Sholat Sunnah Tasbih di Malam Nisfu Sya’ban

2 min read

Sholat Tasbih Nisfu Sya'ban

Sholat Sunnah Tasbih di Malam Nisfu Sya’ban – Bulan ini merupakan bulan Sya’ban di mana setelah ini kita akan memasuki bulan yang sangat mulia. Bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Muslim di mana pun berada.

Di mana tiap orang akan berkata Marhaban ya Ramadhan. Bulan Sya’ban merupakan bulan untuk berlatih bagi tiap orang agar tidak kaget ketika menghadapi bulan Ramadhan. Kita pemanasan pada bulan ini.

Pada bulan Sya’ban terdapat malam nisfu sya’ban dan pada bulan itu kita juga dapat melaksanakan ibadah puasa sunnah sya’ban. Saat itu kita dapat melakukan sholat sunnah tasbih. Bagaimana pelaksanaan sholat sunnah tasbih di malam nisfu sya’ban? Apakah sama dengan sholat sunnah tasbih biasanya?

Berikut ini akan dijelaskan secara jelas mengenai sholat sunnah tasbih nisfu sya’ban. Simak terus ya.

Nisfu Sya’ban

Pada bulan Sya’ban merupakan bulan di mana segala amal perbuatan tiap manusia diangkat ke hadapan Allah SWT. Oleh karena itu banyak orang yang menantikan bulan Sya’ban. Terutama saat pertengahan pada bulan Sya’ban yaitu jatuh pada tanggal 15 Sya’ban. Pertegahan bulan ini disebut dengan nisfu sya’ban.

Bulan sya’ban merupakan bulan untuk digunakan sebagai latihan bagi tiap Muslim sebelum memulai beribadah di bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Kita dapat melaksanakan puasa sunnah di pertengahan bulan Sya’ban dan juga memperbanyak puasa sunnah pada bulan Sya’ban ini. Tetapi tidak melebihi bulan Ramadhan.

Sholat Sunnah Tasbih Nisfu Sya’ban

Terutama pada bulan Sya’ban, di mana kamu dapat melaksanakan sholat sunnah nisfu sya’ban dan sholat sunnah tasbih.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Sunnah Tasbih Nisfu Sya’ban

Saat malam nisfu sya’ban kita bisa melaksanakan sholat sunnah tasbih setelah melaksanakan sholat sunnah nisfu sya’ban. Hal ini dilakukan agar kita terus dapat mengingat Allah SWT.

Harus digaris bawahi bahwa mengerjakan ibadah sunnah semata hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. semata. Tidak ada maksud dan tujuan lain dalam beribadah. Jangan sampai ibadah yang kita lakukan masuk dalam kategori bid’ah.

Sholat sunnah nisfu sya’ban dilakukan sebanyak enam rakaat. Kemudian dilanjutkan dengan sholat sunnah tasbih.

Melaksanakan sholat sunnah tasbih pada waktu malam hari itu dikerjakan sebanyak empat rakaat dan dilakukan dengan dua salam.

Pelaksanaan sholat sunnah tasbih sama seperti pelaksanaan sholat sunnah tasbih umumnya. Tidak ada yang berbeda. Hanya saja sholat sunnah tasbih nisfu sya’ban dilakukan pada malam hari setelah melaksanakan sholat maghrib sebelum sholat isya.

Niat Sholat Sunnah Tasbih Malam Hari

Berikut ini merupakan niat dari sholat sunnah tasbih yang dikerjakan pada malam hari.

niat-sholat-tasbih-malam
Niat Sholat Tasbih Malam

Bacaan Arab Niat Sholat Sunnah Tasbih Malam Hari

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Sunnah Tasbih Malam Hari

Ushallii sunnatat tashbiihi rak’ataini lillaahi taa’alaa.

Terjemahan Arti Niat Sholat Sunnah Tasbih Malam Hari

“Aku berniat sholat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Kemudian setelah itu berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT. dan terus bertasbih agar terus mengingat Allah SWT.

Dalam sebuah hadits terdapat anjuran untuk melaksanakan sholat sunnah dan berpuasa pada nasfu sya’ban. Adapun haditsnya yaitu:

“Apabila tiba malam nisfu Sya’ban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena sesungguhnya (rahmat) Allah SWT. akan turun di malam tersebut dari terbenam matahari ke langit dunia dan Allah SWT. berfirman: “Adakah ada orang yang beristighfar untuk meminta ampun, maka akan Aku ampunkan, adakah yang meminta rezeki, maka akan Aku berikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi baginya, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar”.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan materi mengenai shalat tasbih nisfu sya’ban yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga kita dapat selalu istiqomah dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. serta artikel ini dapat menambah wawasan kita. Terima kasih.

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Bacaan Sholat Lima Waktu

_pur
3 min read