Puasa Sya’ban

2 min read

Puasa Sya'ban

Puasa Sya’ban – Melaksanakan puasa Sya’ban merupakan amalan sunnah yang dapat kita lakukan.

Tahukah kamu apa itu puasa Syaban? Atau ada yang belum pernah mendengar tentang puasa Syaban?

Berikut ini akan dijabarkan mengenai puasa Syaban, meliputi pengertian puasa Syaban, niat bacaan puasa Syaban Arab, Latin, dan Indonesia, keutamaan berpuasa Syaban, serta amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan Syaban.

Pengertian Puasa Sya’ban

Salah satu bulan yang mulia di sisi Allah SWT. yaitu bulan Sya’ban. Bulan Sya’ban merupakan bulan ke delapan dalam kalender Hijriah, sebelum bulan Ramadhan.

Sya’ban berasal dari bahasa Arab تشعب atau sya’bun yang artinya yaitu keluar berkelompok – kelompok. Maksudnya adalah keluar dari tanah Arab dalam keadaan berkelompok – kelompok.

Al Munawi mengatakan: “Bulan Rajab menurut masyarakat jahiliyah adalah bulan mulia, sehingga mereka tidak melakukan peperangan. Ketika masuk bulan Sya’ban, mereka berpencar ke berbagai peperangan.”

Pada bulan Syaban ini kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa Syaban. Nabi Muhammad SAW. menyukai berpuasa Sya’ban. Sehingga Nabi Muhammad SAW. sangat menganjurkan untuk melaksanakan puasa Sya’ban.

Aisyah radhiallahu ‘anha berkata:

كَانَ اَحَبُّ الشُّهُوْرِ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم اَنْ يَصُوْمَهُ شَعْبَانَ ثُمَّ يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ

Artinya:
“Bulan yang paling disukai Nabi Saw untuk berpuasa ialah Sya’ban, kemudian dilanjutkan dengan Ramadhan.”

Pelaksanaan puasa Sya’ban tidak dikerjakan selama sebulan penuh hanya beberapa hari saja.

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Aisyah radhiallahu ‘anha berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasululla shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Dan aku pun tidak pernah melihat Beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Aisyah radhiallahu ‘anha juga berkata:

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam belum pernah berpuasa dalam satu bulan melebihi puasa pada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari)

Niat Puasa Sya’ban

Adapun niat dari puasa syaban yaitu sebagai berikut:

Niat Puasa Sya'ban

Bacaan Arab Niat Puasa Sya’ban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Sya’ban

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa i sunnati sya‘baana lillaahi ta‘aalaa.

Terjemahan Arti Niat Puasa Sya’ban

“Saya berniat puasa sunnah Sya‘ban esok hari karena Allah Ta’ala.”

Jika kita belum membaca niat puasa Sya’ban pada malam harinya, kita tetap dapat membaca niat tersebut hingga siang hari asalkan kita belum makan, minum, atau hal – hal lain yang membatalkan puasa.

Adapun niat puasa Sya’ban yaitu:

Bacaan Arab Niat Puasa Sya’ban

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Puasa Sya’ban

Nawaitu shauma hadzaal yaumi ‘an adaa i sunnati sya‘baana lillaahi ta‘aalaa.

Terjemahan Arti Niat Puasa Sya’ban

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban hari ini karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Puasa Sya’ban

Melaksanakan ibadah sunnah yaitu berpuasa di bulan yang mulia tentunya akan mendapatkan pahala yang besar. Berikut ini merupakan keutamaan – keutamaan yang akan didapatkan dengan berpuasa Sya’ban yaitu:

1. Dinaikkannya Amalan kepada Allah SWT.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya:
“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana banyak manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Tuhan semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

2. Pintu Gerbang Menuju Bulan Ramadhan

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita dapat melatih puasa kita saat di bulan Sya’ban. Hal ini dilakukan agar kita tidak kesulitan atau terbebani dengan puasa Ramadhan. Karena bulan Sya’ban seperti pintu gerbang menuju bulan Ramadhan.

Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika seseorang sudah terbiasa berpuasa sebelum puasa Ramadhan, tentu dia akan lebih kuat dan lebih bersemangat untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan. (Lathoif Al Ma’arif)

3. Dicintai oleh Allah SWT.

Puasa Syaban merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan mengikuti amalan sunnah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. kita akan memperoleh kecintaan Allah SWT. Berdasarkan hadits berikut ini:

وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِى لأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِى لأُعِيذَنَّهُ

Artinya:
“Dan senantiasa hamba -Ku mendekatkan diri kepada -Ku dengan amalan – amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada -Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari)

4. Bulan Sya’ban adalah Bulan yang Suci

Nabi Muhammad SAW. bersabda:

شعبان شهرى ورمضان شهر الله وشعبان المطهر ورمضان المكفر

Artinya:
“Sya’ban adalah bulanku, Ramadhan adalah bulan Allah. Sya’ban adalah bulan yang menyucikan dan Ramadhan adalah bulan penghapusan dosa” (HR. Imam Al Dailami)

Amalan di Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang mulia. Saat bulan Sya’ban kita dianjurkan untuk melaksanakan amalan – amalan sunnah seperti berikut ini:

  1. Memperbanyak puasa sunnah
  2. Memperbanyak membaca Al Quran

Baca Juga:

Demikian ulasan artikel mengenai puasa Syaban yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel dapat bermanfaat dan dapat diamalkan. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read