Niat Qadha Puasa Ramdhan dan Doa Berbuka Puasanya Lengkap

2 min read

Qadha Puasa Ramadhan

Berikut ini materi tentang bacaan niat qadha puasa ramadhan. Bacaan niat qadha puasa ramdhan, bacaan doa berbuka puasa qadha ramadhan lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim dan muslimah mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Seperti semua orang Muslim tahu, menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah salah satu ibadah wajib. Semua orang yang telah memenuhi syarat untuk berpuasa harus menjalankannya kecuali ada beberapa hal yang memungkinkan seseorang untuk tidak berpuasa.

Tentu saja, tidak semua Muslim bisa berpuasa sepenuhnya selama puasa Ramadhan, terutama bagi wanita. Tidak hanya wanita yang mengalami menstruasi, sakit atau perjalanan jauh juga dapat menyebabkan seseorang meninggalkan puasa di bulan suci Ramadhan.

Akan Tetapi, Puasa yang belum dilakukan harus diganti pada hari lain setelah bulan Ramadhan. Biasanya Syawal adalah waktu terbaik untuk berpuasa untuk menjalankan puasa ganti dan dapat melanjutkannya dengan puasa Syawal.

Puasa pada bulan suci Ramadhan merupakan puasa yang harus dilakukan oleh semua Muslim yang telah mencapai baligh dan berakal.

Apabila seorang Muslim tidak berpuasa selama bulan Ramadhan, ia wajib mengganti, membayar atau berpuasa pada bulan setelah Ramadhan.

Niat Qadha Puasa Ramadhan

Niat berikut adalah niat untuk mengganti puasa Ramadhan dengan puasa atau qadha puasa dalam bahasa Arab, Latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Nawaitu Shouma Ghodin ‘an Qadaa’in Fardho Romadhoona Lillahi Ta’alaa

Artinya:
“Saya berniat untuk berpuasa besok hari dengan mengganti Fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala”

Anda dapat melafalkan niat puasa Qadha baik di dalam hati maupun diucapkan sehari sebelum pengenalan Qadha puasa.

Misalnya setelah sholat isya dan ingin tidur. Anda dapat membaca niat untuk berpuasa Qadha ini sebelumnya. Ini merujuk pada pernyataan Syaikh Sulaiman Al-Bujairimi, ia mengatakan:

“Kita perlu menetapkan niat untuk puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa Qadha, atau puasa Nadzar di malam hari. Syarat ini didasarkan pada hadits Rasulullah: “Jika kamu tidak berniat sebelum subuh, maka tidak ada puasa baginya.” Karena itu, tidak ada cara lain selain berniat setiap hari, berdasarkan redaksi Hadits.”

Doa Buka Puasa Qadha Ramadhan

Doa untuk berbuka puasa ganti atau mengucapkan doanya tidak berbeda dari doa untuk berbuka puasa di bulan suci Ramadhan. Bahkan penerapan dan tata cara pelaksanaannya tidak beda dengan puasa di bulan suci Ramadhan. Doa untuk berbuka puasa ganti ini seperti doa yang dapat Anda ucapkan ketika Anda berbuka puasa bulan suci Ramadhan, yaitu sebagai berikut:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya:
“Ya Allah karena Engkau aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, pada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang.”

Doa untuk berbuka puasa ganti ini pasti telah umum ditelinga kaum muslimin dan akan didengar dan diajarkan di sekolah. Anda juga akan sering mendengarnya di TV dan radio selama bulan suci ramadhan saat hendak memasuki waktu berbuka puasa. Jadi tidak ada alasan untuk tidak hafal dengan doa buka puasa Ramadhan satu ini.

Ketika tiba saatnya berbuka puasa yang bertepatan dengan Azan shalat magrib, ucapkanlah Alhamdulillah dan bacalah doa untuk berbuka puasa ini sebelum menikmati makan atau minum yang tersedia.

Bahkan jika Anda berada di tempat yang berbeda dan memiliki waktu yang berbeda ketika Anda berbuka puasa, doa berbuka puasa masih sama dan salah satu doa puasa Ramadhan yang paling penting yang harus Anda hafal. Doa berbuka puasa ini menggunakannya sebelum Anda makan ketika berbuka puasa.

Tapi ingat, jangan makan terlalu banyak karena Anda belum makan sepanjang hari. Makan dengan secukupnya karena sesuatu yang berlebihan itu selalu buruk.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Niat Qadha Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa semoga utasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.