Sholawat Badar

2 min read

Sholawat Badar

Berikut ini merupakan materi tentang Sholawat Badar, Mulai dari Pengertian Sholawat Badar, Sejarah Sholawat Badar sampai Lirik Sholawat Badar dengan Lengkap.

Sholawat Nabi adalah salah satu amal yang harus dilakukan oleh setiap Muslim diberbagai belahan dunia. Sebagai bentuk ibadah kepada Allah, sebagai bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw.

Keutamaan sholawat nabi sangat luar biasa. Dalam artikel ini kami ingin menyajikan contoh-contoh bacaan sholawat Nabi untuk diamalkan sehari-hari.

Sholawat Badar atau Sholawat Badriyah ini merupakan salah satu sholawat kenabian di mana ia terdiri dari kata-kata indah yang membuat kita terus mencintai Rasulullah Saw.

Selain berisi kata-kata sholawat atas Nabi saw, lirik dari sholawat badar ini juga termasuk doa yang ditujukan kepada Allah SWT. Doa-doa ini menggunakan Tawassul karena memungkinkan Anda untuk berdoa dengan Tawasul (bertasawul).

Melalui sholawat ini kita sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT, mencintai Rsulullah dan pada saat yang sama mengagumi syair-syair Islam.

Pengertian Sholawat

Sholawat dalam bahasa adalah bentuk jamak dari Sholla dan berarti doa. Secara istilah, Sholawat adalah doa dan pujian bagi Nabi.

Ada tiga jenis sholawat. Pertama, sholawat dari Allah. Kedua, Sholawat dari malaikat. Ketiga, Sholawat dari manusia atau umatnya.

Menurut Ibnu Katsir, Sholwat dari Allah ialah memberi rahmat dan kehormatan. Jika berasal dari malaikat, itu berarti memohon pengampunan. Dan jika itu adalah sholawat dari umatnya maka dia diberkahi dengan rahmat dan kemuliaan.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa Sholawat dari Allah berarti lebih banyak kemuliaan. Ada juga ulama yang menjelaskan bahwa Allah Swt bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw berarti Allah memuji dia di hadapan para malaikat-Nya.

Sejarah Sholawat

Kebanyakan warga negara Indonesia mengetahui sholawat yang satu ini yaitu Sholawat Badar. Syair ini dimulai dengan kata Sholatullah salamullah alaa thaha rasulillah. Shalatullah salamullah alaa yasin habibillah. Sholawat ini terdiri dari 24 bait dengan dua baris di setiap baitnya.

Sholawat ini disusun oleh KH M Ali Manshur pada tahun 1960-an. Kiai Ali Manshur mempunyai silsilah berdarah dari seorang ulama besar. Dari keturunan ayah terhubung ke Kyai Shiddiq Jember, dari ibu ke Kiai Basyar, seorang imam dari Tuban.

Sholawat ini dengan nama Badar, telah menjadi syair wajib bagi penduduk NU. Sholawat ini dilantunkan di hampir setiap kegiatan NU. Bahkan telah merambah ke genre musik pop, yang telah dipopulerkan oleh beberapa grup band dan juga penyanyi religius. Shalawat Badar dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi terkenal juga di berbagai belahan negara-negara Islam di dunia.

Kiai Ali terkenal karena kehausannya akan pengetahuan. Dia belajar dari satu pesantrum ke pesantrum lainnya. Mulai dari pesantras di Termas Pacitan, Pesantren Lasem, Pesantren Lirboyo Kediri hingga Pesantren Tebuireng di Jombang.

Kemudian kiai Syakir mengatakan bahwa Kiai Ali belajar di Kota Tuban sejak kecil. Setelah itu Kyai Ali ingin belajar di Termas, tetapi hanya memiliki modal sepeda ontel dan nasi jagung. Akhirnya, ia mengendarai sepeda dari Tuban ke Tremas dan berbekal nasi jagung. Selama berada di Pesantras, Kiai Ali menjadi ojek dan hasilnya adalah untuk membeli buku.

Setelah Nyantri, Kiai Ali kembali ke kota Tuban dan aktif berorganisasi dalam Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII). Ia juga bekerja sebagai karyawan di Kementerian Agama. Lebih tepatnya, ia menjadi kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan sampai ia dipromosikan menjadi kepala Departemen Agama (Kemenag) di tingkat kabupaten.

Pada tahun 1955, Kiai Ali terpilih sebagai anggota majelis konstituante yang mewakili partai NU cabang Bali. Pada tahun 1962 ia memutuskan untuk pindah ke Banyuwangi dan diangkat sebagai ketua departemen NU di Banyuwangi. Selama banyuwangi ini, Kiai Ali menghasilkan karya fenomenal, yaitu Shalawat Badar.

Lirik Sholawat Badar

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas mengenai Sholawat Badar. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Bacaan Sayyidul Istighfar

_pur
2 min read

Shalawat Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *