Shalat Tahajud

3 min read

Shalat Tahajud

Shalat Tahajud – Selain mengerjakan shalat wajib lima waktu yang merupakan ibadah yang paling utama, seorang Muslim juga sebaiknya melaksanakan amalan sunnah lainnya salah satunya adalah sholat tahajud. Karena sholat tahajud merupakan salah satu sholat malam yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang mempunyai keutamaan yang tinggi. So, supaya lebih mengerti mengenai sholat tahajud akan dijelaskan mulai dari apa itu shalat tahajud, waktu pelaksanaannya, niat, dan doa setelah sholat tahajud, hingga manfaatnya. Ayo, pahami artikel ini dengan seksama ya….

Pelaksanaan Shalat Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Jumlah rakaat sholat tahajud sebenarnya tidak terbatas tetapi apabila mengacu pada hadist Nabi SAW., bahwa Rasulullah SAW. tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti Rasulullah SAW. yaitu sebelas rakaat atau pun tiga belas rakaat dan termasuk shalat witir.

Waktu Pelaksanaan

Sholat tahajud dikerjakan sesudah bangun dari tidur malam, meskipun tidur itu cuma sebentar. Jadi, jika shalat tahajud tidak diawali dengan shalat isya dan tidur (walaupun cuma beberapa menit saja), maka ini bukan shalat tahajud, maka shalat tersebut seperti shalat witir dan lainnya.

Sholat sunnah ini dilakukan dari waktu isya hingga masuk shubuh. Sedangkan, sepanjang malam ini terbagi menjadi waktu-waktu paling utama, lebih utama, dan utama. Berikut ini merupakan pembagian waktu shalat tahajud:

  1. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira antara masuknya waktu isya sampai dengan jam 22.00 WIB, ini saat utama.
  2. Sepertiga kedua, yaitu antara jam 22.00 WIB sampai dengan jam 01.00 WIB, ini waktu yang lebih utama.
  3. Sepertiga ketiga, yaitu antara jam 01.00 WIB sampai dengan masuknya waktu subuh, inimerupakn waktu yang paling utama.

Hukum Pelaksanaan

Hukum shalat tahajud adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam. Arti lain dari sunnah muakkad yaitu sunnah yang selalu dilaksanakan oleh Rasulullah SAW., atau sunnah yang jarang sekali ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Sholat dhuha dan sholat tarawih merupakan contoh sholat sunnah muakkad yang lain.

Shalat Tahajud

Niat dan Doa Sholat Tahajud

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud yaitu:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Doa Sesudah Shalat Tahajud

Bacaan doa sesudah sholat tahajud,yaitu:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya:

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja penguasa langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau pemancar cahaya langit dan bumi beserta semua mahkluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, perjumpaan dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, dan surga adalah benar, neraka adalah benar, dan para nabi-nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW. adalah benar, serta saat hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, serta apa yang ku sembunyikan maupun yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan selain Engkau, dan tidak ada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Sesudah membaca doa tersebu perbanyaklah membaca doa sebagai berikut:

  • Membaca istighfar
  • Membaca tasbih yaitu subhanallah
  • Membaca tahmid yaitu alhamdulillah
  • Membaca takbir yaitu Allahu Akbar
  • Membaca laa ilaaha illallah
  • Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.
  • Membaca surat Al Fatihah

Sesudah selesai membaca doa-doa tersebut, kemudian kembalilah tidur, jangan lupa untuk membaca Ayat Kursi, membaca surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Nas.

Fadhilah Shalat Tahajud

Fadhilah shalat tahajud ini sangat luar biasa, seharusnya membuat kita termotivasi untuk membiasakan diri melaksankannya. Shalat tahajud sangat dianjurkan sebagaimana firman Allah SWT. dalam surat Al Isra’ ayat 79 sebagai berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Wa minal laili fatahajjad bihii naafilatal laka ‘asaa ay yab’atsaka rabbuka maqaamam mahmuudaa.

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, lakukanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’ 17: 79)

Fadhilah atau manfaat dari melaksanakan shalat tahajud diantaranya:

  1. Akan masuk surga
  2. Penggugur dan pencegah dosa
  3. Dikabulkannya segala doa-doa yang dipinta
  4. Mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat
  5. Diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji oleh Allah SWT.
  6. Dipelihara oleh Allah dari segala macam bencana
  7. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  8. Memperoleh kemuliaan dan kewibawaan
  9. Menenangkan hati dan pikiran
  10. Menolak penyakit
  11. Memperoleh cinta dan ridho Allah SWT.
  12. Sholat yang paling afdhol sesudah sholat lima waktu

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR. An Nasa’i)

Baca Juga:

Jadi, inilah sekiranya informasi mengenai sholat tahajud yang bisa kalian dapatkan dan pelajari. Semoga dapat menjadi materi yang bermanfaat.

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Sholat Nisfu Sya’ban

_pur
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *