Sholat Taubat

4 min read

Setiap umat manusia, pasti pernah melakukan sesuatu apa yang dilarang atau ditolak terhadap Allah SWT. Dengan adanya hal ini, akan membuat orang tidak akan terpisahkan dari nama yakni dosa yang melalui perbuatan terlarang yang telah mereka lakukan.

Salah satu cara yang terbaik sebagai menebus perbuatan dosa dan mengikuti sebuah instruksi dari Nabi Muhammad SAW ialah doa untuk perbuatan tobatan Nasuha.

Apakah kalian sering mendengar istilah Solat Taubat? Dalam ajaran islam tentunya dianjurkan untuk melakukan ibadah sholat tersebut. Tentunya terdapat cara-cara dan ketentuan untuk melaksanakan nya.

Dalam pembahasan kali ini, akan merangkum dengan jelas, singkat dan tentunya mudah untuk dipahami. Untuk penjelasan selanjutnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Apa itu Sholat Taubat ?

Sholat taubat Nasuha merupakan sholat sunnah yang akan dilakukan sebagai meminta ampun kepada Allah SWT atas semua dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Sholat untuk penyesalan dapat disebut sebagai sholat istighfar atau sholat untuk meminta ampun. Jika telah melakukan sholat, yang tepat untuk tobatan Nasuha, seorang Muslim seharusnya tidak dapat mengulangi kemaksiatan atau dosa-dosa pada masa lalu.

Melakukan-Sholat-Taubat

Dasar hukum yang telah mendorong orang sebagai melakukan sholat tobatan Nasuha adalah Al-Qur’an dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang berarti, “Wahai orang yang beriman, bertobat lah kepada Allah SWT dengan cara sholat taubatan Nasuha (pertobatan murni). Semoga ya Rabbi akan menutupi segala kesalahan dan menempatkan mu di sungai yang mengalir di bawah sungai. “

Allah begitu sangat menyukai dengan orang Muslim yang benar-benar bertobat dan menjauhkan diri dari dosa dan amoralitas. Sebagaimana dinyatakan dalam surat Al-Baqarah jus 2 ayat 22, ini berarti, “Sesungguhnya, Allah SWT telah menyukai orang-orang yang bertobat, dan orang-orang yang menyucikan diri dari dosa-dosa yang telah ia perbuat.”

Dari ayat-ayat ini, dapat disimpulkan bahwa orang-orang terbaik di hadapan Tuhan bukanlah orang-orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi jika orang tersebut melakukan kesalahan, mereka akan segera menyesalinya.

Karena seorang Muslim mengakui pentingnya pertobatan, ia harus mengetahui prosedur yang tepat untuk berdoa bagi taubatan nasuha, termasuk niat, doa, bacaan, dan waktu.

Niat sholat Taubat

Tujuan dalam membaca niat ialah salah satu rukun dari semua kegiatan dalam beribadah. Dalam hal ini termasuk, jika ingin melakukan sebuah sholat taubatan nasuha.

Tujuan untuk membaca nilat dalam melakukan sholat taubatan ialah yang dilakukan sebelum mengucapkan Takbiratul Ikhram. Bacaan pertobatan dapat dilafalkan didalam hati atau mengucapkan dengan suara rendah.

Berikut merupakan niat sholat taubat nasuha.

Niat-Sholat-Taubat-Nasuha

Ushollu sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’alaa

Artinya:
“Aku berniat untuk melakukan sholat taubatan nasuha dua rakaat karena Allah ta’ala”

Waktu Sholat Taubat

Dalam melakukan sebuah sholat taubatan yakni dapat dilakukan kapan saja, di mana dengan mengerjakan sholat fardhu atau sholat wajib yang sudah ada dalam jadwalnya dengan waktu yang telah ditetapkan.

Menurut para ulama, dalam sholat taubatan ini yang paling baik dapat dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau selama sholat tengah malam atau sholat tahajud yang dilakukan.

Sholat taubat ini telah dilakukan secara pada waktu siang hari atau di malam hari. Namun, ada kalanya larangan untuk melakukan sholat taubatan ini.

Waktu untuk melakukan shalat taubatan Nasuha yakni yang telah dilanggar untuk mengerjakan nya ialah sebagai berikut:

  1. Dari fajar fajar kedua hingga matahari terbit.
  2. Dari sholat Ashar hingga matahari terbenam.
  3. Saat matahari terbenam, matahari terbenam sepenuhnya.
  4. Ketika matahari terbit, matahari terbit sebentar.
  5. Ketika matahari tepat di tengah, itu tampak serba salah.

Tujuan Melakukan Sholat Taubat

Pertobatan dilakukan sebagai bertobat dari suatu kesalahan atau dosa yang pernah dilakukan. Setiap orang pasti akan melakukan sebuah dosa, baik dosa disengaja maupun tidak disengaja.

Sholat taubat merupakan sebuah bukti dalam pertobatan atas segala dosa-dosa yang pernah dilakukan, dan telah menyesali semua perbuatan yang telah dilakukannya.

Taubat yang terbaik ialah melakukan sebuah sholat taubatan Nasuha. Taubatan Nasuha merupakan sebuah pertobatan yang dilakukan dengan serius dan murni serta tidak akan mengulangi dosa yang telah diperbuat pada masa lalunya.

Tujuannya adalah sebagai meminta ampun terhadap hadapan Allah SWT atas semua kesalahan yang telah dilakukan atau yang telah diperbuat. Merupakan hal yang terpenting bahwa orang yang melakukan sebuah ibadah yakni melaksanakan sholat taubatan.

Tata Cara Sholat Taubat

Untuk menjalankan suatu sholat taubat, tentunya mempunyai sebuah tata cara tidak berbeda secara signifikan dengan melakukan sholat fardhu atau sholat ajib. Hanya niat, waktu dan bacaannya begitu sangat berbeda. Tata cara dalam melakukan sholat taubat hampir sama dengan shalat sunnah yang lainnya.

Sholat taubatan ini dilakukan hingga dua rakaan dan hanya satu kali salam. Namun, dalam sholat ini, dapat dilakukan dalam dua, empat, dan enam rakaat.

Sebelum melakukan sholat taubatan Nasuha, terdapat syarat yang harus dilakukan dengan cara mutlak yakni sama dengan shalat wajib. Syarat ini yakni diantaranya ialah untuk pembersihan dari suatu hadast kecil dan besar, sebagai menutup aurat, dan cara pelaksanaan nya ditempat yang begitu sangat suci.

Berikut merupakan tata cara untuk melakukan sholat taubatan nasuha, diantaranya ialah sebagai berikut:

Rakaat Pertama

  • Dapat mengucapkan niat (Niat dapat diucapkan yakni ddalam hati).
  • Melakukan takbiratul Ihram
  • Dapat membaca bacaan Iftitah (Sunnah)
  • Dapat membaca surat Al-Fatihah
  • Dapat membaca surat-surat pendek dari Al-qur’an
  • Melalukan rukuk
  • Melaksanakan proses i’tidal
  • Melakukan sujud
  • Dapat melaksanakan duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangun untuk melanjutkan sebuah rakaat kedua

Rakaat kedua

  • Dapat membaca surat Al-Fatihah
  • Dapat membaca surat-surat pendek dari Al-qur’an
  • Melalukan rukuk
  • Melaksanakan proses i’tidal
  • Melakukan sujud
  • Dapat melaksanakan duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Membaca bacaan tasyahud akhir
  • Mengucapkan salam

Hal yang sama berlaku untuk membaca dan langkah-langkah untuk shalat sunnah seperti halnya untuk shalat wajib atau pada bacaan sholat fardhu.

Surat Yang Boleh Dibaca

Pada rakaat pertama, diharuskan untuk membaca Surah Al-Fatihah dan ikuti dengan Surah Al-Ikhlas atau surat lain yang diinginkan:

Surat-Al-Ikhlas

Penjelasan:

Katalah (Wahai Muhammad): “(Tuhanku) adalah Allah SWT, Allah adalah menjadi tupan semua makhluk untuk mencapai suatu tujuan, Ia tidak memiliki anak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada yang seperti Dia.”

Pada rakaat kedua, baca Surah Al-Fatihah dan ikuti Surah An-Nas atau surat lain yang diinginkan:

Surat-An-Nas

Penjelasan:

Katakanlah (Wahai Muhammad): “Aku mencari perlindungan di (Allah), sembuhkan semua manusia, yang memerintah semua manusia, Tuhan punya hak untuk disembah oleh semua manusia, dibisikkan oleh penghasut Kejahatan yang timbul tenggelam, yang bersiul dan membisikkan hasutan di hati orang-orang (yaitu bisikan dan penghasut) jin dan orang-orang”.

Keutamaan Sholat Taubat Nasuha

Keutamaan dalam sholat Nasuha telah jelas digambarkan dalam surat Al-Baqarah, ayat 271. Ini berarti, “Jika kamu akan menunjukkan sedekahmu, maka itu sangat baik, dan jika menyembunyikannya dan memberikannya kepada yang membutuhkan, dan dengan cara bersembunyi , itu lebih baik bagimu, dan Tuhan akan menghilangkan sebagian kesalahanmu darimu, dan Tuhan tahu apa yang sedang kamu lakukan. “

Selain apa yang muncul dalam ayat tersebut, makna doa pertobatan Nasuha dapat disebutkan dalam Hadits Nabi, yang diceritakan dalam Imam Tirmidzi sebagai berikut:

Rasulullah SAW pernah berkata, “Terdapat tiga hal yang aku berani bersumpah, yang tidak akan berkurang dengan hartanya jika melakukan sedekah, dan bukan Allah SWT yang ditambahkan ke hamba karena dia telah mengampuni, tetapi melalui kemuliaan, mengangkat dan bangkit (tingkat kemuliaan-Nya). “

Dalam sebuah sholat sunnah yang akan dilakukan sebagai meminta ampun kepada Allah SWT atas semua dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang dapat kami jelaskan dengan singkat dan tentunya mudah untuk dipahami yakni mengenai Sholat Taubat. Semoga ulasan kali ini dapat berguna dan dapat bermanfaat bagi Anda semua.