Doa Niat Puasa Sunnah Senin Kamis dan Qadha Puasa Ramadhan

2 min read

Puasa Qadha Senin Kamis

Berikut ini materi tentang Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Puasa Sunnah Senin, Bacaan Puasa Sunnah Kamis, Niat Puasa Senin Kamis dan Puasa Ganti , Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis, lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Sebagai umat Muslim, kita harus selalu menjaga nilai-nilai ketakwaan yang sedang kita jalani. Selain itu, kita dapat mengambil manfaat dari berbagai amalan Sunnah yang kita laksanakan. Ada begitu banyak amalan Sunnah yang bisa kita amalkan. Puasa contohnya adalah amalan tambahan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

Selain banyak keutamaan yang dapat kita capai, puasa memiliki banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Tidak jarang bagi orang orang shaleh terdahulu memperoleh kemuliaan yang tinggi dihadapan Allah tuhan Yang Maha pemberi Rezeki. Kita juga bisa berpuasa pada hari Senin dan kamis untuk meminta sesuatu, karena siapa pun yang rajin berpuasa tidak akan ditolak keinginannya atau doanya.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Ada banyak jenis puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Dan salah satu puasa paling sering dilaksanakan oleh Rasulullah adalah puasa pada hari Senin dan Kamis. Seperti yang dikatakan oleh riwayat salah satu hadis rasul yang mengatakan, “Amalan manusia diperiksa pada hari Senin dan Kamis, jadi saya suka melakukan amal perbuatanku diperikasa ketika aku sedang berpuasa.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin

Latin: “Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aala.”

Artinya: “Saya niat untuk berpuasa pada hari Senin, Sunah karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Puasa Sunnah Kamis

Latin: “Nawaitu sauma yaumal khamiisi sunnatan lillahi ta’aala.”

Artinya:
“Saya niat untuk berpuasa pada hari Kamis, Sunnah karena Allah Ta’ala.”

Niat Puasa Senin Kamis dan Puasa Ganti

Kita perlu tahu bahwa ada banyak jenis puasa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dapat kita amalkan. Ada puasa Muharram, puasa syawal, puasa Senin Kamis dan banyak lagi. Pertanyaannya ialah, bisakah kita menggabungkan niat untuk berpuasa pada hari Senin dan ganti hutang puasa Ramadhan kita?

Apakah ada dalil yang membenarkan untuk dapat menggabungkan niat puasa pada hari senin kamis dengan puasa ganti? Dalam hal ini, dapat kita ambil dalam kitab Shohih Bukhori, yang berbunyi, “Jika seorang hamba melaksanakan ibadah tertentu sehingga dia tidak dapat melakukan ibadah yang dia lakukan secara teratur, sungguh dia benar-benar mendapatkan pahala keduanya.”

Dari penjelasan penggalan hadits diatas kita dapat menyimpulkan bahwa barang siapa yang sudah terbiasa menjalankan puasa senin kamis, kemudian dia menjalankankan puasa tertentu yang kebetulan jatuh pada hari senin dan kamis maka sungguh dia telah mendapatkan pahala keduanya. Dengan catatan bahwa niat puasa yang dia ucapkan bukanlah niat puasa senin kamis.

Melainkan niat puasa yang jatuh bertepatan dihari senin dan kamis tersebut. Contohnya seperti ada seseorang yang rutin melaksanakan puasa sunnah senin kamis, lalu ada puasa syawal yang jatuh bertepatan pada hari kamis maka niat yang harus dia bacakan ialah niat puasa syawal tersebut bukan puasa kamis yang biasa dia laksanakan.

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Berikut dibawah ini beberapa keutamaan puasa sunnah senin dan kamis.

1.Diberikan pintu Ar-Rayan

Ar-Rayyan adalah satu dari delapan pintu masuk yang ada di surga. Dimana masing-masing pintunya memiliki keistimewaan tersendiri. Dan tidak seorang hambapun yang akan masuk dengan pintu Ar-Rayyan terkecuali dia senang berpuasa.

2. Mudah Terkabulnya Doa

Rasulullah bersabda : “Ada tiga golongan yang tidak ditolak doa mereka : orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzalimi. Dari hadist diatas dapat disimpulkan, bahwa barang siapa yang rajin melaksanakan ibadah puasa maka sulit untuk tertolak doanya.

3. Dijamin Masuk Surga

Dijamin masuk surga adalah keutamaan agi orang-orang yang menjalankan puasa sunnah senin kamis.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Niat Puasa Sunnah Senin Kamis dan Qadha Puasa Ramadhan. semoga utasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Rukun Sholat

berdoacoid
5 min read

Rukun Iman

berdoacoid
5 min read

Sujud Sahwi

berdoacoid
3 min read