Tata Cara Sholat Dhuha Empat Rakaat Lengkap dengan Bacaan Niatnya

2 min read

Sholat Dhuha Empat Rakaat

Tata Cara Sholat Dhuha Empat Rakaat Lengkap dengan Bacaan Niatnya – Ibadah sholat merupakan tiang agama. Melaksanakan ibadah sholat merupakan salah satu perintah Allah SWT. yang wajib kita laksanakan.

Bukankah terdapat ibadah sholat sunnah yang dapat kita kerjakan? Tentu. Terdapat berbagai ibadah sholat sunnah yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan segala sesuatu yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. merupakan salah satu bentuk cinta kita terhadap Beliau.

Salah satunya yaitu dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha. Tahukah kamu bagaimana tata cara dari pelaksanaan ibadah sholat dhuha? Berapa rakaat ibadah sholat dhuha yang harus kita kerjakan?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai tata cara dari pelaksanaan ibadah sholat dhuha sebanyak empat rakaat beserta niat dari ibadah sholat dhuha. Simak terus ya.

Ibadah sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua, empat, enam, delapan, sepuluh, atau dua belas rakaat yang dapat dikerjakan secara munfarid atau sendiri atau berjamaah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan terkadang lebih jika Beliau menghendaki.

Dalam sebuah hadits telah diriwayatkan bahwa:

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضُّحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ اللهُ

Artinya: “Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat dhuha empat raka’at dan beliau biasa menambahkan sesuka beliau.” (HR. Muslim)

Melaksanakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat, maka allah SWT. akan mencukupi kebutuhan kita di hari itu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa Allah SWT. telah berfirman,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: “Wahai anak Adam, jangan sekali – kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha), karena dengan sholat tersebut akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR. Hakim dan Ath Thabrani)

Tata Cara Sholat Dhuha Dua Rakaat

Terdapat beberapa tata cara dalam melakukan sebuah sholat dhuha, di antaranya ialah sebagai berikut:

a. Membaca niat sholat dhuha di dalam hati

Berikut ini merupakan bacaan niat dari sholat dhuha:

Niat Sholat Dhuha

Bacaan Arab Niat Sholat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Dhuha

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa an lillaahi ta’aalaa.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Dhuha

“Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

b. Takbiratul ihram
c. Membaca doa Iftitah
d. Membaca Surat Al Fatihah
e. Dapat membaca Surat Ad Dhuha
f. Melakukan rukuk dengan tuma’ninah
g. Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah
h. Melakukan sujud pertama dengan tuma’ninah
i. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
j. Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah
k. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua
l. Membaca Surat Al Fatihah
m. Membaca Surat Asy Syams
n. Melakukan rukuk dengan tuma’ninah
o. Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah
p. Melakukan sujud pertama dengan tuma’ninah
q. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
r. Melakukan sujud kedua dengan tuma’ninah
s. Kemudian melakukan tasyhadud akhir dengan tuma’ninah
t. Membaca salam dua kali dengan menengok ke kanan dan ke kiri
u. Membaca doa selesai sholat dhuha

Tata cara pelaksanaan sholat dhuha sama dengan tata cara sholat wajib, yang membedakan hanya pada niat dan doa selesai sholat dhuha.

Tata Cara Sholat Dhuha Empat Rakaat

Karena sholat dhuha di kerjakan dengan satu salam dalam dua rakaat. Berarti tata cara sholat dhuha empat rakaat sama dengan ketika sholat dhuha dua rakaat.

Tata cara pelaksanaan sholat dhuha empat rakaat terdiri dari dua rakaat dengan satu salam, selanjutnya sholat lagi dengan dua rakaat dan satu salam.

Saat membaca surat – surat pendek pada saat melaksanakan sholat dhuha disunnahkan untuk membaca surat berikut ini:

a. Surat Asy Syams dibaca pada rakaat pertama
b. Surat Ad Dhuha dibaca pada rakaat kedua

Untuk rakaat selanjutnya:
c. Surat Al Kafirun dibaca pada rakaat pertama
d. Surat Al Ikhlas dibaca pada rakaat kedua

Tetapi, tidaklah harus dengan surat tersebut, bacalah surat yang dikuasai dan dihafal. Dengan surat yang mudah bagi Anda. Sebagaimana Allah SWT. katakan:

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwaa Engkau (Muhammad) berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam, atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang – orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali – kali tidak dapat menentukan batas – batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang – orang yang sakit dan orang – orang yang lain yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah, dan orang – orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Muzzammil ayat 20)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara pelaksanaan sholat dhuha yang dikerjakan sebanyak empat rakaat beserta niatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.