kepala)

Jika Anda tidak menutupi kepala saat melaksanakan sholat, maka tidak ada kesopanan dalam sholat. Karena hal ini dapat menyebabkan rambut menutupi bagian alis yang merupakan area di mana kepala menempel sajadah ketika sujud.

5. Sholat di Tempat yang Menghancurkan Kekhusukan

Katakanlah Anda sholat di tempat yang penuh makanan. Itu membuat selera makan Anda akan makanan-makanan ini, jadi melaksanakan sholat tidak dengan sepenuh hati.

Atau Anda melaksanakan sholat di tempat yang ramai di mana Anda biasanya tidak melaksanakan sholat ditempat itu dan akan membuat Anda tidak khusuk. Maka itulah hukumnya makruh.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Perbuatan yang Membatalkan Sholat. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read