Bacaan Niat, Keutamaan serta Anjuran Puasa Sunnah Arafah

2 min read

Puasa Arafah

Berikut ini materi tentang Bacaan Niat, Keutamaan serta Anjuran Puasa Sunnah Arafah. Makna Puasa Sunnah, Niat Puasa Sunnah, Keutamaan Puasa Sunnah ini , Anjuran untuk melaksanakan Puasa Sunnah, lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Puasa Arafah adalah salah satu puasa Sunnah yang paling dianjurkan. Puasa Sunnah ini jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji melakukan Wuquf di padang Arafah. Berpuasa sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji. Puasa Arafat memiliki keutamaan yang sangat besar.

Mereka yang ingin berpuasa sunnah ini pada siang hari tetapi tidak dapat membaca niat dan tidak berniat puasa di malam hari dapat mengikuti pengucapan niat puasa sunnah Arafah dan segera melafalkan saat itu juga.

Melafalkan niat pada malam hari merupakan kewajiban yang hanya berlaku untuk puasa wajib. Sedangkan Puasa Sunnah niat boleh dilafalkan di siang hari selagi yang melaksanakan puasa tidak makan, minum, dan melakukan hal-hal lain yang menghentikan puasa dari subuh hingga matahari terbenam atau zuhur.

Makna Puasa Sunnah Arafah

Puasa ini sering disamakan dengan puasa Tarwiyah yang dilakukan sehari sebelumnya. Meskipun dua puasa sunnah ini berbeda satu sama lain dan lafal niat puasa keduanya juga berbeda. Puasa sunnah Tarwiyah berlangsung pada tanggal 8 (delapan) Dzulhijjah.

Sedangkan puasa sunnah ini dilakukan pada tanggal 9 (sembilan) Dzulhijjah. Kedua puasa Sunah ini mempunyai tujuan yang berbeda, oleh karena itu niat puasa pun berbeda. Sebelum melakukan ibadah puasa sunnah ini, Anda harus terlebih dahulu memahami pentingnya atau makna puasa.

Puasa Sunnah Arafat sangat dianjurkan bagi umat Islam yang sedang tidak melakukan ibadah haji. Tujuannya adalah untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT, terutama bulan Dzulhijjah adalah bulan yang mulia.

Niat Puasa Sunnah Arafah

Apabila Anda ingin berniat melaksanakan puasa ini, berikut adalah beberapa tips untuk dibaca sebelum Anda menjalankannya.

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati yaumi Arafah lillâhi ta’lâ.

Artinya:
“Aku niat berpuasa sunnah arafah karena  Allah Ta’ala.”

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa sunnah arafah mempunyai keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu, para ulama menggolongkan puasa Arafah ini ke dalam Sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah Muakkad.

“Puasa sunnah pada hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun lalu dan akan datang, dan puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram akan menghapus dosa setahun yang lalu,” (H.R Muslim).

Anjuran untuk melaksanakan Puasa Sunnah Arafah

Puasa Sunnah Arafah adalah salah satu puasa Sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak menjalankan ibadah haji.

“Rasulullah sallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa di awal Dhulhijjah sembilan hari pada hari Asyura’ atau pada 10 Muharram dan berpuasa tiga hari dalam sebulannya …” (H.R Abu Daud no 2437).

Untuk menerima keberkahan berlipat ganda dalam ibadah Dhulhijjah selama bulan itu, umat Islam dapat melakukan ibadah Sunnah lain sebelum puasa sunnah ini, seperti puasa Sunnah 7 hari pada awal bulan Dhulhijjah dan puasa Tarwiyah pada hari sebelum puasa ini.

Puassa puasa Sunnah ini memiliki makna tersendiri bagi umat Islam yang ingin melakukannya dengan sepenuh hati. Puasa di bulan Dhulhijjah tidak hanya memiliki berkah dari Allah SWT, tetapi juga mempunyai makna sejarahnya sendiri.

Seperti yang diriwayatkan Ibn Abbas catat, (sepuluh) 10 hari sebelum Idul Adha, memiliki catatan sejarah dalam ajaran Islam. Hari pertama bulan Dhulhijjah dikenal sebagai hari pengampunan Nabi Adam oleh Allah SWT karena sudah memakan buah Khuldi. Hari kedua Dhulhijjah adalah hari di mana nabi Yunus diselamatkan oleh ikan Nun.

Pada hari ketiga bulan Dhulhijjah adalah hari di mana doa Nabi Zakariya terkabul untuk memiliki keturunan, yaitu Yahya. Hari keempat adalah hari kelahiran Nabi Isa, hari kelima adalah hari kelahiran Nabi Musa.

Dan hari keenam adalah hari kemenangan para nabi dalam perjuangan mempertahankan Islam. Dan hari ketujuh Dhulhijjah adalah hari ketika gerbang neraka ditutup.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bacaan Niat, Keutamaan serta Anjuran Puasa Sunnah Arafah semoga utasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Rukun Sholat

berdoacoid
5 min read

Rukun Iman

berdoacoid
5 min read

Sujud Sahwi

berdoacoid
3 min read