Sholat Sunnah

4 min read

Sholat Sunah – Ibadah adalah wajib bagi umat Islam. Dalam ibadah sholat tersebut bahkan diperlukan untuk pelancong atau orang sakit.

Sholat rukun Islam yakni setelah Syahadat, tidak diragukan lagi, tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk dipertahankan bagi semua umatnya, sehingga agama Islam masih ada di Bumi.

Selain sholat wajib, yang berjumlah lima kali sehari, ada sejumlah shalat sunah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala yang lebih banyak, atau bahkan tergantung pada saat kebutuhan.

Tentunya kalian telah mengenal dengan istilah Sholat bukan?
Sholat terdiri dari sholat wajib dan sholat sunah. Dalam ulasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Sholat Sunah. Untuk mengetahui penjelasan selanjutnya, simak sebagai berikut.

Sholat Sunah

Dalam kewajiban seorang kaum muslim merupakan harus melaksanakan sholat 5 waktu, diantaranya ialah sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Selain melaksanakan shalat wajib, terdapat beberapa jenis shalat sunnah yang diganjar pada pahalanya sebaganyak dua kali.

Sebenarnya, Anda bisa melakukan sholat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap sholat sunah mempunyai sebuah kelebihan atau manfaat sendiri.

Meskipun terdapat hukum sholat sunah boleh saja dilakukan ataupun tidak dilakukan, akan tetapi lebih baik kita melakukannya ketika akan mendapatkan sebuah ganjaran dan manfaatnya luar biasa. Karena akan tidak beruntung jika shalat sunah diberhentikan.

Contoh-Sholat-Sunah

Hukum Sholat Sunah

Hukum sholat sunnah yakni terdapat 2 macamnya, yakni Sunnah Muakad dan Ghoiru Muakad, berikut ialah penjelasannya:

1. Sholat Sunnah Muakad

Shalat Sunnah Muakad merupakan Niat diperkuat atau dapat diprioritaskan. Yaitu, dalam melaksanakan sebuah shalat Muakkad Sunah berarti sholat Sunnah yang dapat diutamakan dan dapat ditekankan sebagai sholat dilakukan, bahkan jika tidak dikerjakan maka akan baik-baik saja.

Dalam sholat muakad seperti halnya ibarat sholat sunnah untuk Idul Fitri, dan sholat sunnah Idul Adha.

2. Sholat Sunnah Ghoiru Muakad

Sholat Sunah Ghoiru Muakad merupakan sebuah shalat sunnah yang belum berakhir dan hanya shalat sunnah yang biasa. Tetapi dalam adanya sebuah sholat Sunnah Ghairu Muakad dapat mempunyai berbagai manfaat dan kebajikan luar biasa ketika dilakukan.

Sholat Sunnah Ghaoiru Muakkad tidak memaksakan kehendak bagi umat Islam sebagai haknya tidak untuk membebani atau memberatkan mereka. Tetapi jika shalat sunnah dapat dilakukan, itu akan menjadi suatu hal yang lebih baik.

Pembagian Sholat Sunnah

Begitu banyak jenis Sholat Sunnah yang diajarkan kepada Rasulullah SWA. Dalam ajaran agama Islam, sholat sunnah dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sholat Sunnah yang Berhubungan dengan Waktu

Sholat sunnah sehubungan dengan waktu yang telah ditentukan, dalam sebuah sholat sunnah ini hanya dalam sebuah proses pada waktu-waktu tertentu saja, yang pelaksanaannya telah ditetapkan.

Sebagai Contoh:

  • Sholat sunah dhuha Sunnah hanya dikerjakan selama pelaksanaan dalam sholat dhuha, yaitu antara pukul 08:00 hingga 12:00 pagi.
  • Sholat sunah rawatib hanya dilaksanakan sebelum atau setelah sholat fardhu, dan diluar waktu itu tidak boleh dilaksanakan.

2. Sholat Sunah yang Berhubungan dengan Sebab

Sholat sunah yang sehubungan dengan sebab berarti bahwa sholat sunnah ini sedang dalam proses karena sebab-sebab yang telah terjadi.

Sebagai Contoh:

  • Sholat sunah istikharah yang akan dilakukan karena terdapat kesulitan untuk memilih sesuatu. Untuk meminta izin dan melaksanakan sholat istikharah sebagai menerima bimbingan dari Tuhan tentang keputusan yang perlu dibuat.
  • Holat sunah gerhana dilakukan sebab adanya suatu gerhana matahari yang diperlukan sebagai melakukan sholat sunah secara Kusuf. Dan diperluas untuk melaksanakan sholat sunah Khusuf.

3. Sholat Sunah Tanpa Sebab dan Ketepatan Waktu

Dalam sholat sunah ini bisa dilakukan kapan saja, kecuali sewaktu-waktu dilarang sholat. Dan jenis doa Sunah ini disebut sunah sholat “Muthlaq”.

Sholat Sunnah ini dapat dilakukan sesuai kemampuan dengan melakukan 2 rakaat, 4 rakaat, atau 8 rakaat, yang diizinkan sesuai dengan kemampuan yang ia peroleh.

Selama ada waktu dan tubuh dalam keadaan sehat, satu-satunya niat adalah mengerjakan sholat sunah ini untuk bantuan dan persetujuan Allah.

Macam – Macam Sholat Sunah

Terdapat beberapa macam dari sholat yang wajib kita ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sholat Wudhu

Sebelum kita berdoa pasti kita melakukan wudhu terlebih dahulu. Doa Wudhu adalah sholat yang bisa kita bicarakan setelah wudhu sebelum kita sholat (doa yang sebenarnya ingin kita ucapkan, kita ingin berdoa kepada Maghrib).

2. Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat Tahiyatul Masjid adalah suatu sholat sunat dengan memiliki sebuah tujuan yakni untuk memberikan penghormatan bagi masjid sebagai rumah Allah SWT. Sholat ini dapat dilakukan oleh mereka yang berada di masjid kapan saja. Dalam adanya sholat ini baik dilaksanakan sebagaisholat berjamaah.

3. Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah sholat yang diadakan sekitar jam 7 pagi. Pada saat ini, matahari terbit atau naik 7 hasta, sampai terasa panas bagi Dzuhur. Itu harus berlangsung pada kuartal kedua hari atau sekitar jam 9. Dapat dilakukan sendiri maupun dengan berjamaah.

4. Sholat Rawatib

Sholat Rawatib adalah suatu sholat sunnah yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah pada shalat wajib. Total ada 22 rakaat, diantaranya ialah:

  • Sholat Subuh, 2 Raka’at sebelum (Qabliyah) dan tidak ada sholat setelah (Ba’diyah).
  • Doa Dzuhur, 2 Raka’at sebelum (Qabliyah), 2 atau 4 raka’at setelah (Ba’diyah).
  • Sholat Ashar, 2 Raka’at sebelum (Qabliyah), setelah (Ba’diyah).
  • Shalat Maghrib, tidak ada qabliyah, hanya 2 raka’at ba’diyah.
  • Shalat ‘Isya, 2 Raka’at Qabliyah, 2 Raka’at Ba’diyah.

5. Sholat Tahajud

Shalat Tahajud adalah suatu sholat sunat yang dilakukan pada waktu malam hari. Dilaksanakan dalam 2 Raka’at sebagai sambutan. Dilakukan ketika bangun dari tidur dan sholat ‘Isya.

Disajikan pada awal malam, yaitu antara ‘Isha sampai sekitar 22:00 (sepertiga pertama malam), atau pada tengah malam, antara 10 dan 1 jam (sepertiga dari malam kedua), dan yang paling penting ketika di penghujung malam, antara jam 1 pagi sampai sholat subuh (sepertiga larut malam).

6. Sholat Istikharah

Doa Istikharah adalah untuk tujuan memberikan bimbingan dari Allah SWT, terutama dalam keadaan kebingungan atau ragu-ragu dalam memilih salah satu dari banyak pilihan. Dapat dilakukan kapan saja (siang atau malam) dan sendiri. Sangat penting untuk berada di masa seperti doa Tahajud, karena Tuhan ingin kita lebih terlibat pada jam ini.

7. Sholat Hajat

Sholat Hajat mempunyai maksud, sebagai tujuan dan kebutuhan dan benar-benar berharap bahwa apa yang kita inginkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, maka kita dapat mengucapkan sholat untuk bertanya tentang tujuan Allah, sholat Hajat. Dalam sholat ini tidak terbatas pada keinginan kita, tetapi bisa juga untuk hubungan antar manusia.

8. Sholat Taubat

Sholat Taubat telah dirancang untuk meminta Allah SWT mengampuni dosa (atau merasa bersalah) dan kemudian menyadari bahwa apa yang telah ia lakukan adalah salah. Karena itu, ia harus meminta pengampunan kepada Allah SWT dan bermaksud untuk tidak melakukan kesalahan ini lagi. Akan ada setidaknya 2 Raka’at dan tidak lebih dari 4 hingga 6 Raka’at, dengan sambutan setiap 2 Raka’at.

9. Sholat Gerhana

Sholat Gerhana telah dilakukan selama gerhana matahari dan gerhana bulan hingga dua rakaat. Waktu kerja dimulai pada gerhana bulan sampai bulan terbit kembali (tampak utuh) atau sampai matahari kembali.

10. Sholat Tasbih

Sholat Tasbih adalah sholat sunah yang di rekomendasikan Rasullullah SAW, kapan pun memungkinkan, setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali, bahkan sekali seumur hidup. Disebut tasbih, 4 rakaat yakni membaca 300 tasbih.

Sholat Sunnah adalah sholat yang mungkin dilakukan atau tidak dilakukan. Ketika kita melakukannya, tentu saja, kita menerima pahala dan kebaikan, tetapi tidak berdosa jika kita tidak melakukannya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang dapat kami rangkum dengan jelas dan singkat, mengenai Sholat Sunah. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Shalat Idul Fitri

_pur
3 min read

Shalat Sunnah Rawatib

_pur
3 min read

Shalat Idul Adha

_pur
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *