Sholat Sunnah Wudhu

2 min read

Sholat Sunnah Wudhu

Sholat Sunnah Wudhu – Setiap Muslim ketika akan melaksanakan ibadah didahulukan dengan melakukan wudhu. Bahkan Alah SWT. memerintahkan setiap hambanya untuk menjaga wudhunya.

Melaksanakan wudhu dengan sempurna merupakan syarat wajib dari awal melaksanakan ibadah. Karena jika wudhu kita tidak sempurna maka ibadah kita tidak sah. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tata cara berwudhu yang benar dan sesuai ajaran agama Islam ya, agar ibadah kamu tidak menjadi sia – sia.

Setalah itu kita dapat menambah amalan ibadah kita dengan membaca doa sesudah wudhu dan mengerjakan shalat sunnah wudhu.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai shalat sunnah wudhu, dari pengertian shalat sunnah wudhu, pelaksanaan shalat sunnah wudhu, niat, dan doa sesudah shalat sunnah wudhu.

air wudhu

Pengertian Sholat Sunnah Wudhu

Shalat sunnah wudhu merupakan sholat sunnah yang dikerjakan seseorang sesudah selesai melaksanakan wudhu dengan sempurna.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW. dari Utsman bin ‘Affan ra., dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, tentang keutamaan berwudhu bahwa:

مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

“Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaat dengan tidak mengucapkan pada dirinya (konsentrasi ketika sholat), maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perintah melaksanakan shalat sunnah wudhu juga terdapat dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW. bersabda bahwa:

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

Artinya:
“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim)

Itu sebabnya, melaksanakan shalat sunnah wudhu merupakan sholat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. karena memiliki keutamaan yang sangat besar.

Kamu akan merasa seperti kehilangan kesempatan untuk menambah pahala jika tidak melaksanakan shalat sunnah wudhu.

Pelaksanaan Sholat Sunnah Wudhu

Shalat sunnah wudhu dikerjakan sebanyak dua rakaat. Sesudah membaca doa setelah berwudhu, barulah seseorang mengerjakan shalat sunnah wudhu. Shalat sunnah wudhu dapat dikerjakan kapan saja, yang terpenting yaitu setelah selesai melakukan wudhu.

Shalat sunnah wudhu dikerjakan sehari – hari, paling tidak dikerjakan sekali dalam sehari. Shalat sunnah wudhu dikerjakan sendiri – sendiri tidak berjamaah.

Apabila kamu telah selesai mengerjakan shalat sunnah wudhu masih terdapat waktu sebelum sholat fardhu dikerjakan, Maka, kamu dapat mengisi waktu dengan terus berdzikir kepada Allah SWT.

Shalat sunnah wudhu ini hukumnya sunnah. Jika seseorang melakukan shalat sunnah wudhu, maka akan mendapatkan pahala. Tetapi jika tidak dikerjakan, maka tidak apa – apa.

Ingatkah kamu bagaimana dengan doa sesudah wudhu? Berikut ini doa setelah berwudhu ya:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi -Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu adalah hamba -Nya dan utusan -Nya. Ya Allah, jadikanlah aku golongan orang – orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku golongan orang – orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan para hamba -Mu yang sholeh.”

Firman Allah SWT. tentang menyucikan diri tertuang dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 222, yaitu sebagai berikut:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al Baqarah : 222)

Pelaksanaan shalat sunnah wudhu sama seperti sholat biasanya. Selama air wudhu masih berada dan belum mengering, serta belum lama jangka waktu wudhunya, maka masih diperbolehkan melaksanakan shalat sunnah wudhu.

Sebaiknya jika telah berwudhu maka segeralah melaksanakan shalat sunnah wudhu.

Sama halnya dengan sholat tahiyatul masjid, shalat sunnah wudhu jika dikerjakan sebagai sholat sunnah biasa. Yang jika sholat fardhu akan segera dimulai, maka kamu tetap bisa melaksanakan shalat sunnah wudhu ini dan setelah itu barulah mengikuti untuk melaksanakan sholat fardhu.

Berbeda hal dengan kamu memiliki waktu luang untuk menunggu sholat fardhu tapi kamu melaksanakan shalat sunnah wudhu mendekati waktu sholat fardhu yang bentar lagi akan mulai. Itu tidak boleh ya.

Ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid, sholat manakah yang didahulukan antara sholat sunnah tahiyatul masjid atau shalat sunnah wudhu?

Melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid dapat digabung niatnya dengan shalat sunnah wudhu.

Sama halnya dengan melaksanakan sholat rawatib. Kamu dapat melaksanakannya jadi satu, dengan niat shalat sunnah wudhu dan sholat tahiyatul masjid atau pun niat sholat sunnah rawatib. Kamu dapat memperoleh pahala berlipat dengan sekali sholat. Allah Maha Besar.

Sungguh murah hati Allah mempermudah hamba Nya untuk beribadah kepada -Nya.

Shalat sunnah wudhu juga dapat dikerjakan di waktu yang terlarang melaksanakan sholat.

Tata Cara Sholat Sunnah Wudhu

Tata cara dalam mengerjakan shalat sunnah wudhu yaitu:

  • Niat
  • Takbir
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dalam Al Qur’an
  • Rukuk dengan membaca tasbih tiga kali
  • Iktidal dengan membaca bacaan iktidal
  • Sujud pertama dan membaca kalimat tasbih tiga kali
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua dan membaca kalimat tasbih tiga kali
  • Berdiri untuk melakukan rakaat kedua, dan seterusnya seperti cara tersebut di atas.
  • Lalu sesudah sujud kedua melakukan tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam.

Catatan: Pada rakaat pertama, surat yang dibaca setelah surat Al Fatihah yaitu Surat Al Kafirun. Sedangkan pada rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas.

Niat Sholat Sunnah Wudhu

Niat shalat sunnah wudhu yaitu sebagai berikut:

Niat dalam bacaan Arab

Niat Sholat Sunnah Wudhu

Niat dalam bacaan Latin

Ushallii sunnatal wudhuu i rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
“Aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Shalat Sunnah Wudhu yang telah dijabarkan secara jelas dan rinci. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu ya. Terima kasih telah berkunjung.

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Bacaan Sholat Lima Waktu

_pur
3 min read