Bacaan Niat serta Keutamaan Puasa Rajab Lengkap

2 min read

Puasa Sunnah Rajab

Berikut ini materi tentang Bacaan Niat serta Keutamaan Puasa Rajab. Makna Puasa Rajab, Niat Puasa Sunnah Rajab, serta Keutamaan Puasa Sunnah Rajab lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Rajab merupakan bulan ketujuh dari kalender Hijriah dan pada kalender Jawa. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia biasanya merayakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa ketika Nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram atau Mekah menuju ke Masjid Aqsha atau Palestina.

Dari masjidil Aqsha, Rasulullah kemudian pergi ke Sidratul Muntaha untuk menghadap kepada sang khalik Allah SWT.

Ketika bulan Rajab tiba, umat Islam didorong untuk meningkatkan amalan mereka, termasuk melaksanakan amalan puasa Rajab.

Makna Puasa Rajab

Puasa Rajab merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan selama bulan Rajab. Jumlah hari puasa ini tidak ditentukan.

Nabi Muhammad Saw menganjurkan dan memperbolehkan umat muslim untuk memperbanyak berpuasa di bulan Rajab.

Hal ini karena bulan Rajab disebut sebagai salah satu bulan paling mulia di samping bulan Ramadhan.

Niat Puasa Sunnah Rajab

Sama halnya seperti puasa Sunnah lainnya, puasa Rajab dimulai dengan niat yang dapat diucapkan langsung atau dalam hati ketika malam sebelum puasa.

Niat untuk berpuasa Rajab, sebagai berikut:

“Nawaitu shouma ghodin an adai sunnatan Rajaba lillahi ta’aala”

Artinya “saya niat untuk berpuasa Rajab Sunnah besok karena Allah ta’ala.”

Jika Anda lupa membaca niat untuk puasa Rajab di malam hari, Anda dapat membaca niat di bawah ini, di pagi hari sebelum waktu Dzuhur:

“Nawaitu shouma hadzal yaumi’an ada’i sunnati Rajaba lillahi taalaa.”

Artinya : “saya niat untuk puasa sunnah Rajab hari ini karenak Allah ta’alaa.”

Keutamaan Puasa Sunnah Rajab

Yang akan kita ingat ketika mendengar kata Rajab adalah bulan ke tujuh dari kalender Hijriyah, yang jatuh sesudah jumadil akhir. Rajab juga jatuh sebelum Sya’ban yang menunjukkan bahwa Ramadhan berada di dekatnya untuk memperingati puasa Ramadhan. Tetapi amalan-amalan di bulan Rajab yang mempunyai keutamaan di antaranya ialah puasa.

Ada begitu banyak hadis yang berkaitan dengan puasa di bulan Rajab, salah satu dari banyak jenis puasa Sunnah, seperti yang dijelaskan di atas. Keutamaan puasa rajab ialah berikut ini :

1. Diberikan oleh Allah Minum dari sungai di surga

Pernahkah Anda membayangkan seperti bagaimana surga itu? Keindahannya jelas lebih indah dari pada keindahan dunia. Pernahkah Anda meminum mata air secara langsung? Kesegaran dan rasa manisnya sangat lezat dan menyegarkan tubuh kita. Begitulah, apalagi air dari sungai surga. Betapa utamanya kita jika kita menjalankan puasa sunnah rajab. Subhanallah.

2. Penghapusan Dosa oleh Allah

Keutamaan menjalankan puasa sunnah rajab lainnya adalah menghapuskan dosa dan ganjaran penghapusan dosa yang kita dapatkan dari puasa berbeda.

Dosa-dosa kita diampuni selama tiga tahun pada hari pertama, dua tahun pada hari kedua, satu tahun pada hari ketiga, dan pada hari-hari setelah itu dosa dihapuskan dalam sebulan. Jadi perkiraan penghapusan dosa kita dalam waktu delapan tahun.

Ini adalah keutamaan yang dapat kita capai dengan mudah. Namun, kita tidak dapat mengandalkan pahala yang kita berikan, tetapi ketika kita menganggap itu untuk meningkatkan semnagat kita dalam beribadah, sah sah saja.

3. Sama halnya dengan Puasa di bulan yang mulia

Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia, sebagaimana disebutkan dalam hadits. Jadi jika kita menjalankan puasa yang mulia di bulan yang mulia, insyaAllah keutaaan dan kemuliaan besar akan datang kepada kita.

Itu adalah keutamaan puasa Rajab. Banyak ulama yang memiliki pendapat berbeda tentang puasa sunnah pada bulan Rajab. Beberapa mengatakan boleh, yang lain mengatakan tidak boleh. Setiap pendapat memiliki sumber dasar yang kuat.

Namun, tidak ada hadis Shohih yang mengatakan puasa Rajab dilarang. Karena itu, sah sah saja jika kita menjalankan puasa Rajab dengan maksud untuk lebih dekat dengan Allah dan pada saat yang sama melindungi nafsu kita dari semua kejahatan.

Jangan khawatir, apa pun yang kita lakukan dengan tulus Lillahi ta’ala, para malaikat akan mencatat tindakan kita sebagai amal kita sebagai amal sholih yang membebani timbangan kanan kita.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bacaan Niat serta Keutamaan Puasa Rajab semoga utasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read