Puasa Nabi Daud

2 min read

Puasa Nabi Daud

Puasa Nabi Daud – Melaksanakan puasa sunnah merupakan tambahan amalan ibadah bagi tiap – tiap umat Islam. Dengan melaksanakan ibadah yang sunnah kita juga mengikuti nasihat dari Baginda rasul kita, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Salah satu puasa sunnah yang diperintahkan Nabi Muhammad SAW. yaitu Puasa Daud. Tahukah kamu bagaimana puasa Nabi Daud? Puasa Daud yaitu puasa yang dilakukan berselang – seling.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan terperinci mengenai puasa Nabi daud, niat puasa dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, tata cara pelaksanaannya, serta keutamaan puasa Nabi Daud.

Tata Cara Pelaksanaan Puasa Daud

Sesuai namanya, puasa Daud yaitu puasa yang dikerjakan oleh Nabi Daud ‘alaihi sallam. Puasa Daud dikerjakan berselang – seling, hari ini berpuasa, hari berikutnya tidak berpuasa.

Karena puasa Nabi Daud dilakukan dengan sehari puasa dan sehari tidak, maka dari itu untuk berpuasa Daud harus ditunjang juga dengan tubuh yang sehat dan kuat. Bagi orang – orang yang mampu diperbolehkan untuk berpuasa Daud.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya:
“Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud. Beliau sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari, Muslim, dan yang lainnya).

Puasa Nabi Daud sama seperti puasa lainnya. Puasa Daud diawali dengan berniat hingga setelah fajar. Yang terpenting yaitu puasa tidak batal.

Sebelum berpuasa sebaiknya makan sahur terlebih dahulu. Karena makan sahur merupakan amalan sunnah berpuasa yang diperintahkan untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum berpuasa.

Sama seperti puasa wajib dan puasa sunnah lainnya, kita diperintahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa merupakan amalan sunnah dari puasa.

Jadi, jika adzan maghrib telah berkumandang, maka segeralah kamu untuk berbuka puasa ya. Batalkan puasa terlebih dahulu kemudian melaksanakan ibadah sholat maghrib.

Niat Puasa Nabi Daud

Adapun niat dari puasa Nabi Daud yaitu sebagai berikut:

Niat Puasa Daud

Bacaan Arab Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Daud

Nawaitu shauma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Terjemahan Arti Niat Puasa Daud

“Saya niat berpuasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Puasa Daud

Puasa memiliki keutamaan – keutamaan, sama halnya dengan puasa Daud. Beberapa keutamaan dari berpuasa Daud yaitu sebagai berikut:

Puasa yang paling Dicintai Allah SWT.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya:
“Sholat (malam) yang paling dicintai oleh Allah adalah sholatnya Nabi Daud ‘alaihi sallam. Dan puasa (tathawwu’) yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan Beliau sholat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Dan Beliau puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berpuasa Separuh Tahun

Keutamaan dari berpuasa Daud yaitu setara dengan puasa separuh tahun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan hal ini dalam sabdanya yaitu:

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya:
“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa Sunnah yang paling Utama

Puasa yang paling utama di antara puasa sunnah lainnya yaitu berpuasa Daud. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya:
“Puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Daud ‘alaihi sallam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari.” (HR. An Nasa’i)

Puasa yang paling Adil

Nabi Muhammad SAW. menyarankan untuk berpuasa Daud. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ . قَالَ قُلْتُ فَإِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

Artinya:
“Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.”” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Tubuh dapat Beristirahat

Dengan berpuasa, dapat membuat organ – organ dalam tubuh kita beristirahat, khususnya organ pencernaan. Karena saat kita tidak berpuasa, sistem pencernaan kita terus bekerja untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.

Menekan Hawa Nafsu

Dengan berpuasa kita dapat mengontrol hawa nafsu kita, baik itu kesabaran, amarah, atau pun nafsu syahwat. Berpuasa Daud merupakan salah satu puasa yang cocok bagi seseorang yang belum bisa menikah. Karena dapat menurunkan hawa nafsunya.

Baca Juga:

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Puasa Nabi Daud. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.