Sholawat Nariyah

3 min read

Sholawat Nariyah

Bukti cinta umat Islam kepada nabinya adalah dengan bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW setiap saat dan setiap waktu terlebih dibulan rabiul awal tepatnya pada tanggal 12. Ini menjadi momentum umat untuk selalu mengenang dan mengenal kanjeng nabi Muhammad SAW bagi kita dan bagi anak cucu kita selaku generasi penerus umat.

Wahai umat Islam senantiasalah kita selalu bersholawat kepada nabi sebab Alloh SWT pun memerintahkan hamba-Nya untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW supaya kita mendapat rahmat , berkah dan syafaat nya di dunia lebih-lebih di akherat …amin.

Untuk jenis sholawat yang diajarkan Alloh SWT dan Rasulnya hanya beberapa tapi yang diajarkan sahabat , tabiin, tabii,ut sampai generasi alim ulama , banyaklah jenisnya tinggalah kita memilih mana yang lebih sukai atau dibutuhkan umat .

Sedang perintah Alloh kepada Hamba untuk senang dan selalu membiasakan selalu melazimkan sholawat ada pada Qur’ an surat Al-Ahzab ayat 56 :

Sholawat Nariyah

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.”

Semua sholawat sungguhlah banyak faedah dan keutamaan bagi orang yang melazimkan sebab itu merupakan doa dan puji pujian yang efeknya juga menjadi kebaikan bagi diri dan lingkungan sekitar, baik itu keluarga ataupun masyarakat.

Dan diantara sholawat yang masyhur dikalangan umat islam adalah sholawat nariyah karena begitu banyak manfaat dan keutamaannya walau ada beberapa kalangan yang menolak sebab katanya bid’ah , syirik dan khurafat .

Tapi itu semua tidak mengurangi keutamaan sholawat sebab sholawat adalah bukti cinta umat kepada Rasul-Nya yang bila mana kita mencinta nabi-Nya tentu akan mendapat cinta Alloh SWT sehingga Alloh SWT ridho kepada hamba-hamba-NYa.

Hal inilah yang menjadi asbab menurunkan rahmat dan barokah-Nya kepada hamba-Nya. Sebagaimana kalimat dan arti sholawat nariyah bisa nampak jelas isinya tentang cinta dan doa yang mendalam kepada Rasul-Nya Muhammad saw seperti ini contoh bacaan sholawat nariyah dan artinya :

Bacaan Shalawat Nariyah dan Artinya

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin

Artinya:

Yaa Allah Tuhan kami, limphkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, dan ditunaikan segala macam hajad, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan kembusan napas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam.

Keutamaan Sholawat Nariyah

Sholawat nariyah sebenarnya nama lain dari sholawat tafrijiah ,tetapi ulama magribi lebih menyebut dengan sholawat nariyah, mungkin pengarang sholawat nariyah adalah seorang yang hidup sezaman Nabi Muhammad SAW beliau seorang yang menekuni ketahuidan yang bernama Syekh Nariyah.

Sehingga ada yang menyebutnya sholawat nariyah dan Syekh nariyah adalah seorang sahabat yang sangat mencintai Nabi Muhammad SAW . saking cintanya beliau kepada Nabi Muhammad SAW sehingga Alloh SWT mengilhamkan sholawat kepada syekh nariyah.

Manfaat Sholawat Nariyah: Sebagai salah satu sholawat yang banyak diamalkan oleh umat Islam di dunia ini membuktikan betapa sholawat nariyah begitu banyak kegunaan dan manfaat dalam kebaikan diantaranya adalah:

a. Pelancar Rezeki

Sholawat tafrijiah atau dikenal sholawat nariyah di kenal sebagai sholawat pelepas kesukaran dan kesulitan hidup manusia didunia dan sebagai amalan kita sebagai bukti kita cinta kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW. Amalannya adalah membacanya setiap sholat fardu, dengan tiada bosan dan jemu untuk melazimkan, dan tentunya kita berkeyakinan tetap Alloh SWT jua yang mengabulkan dan menghilangkan kesukaran kita asbab doa kita yang berwasilah kepada kecintaan kita pada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

b. Dimudahkan Urusan

Disebutakan dalam hadis barang siapa yang mengamalkan sholawat nariyah sebanyak 31 kali setelah sholat subuh, maka Alloh permudah urusannya sebagai mana sabda Rasulullah SAW dalm hadisnya

قال رسول الله صلعم ” من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”

c. Dikabulkan hajatnya

Barang siapa yang bersama-sama membaca sholawat nariyah sebanyak 300 dalam majelis besar dengan hanya mengaharap ridho Alloh SWT lilla wa rosulillah sangat diyakini akan menjadikan doa dan hajat terkabul.

Dalam kitab Khozinatul Asror , disebutkan bahwa bahwa sholawat nariyah adalah sholawat yang mustajab untuk semua hajat dan kebutuhan apalagi bisa diamalkan sebanyak 4444 kali, dan dalam hadis lain disebutakan keutaman sholawat sholawat kita dalam kita berdoa,

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sholawat Nariyah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read