Sayyidul Istighfar: Pengertian Beserta Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan

2 min read

Bacaan Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar: Pengertian Beserta Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan – Setiap manusia pernah melakukan kesalahan, baik itu kesalahan yang kecil atau pun kesalahan yang berat. Tidak ada manusia yang sempurna yang luput dari kesalahan.

Setiap umat Muslim selalu memohon ampunan dari Allah SWT. agar selalu terhindar dari dosa – dosa yang di sengaja atau pun tidak di sengaja. Kita sering mendengar ketika seseorang melakukan kesalahan, maka kita disuruh beristighfar.

Beristighfar merupakan salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Salah satu bacaan istighfar dikenal dengan nama sayyidul istighfar. Dengan membaca bacaan sayyidul istighfar dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah SWT., dan percaya pada Keagungan Nya.

Lalu bagaimana dengan bacaan Sayyidul Istighfar? Apa itu Sayyidul Istighfar? Untuk itu, artikel kali ini akan membahas tentang bacaan Sayyidul Istighfar, dari pengertian hingga bacaan sayyidul istighfar beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya. Simak terus ya guys.

Pengertian Sayyidul Istighfar

Pengertian istighfar secara bahasa yaitu memohon ampunan. Secara lebih luas bermakna tentang bacaan yang dilafalkan atau dibaca untuk memohon ampunan atas dosa – dosa kepada Allah SWT.

Doa istighfar yang paling utama yaitu sayyidul istighfar. Sayyidul istighfar merupakan raja dari segala jenis doa untuk memohon ampunan Allah SWT. terhadap dosa – dosa yang dilakukan diri sendiri baik itu yang di sengaja atau pun yang tidak di sengaja.

Bacaan Sayyidul Istighfar

Salah satu di antara bacaan istighfar yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu dengan memperbanyak membaca bacaan sayidul istighfar.

Berikut ini merupakan bacaan dari sayyidul istighfar yaitu:

Bacaan Sayyidul Istighfar

Bacaan Arab Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُك ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Latin Sayyidul Istighfar

Allahumma anta rabbi, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka, wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’uudzubika min syarri maa shana’tu, abuu u laka bi ni’matika ‘alayya, wa abuu u bi dzanbii faghfirlii, fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Terjemahan Arti Bacaan Sayyidul Istighfar

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Tuhan yang berhak aku sembah selain Engkau, Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu (yang Engkau anugerahkan) kepadaku dan aku mengakui dosa – dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa – dosa selain Engkau.”

Istighfar merupakan cara untuk meminta ampunan Allah SWT. atas segala dosa. Hal ini terdapat dalam Al Quran bahkan berulang kali telah Allah SWT. katakan.

Mengenai bacaan sayyidul istighfar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, sebagai berikut:

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِسْتِغْفارِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sesungguhnya istighfar yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan:

Allahumma anta rabbi, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka, wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’uudzubika min syarri maa shana’tu, abuu u laka bi ni’matika ‘alayya, wa abuu u bi dzanbii faghfirlii, fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

(Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Tuhan yang berhak aku sembah selain Engkau, Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu (yang Engkau anugerahkan) kepadaku dan aku mengakui dosa – dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa – dosa selain Engkau.”)” (HR. Al Bukhari)

Umat Muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dengan membaca bacaan Sayidul istighfar setiap usai menunaikan sholat. Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bacaan sayidul istighfar dibaca sebanyak tiga kali setelah melaksanakan sholat.

Perihal mengenai bacaan sayidul istighfar ini pun telah dikuatkan dengan hadits lain mengenai sayidul isthfar selain hadits di atas.

Allah SWT. akan mengampuni dosa – dosa dari orang yang bertobat dan memohon ampunan Nya. Salah satu caranya yaitu dengan beristighfar. Allah SWT. berfirman pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Az Zumar ayat 53, yaitu:

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: “Katakanlah: “Wahai hamba – hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa – dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar ayat 53)

Dengan membaca istighfar hidup kita akan menjadi lebih tenang dan terdapat keutamaan lainnya yang luar biasa bermanfaat untuk kita dalam hidup di dunia atau pun di akhirat.

Oleh karena itu, sehabis melaksanakan sholat jangan terburu – buru untuk menyudahinya, duduk sebentar dan beristighfarlah. Membaca bacaan sayidu istighfar sebanyak tiga kali. Hal ini bisa menjadikan suatu kebiasaan yang baik.

Tidak apa jika kita belum hafal bacaan ini, bisa dengan membaca sambil melihat bacaan doa istighfar ini. Jika kita membiasakan diri membaca sehabis sholat, insya Allah akan terbiasa dan menjadi hafal dengan bacaan sayidul istighfar.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan sayidul istighfar yang berisi tentang pengertian hingga bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya yang telah dijelaskan. Semoga Anda sekalian senantiasa di tiap harinya mengamalkan dengan membaca bacaan sayyidul istighfar. Terima kasih.