Perkembangan Agama Islam di Indonesia – Sejarah Lengkap

3 min read

Perkembangan Agama Islam

Perkembangan Agama Islam di Indonesia – Sejarah Lengkap – Islam berasal dari Arab. Agama Islam disebarluaskan di berbagai negara di belahan dunia ini. Berkat syiar yang terus berkembang akhirnya agama Islam dapat sampai dan tiba di negara Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas menganut agama Islam. Dari Sabang sampai Merauke terdapat orang – orang Muslim.

Lantas tahukah kamu bagaimana agama Islam dapat sampai ke Indonesia dan bagaimana dengan perkembangannya? Berikut ini akan dijelaskan mengenai sejarah perkembangan ajaran agama Islam di Indonesia secara lengkap dan jelas. Simak terus ya.

Perkembangan Agama Islam
Perkembangan Agama Islam

Agama Islam berkembang dengan luas dan cepat di Indonesia. Dakwah yang terus disyiarkan menarik perhatian para penduduk Indonesia tidak terkecuali.

Islam masuk ke negara Indonesia melalui jalur laut dan melalui pedagang – pedagang asing yang datang untuk berdagang di Indonesia.

Berikut ini beberapa ajaran Islam yang diajarkan kepada penduduk sekitar yaitu:

  • Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya Allah SWT. Islam juga mengajarkan untuk berbuat baik kepada sesama.
  • Allah SWT. merupakan Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Oleh karena itu kita tidak boleh saling membenci dan bermusuhan.
  • Kepada sesama manusia harus saling tolong menolong, menghormati, dan toleransi antar manusia.
  • Semua manusia memiliki derajat yang sama di mata Allah SWT. Yang membedakannya hanya iman dan takwanya terhadap Allah SWT.

Islam masuk ke Indonesia melalui perantara para pedagang Muslim. Para pedagang Muslim yang datang ke Indonesia dikarenakan tertarik dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Hal ini yang menjadikan ajaran agama Islam dapat masuk ke Indonesia dan juga tanpa adanya peperangan yang melatarbelakanginya.

Pada saat Dinasti Umayyah, di Indonesia pertama kali diperkenalkannya agama Islam oleh para pedagang Muslim kepada penduduk setempat. Pedagang Muslim yang datang ke pangkalan dagang di pantai Barat Sumatera langsung berupaya untuk menjelaskan tentang ajaran Islam. Kemudian Islam menyebar hingga ke seluruh Indonesia.

Banyak teori yang menyebutkan tentang masuknya Islam ke Indonesia. Adapun teori yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

  • Teori Gujarat
  • Teori Mekkah atau Arab
  • Teori Persia

Menurut Teori Gujarat, ajaran Islam masuk dari India yaitu sekitar abad ke 13 oleh para pedagang muslim India. Selain teori Gujarat, ajaran Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7 Masehi langsung dari Arab melalui para pedagang muslim Arab yang berdagang ke Indonesia. Teori ini disebut dengan teori Mekkah atau Arab.

Berdasarkan teori Persia bahwa ajaran Islam masuk ke Indonesia melalui pedagang Iran. Para pedagang Iran tersebut melalui Gujarat sebelum akhirnya tiba di Indonesia yaitu pada abad ke 13.

Hingga saat ini Islam berkembang dengan sangat baik di negara kita ini. Karena selain melalui jalur perdagangan, cara lain dalam menyebar luaskan ajaran agama Islam di Indonesia yaitu dengan cara pernikahan dan pendidikan.

Selain itu, dahulu kala ajaran agama Islam berkembang melalui kerajaan Islam yang muncul di Indonesia. Salah satu kerajaan yang bercorak Islam yaitu kesultanan Samudera Pasai. Kesultanan Samudera Pasai terletak di Pulau Sumatera tepatnya di pesisir pantai utara dekat dengan Lhokseumawe, Aceh.

Pada saat masa pemerintahan khalifah Utsman bin Affan yaitu pada tahun 651 Masehi atau tahun 30 Hijriyah, Khalifah Utsman bin Affan memerintahkan utusannya, Muawiyah bin Abu Sufyan, untuk datang berkunjung ke tanah Jawa tepatnya di Kalingga (Jepara). Karena kunjungan ini, akhirnya raja Ray Sima masuk Islam. Raja Ray Sima merupakan putra dari Ratu Sima.

Setelah itu Islam berkembang dengan cepatnya hingga ke wilayah bagian timur dari Indonesia. Barulah kemudian muncul lembaga – lembaga Islami, seperti Majelis Ulama, organisasi Islam, dan lembaga keuangan Islam.

Selain itu, di sektor pendidikan pun Islam juga masuk. Pendidikan Islam mulai dicantumkan dalam kurikulum sekolah – sekolah formal. Bahkan sekarang sudah banyak sekolah Islam yang berkembang cukup pesat.

Mudahnya Islam masuk ke Indonesia tidak terlepas dari beberapa faktor. Adapun faktor – faktor yang menyebabkan agama Islam cepat meluas di Indonesia antara lain yaitu:

  • Syarat masuk agama Islam mudah.
  • Ibadah dalam agama Islam sangat sederhana.
  • Dalam ajaran agama Islam semua makhluk memiliki derajat yang sama tidak terpengaruh oleh kasta atau kedudukan.
  • Faktor politik.
  • Ajaran agama Islam masuk mengikuti adat dan tradisi yang ada di Indonesia.

Ajaran agama Islam yang berkembang cukup cepat dan mengikuti perkembangan abad yang terus maju. Meskipun demikian di Indonesia sendiri masih bayak ajaran Islam yang melenceng dari syariat Islam. Ajaran agama Islam yang berkembang terkadang disalah artikan atau ketika mentafsir Al Quran dan hadits mereka salah menarik maksud dari ayat tersebut.

Banyak terdapat bermacam jenis aliran agama Islam di Indonesia dan tetap kita harus berhati-hati karena terdapat aliran sesat di antaranya. Dari jaman dahulu, perkembangan agama Islam di Indonesia dipenuhi dengan unsur – unsur budaya. Bahkan hingga saat ini masih ada sebagian dari pemeluk agama Islam yang menjalankan budaya yang telah diwariskan turun menurun.

Perlu diperhatikan, jika budaya yang diwariskan tersebut mengarah ke menyekutukan allah SWT. dan membuat kita meminta kepada makhluk – makhluk lain atau pun benda. Maka janganlah kita mengikutinya. Karena Islam mengajarkan hanya kepada Allah SWT. kita meminta.

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula ajaran agama yang mulai berkembang tetapi hal itu yang menyebabkan terkadang ajaran agama Islam di salah artikan. Banyak bermunculan faham – faham yang mengatasnamakan Islam justru malah menyakiti banyak orang.

Pengeboman yang berjudulkan jihat. Bukankah hal itu justru malah membuat banyak orang yang tidak berdosa meninggal begitu saja. Bahkan orang yang melakukan pengeboman pun mengajak anak – anak mereka. Hal seperti itu yang patut kita waspadai.

Banyak para dai juga yang bermunculan untuk berdakwah mengenai ajaran agama Islam.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan aga Islam yang telah dijelaskan secara lengkap da jelas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan dapat membuat kita lebih menghargai agama kita. Terima kasih.