Sholawat Nabi Muhammad SAW

4 min read

macam macam bacaan sholawat

Kumpulan Sholawat Nabi Muhammad SAW – Pada kesempatan kali ini berdoa.co.id akan membahas tentang pengertian sholawat serta kenapa kita harus bersholawat kepada Nabi Muhamaad SAW dan macam macam bacaan sholawat dalam bahasa arab dan artinya.

Dalil – Dalil Tentang Sholawat Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

Alloh SWT berfirman didalam Kitab Al Qur’anul Karim ;

اِنَّ اللهَ وَمَلَآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِى يَآاَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Alloh dan malaikat – malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi, Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya”. [QS. Al Ahzab : 56]

Rosululloh saw bersabda :

ًاِنَّ اَوْلَى النَّاسِ بِى اَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاة

“Sesungguhnya orang yang paling utama terhadapku adalah orang yang paling banyak membacakan sholawat atasku” [HR Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Hibban].

َّاِنَّ الدُّعَاءَ مَوْقُفُ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْاَرْضِ لَا يَصْعَدُ مِنْهُ شَيْئٍ حَتَّى تُصَلِّىَّ نَبِيِك

“Sesungguhnya do’a itu berhenti diantara langit dan bumi tidak diangkat sehingga engkau membacakan sholawat kepada Nabimu”. [HR. Tirmidzi]

Hukum Membaca Sholawat Kepada Nabi Muhammad saw.

Pada prinsipnya bersholawat kepada Nabi Muhammad saw adalah fardlu. Tidak khusus suatu waktu saja, hal ini karena adanya perintah Alloh SWT mengenai bersholawat. Sedangkan para Imam, Ulamapun menetapkan dalilnya, menyepakati “Hukumnya sunnah sampai wajib” bersholawat kepada Nabi Muhammad saw.

Dari Sayidina ‘Ali bin Abi Tholib ra, Nabi Muhammad saw bersabda : “Orang yang paling pelit [bakhil] sekali yaitu yang apabila namaku disebut pada sisinya, ia tidak mau mengucapkan sholawat kepadaku”. [HR. Nasai dan Tirmidzi].

Baca Juga : Asmaun Nabi

Pengertian Sholawat

Bersholawat artinya ; Kalau dari Alloh untuk hamba-Nya yaitu para Nabi dan Rosul adalah berarti memberikan Rohmat-Nya. kalau dari Malaikat-malaikat-Nya adalah berarti memintakan ampunan. Dan dari orang-orang yang beriman adalah berarti berdo’a supaya diberi Rohmat seperti dengan ucapan ; Allohumma sholli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammad.

Mengapa mesti bersholawat?

1. Karena membaca sholawat adalah sebagai tanda bukti cintanya kepada Alloh SWT dan Rosululloh saw. dan tanda bukti cintanya kepada semua sahabatnya Rosululloh saw, semua keluarganya dan keturunannya.

2. Dengan membaca sholawat akan memperoleh rohmat, kebaikan, derajat dari Alloh SWT dan memperoleh kedekatan kepada Sayidina Muhammad saw serta menghapus keburukan dan kesalahan.

3. Dengan membaca sholawat, maka akan memperoleh kejernihan hati dan kejernihan otak, kelapangan dada. lapang dan murah rezkinya, terkabul do’anya.

4. Dengan membaca sholawat maka akan dapat menjauhkan dari kerugian dan penyesalan serta digolongkan kepada orang-orang yang sholeh. Meningkat Iman, Islam, Ihsan, Amal sholeh dan Akhlakul karimahnya.

Kesimpulannya : Sholawat = Do’a, dan bersholawat berarti = Berdo’a

Macam Macam Bacaan Sholawat

Dibawah ini kumpulan macam macam bacaan sholawat yang telah kami kategorikan berdasarkan kebutuhan.

Sholawat untuk luas rezki dan akhlak yang baik

َاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُوَسِّعُ بِهَا عَلَيْنَا الْاَرْزَاقَ وَتُحَسِّنُ بِهَا لَنَا الْاَخْلَاق وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad saw yang dengan kesejahteraannya dapat melapangkan rezki kami dan menjadikan baiknya akhlak kami, dan curahkanlah pula kesejahteraan atas keluarganya, dan sahabat-sahabatnya serta berikanlah keselamatan”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ بِعَدَادِ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ يَابَاسِطَ الَّذِى يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ، اُبْسُطْ عَلَيْنَا رِزْقًا وَاسِعًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ جَمِيْعِ غَيْبِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِمَخْضِ فَضْلِكَ وَكَرَمِكَ يَارَحْمَنُ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan barokah atas junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya sebanyak bilangan rezki dan pintu-pintu [rezki]. wahai Dzat yang menganugerahkan rezki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa hitungan, anugerahkanlah rezki yang luas bagi kami dari setiap arah perbendaharaan-Mu yang ghoib dengan tiada makhluk lain yang mengundat-undat [karena dengki], hanya karena anugerah-Mu dan kedermawanan-Mu wahai Dzat yang Maha Pemurah” .

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِالْاَنْوَارِ وَسِرِّالْاسْرَارِ وَتِرْيَاقِ الْاَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابُ الْيَسَارِِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدِنِ الْمُخْتَارِ وَاَلِهِ الْاَطْهَارِ وَاَصْحَابِهِ الْاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفْضَالِهِ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan atas cahaya segala cahaya, rahasia sekalian rahasia, obat segala obat dan pembuka segala pintu-pintu kemudahan, Junjungan dan Tuan kami Nabi Muhammad saw yang terpilih dan segenap keluarganya yang suci-suci, serta sahabat-sahabatnya yang terbaik, sejumlah bilangan nikmat Alloh dan keutamaan-Nya”.

Baca Juga Tentang : Asmaul Husna

Sholawat untuk kesehatan jasmani dan rohani dan dijauhkan dari penyakit dan wabah

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدوَائِهَا، وَصِحَّةِ الْاَبْدَانِ وَعَافِيَتِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَقُوْتِ الْاَجْسَادِ وَالْاَرْوَاحِ وَغِدَائِهَا، وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad saw yang merupakan obat hati dan penyembuh, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, penjamin kekuatan jasmani dan rohani akan kebutuhan makanan. dan limpahkanlah pula kesejahteraan itu atas keluarga serta sahabat-sahabatnya dan berilah keselamatan”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا الطَّعْنَ وَالطَّاعُوْنَ، يَا اَمْرُهُ اِذَا اَرَادَ شَيْئًا اَنْ يَقُوْلُ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنَ

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya, yang dengan rohmat itu Engkau menolakkan bagi kami dari tusukan jin dan penyakit tho’un, Wahai Dzat yang memegang semua urusan, jika Ia menghendaki sesuatu dengan berkata kepadanya ‘jadilah, maka jadilah ia”.

Sholawat untuk ketabahan jiwa dan raga

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد النُّوْرِ الذَّاتِى وَالسِّرِّ السَّارِى فِى سَائِرِ الْاَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad saw Nur segala dzat dan rahasia yang mengalir pada sekalian nama dan sifat, dan limpahkanlah pula kesejahteraan atas keluarganya dan sahabat-sahabatnya dan berikanlah kesalamatan”.

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَبِيْبِ الْمَحْبُوْبِ، شَافِى الْعِلَلِ وَمُفَرِّجَ الْكُرَب

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad saw yang cinta dan dicintai [Alloh], yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesusahan”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْ وَاَنْعِمْ وَتَفَضَّلْ وَبَارِكْ بِجَلَالِكَ وَكَمَالِكَ عَلَى زَيْنِ عِبَادِك وَاَشْرَفِ عِبَادِكَ سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَاِمَامِ طَيِّبَةَ الْحَرَامِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدِِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ وَرَضِىَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ اَجْمَعِيْنَ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejateraan, keselamatan, dan tambahkanlah kenikmatan, keutamaan, keberkahan, dengan ke Agungan-Mu dan kesempurnaan-Mu atas cahaya hamba-Mu dan semulia-mulia hamba-Mu, Penghulu tanah Arab dan tanah ‘Ajam, pemimpin Thoibah dan Al harom, penghulu dan pemimpin kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarganya, sahabatnya. Dan berilah keselamatan dan keridloan Alloh yang Maha Suci dan Maha Luhur atas sekalian sahabat Rosululloh saw”.

Sholawat supaya dilapangkan dan dimudahkan kehidupannya

اَللَّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمِّدنِ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَمُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَّكَ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw, yang dengan berkahnya dapat terlepaslah segala ikatan, dan dengan berkahnya dapat terlepaslah segala kesusahan, dan dengan berkahnya dapat memperoleh segala hajat, dan dengan berkahnya mendapat segala kesenangan dan husnul khotimah serta dicurahkannya air hujan [rahmat] sebab berkah pribadinya yang mulia. [sholawat nariyyah].

اَلصَّلاَةُ وَالسَّّلَامُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدِى يَا رَسُوْلَ اللهِ خُذْ بِيَدِى قَلَّتْ حِيْلَتِى اَدْرِكْنِى

“Sholawat dan salam semoga tetap terlimpah atasmu wahai Junjunganku, peganglah erat tanganku, habislah daya upayaku, semoga engkau segera berkenan menolongku”.

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِي اَدْرِكْنِيْ يَا رَسُوْلَ الله

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad saw , sungguh sudah sangat sempit daya upayaku, temukanlah olehku [jalan keluarnya] ya Rosululloh”

اَللَّهُمََّ يَا دَئِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّةِ، يَا بَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ، يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِيَّة صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْوَرَى سَجِيَّةِ، وَاغْفِرْلَنَا يَا ذَاالْعُلَا فِى هَذِهِ الْعَشِيَّةِ

“Ya Alloh, Wahai Dzat yang abadi anugerah-Nya kepada manusia, wahai Dzat yang membuka lebar tangan-Nya dengan pemberian, wahai Dzat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur, limpahkanlah rohmat kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw, yaitu sebaik-baik manusia yang baik perangainya. Ampunilah dosa kami, wahai Dzat yang mempunyai ketinggian didalam kegelapan malam ini”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ صَلَاةً اَهْلُ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضِيْنَ عَلَيْهِ وَاَجْر يَا مَوْلَانَا لُطْفَكَ الْخَفِيَّ فِى اَمْرِيْ وَاَرِنِى سِرَّ جَمِيْلِ صُنْعِكَ فِيْمَا آمَلُهُ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya, sebanyak limpahan rohmat yang Engkau berikan kepada ahli langit dan ahli bumi. Rasakanlah kepadaku wahai Dzat yang menguasai diriku akan kelembutan-Mu yang samar didalam urusanku, dan perlihatkanlah rahasia keindahan ciptaan-Mu dalam segala barang yang aku mengangan-angankannya dari-Mu. Wahai Dzat yang menguasai seluruh alam”.

Sholawat untuk kesempurnaan dan kesuksesan

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِى اِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ ِالْعَظِيْم

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat dan salam kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw, membuka apa yang tertutup dan yang menutupi segala yang dahulu, penolong yang hak dengan yang hak dan yang menunjukkan kejalan yang benar. Dan kepada keluarganya, sahabatnya hingga pangkat dan kekuasaannya yang besar”. {Sholawat Al Fatih]

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ كَمَا لَا نِهَايَةَ لِكَمَالِكَ عَدَدَ كَمَالِه

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan, keselamatan dan barokah atas junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya , sebagaimana tiada batasnya kesempurnaan bagi-Mu, sebanyak bilangan kesempurnaannya Rosululloh saw”.

َاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهِ صَلَاةً اَهْلِ الْاَرْضِيْنَ وَاَجْرِيَ يَارَبِّ لُطْفَك الْخَفِيَّ فِى اَمْرِيْ وَالْمُسْلِمِيْنَ

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad saw dan atas keluarganya, dengan kasih sayangnya seluruh ahli bumi, dan lakukanlah ya Robb akan kehalusan-Mu yang samar dalam urusanku dan urusan semua umat Islam”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً يُبَارَكُ لِى بِهَا فِى مَالِى وَيَسْتَقِيْمُ بِهَا حَالِى وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Alloh limpahkan rohmat dan salam atas Junjungan kami Nabi Muhammad saw dengan limpahan rohmat yang dapat memberikan keberkahan pada hartaku dan teguh pendirian dengan keadaanku. Dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan sahabatnya serta berilah keselamatan”.

Sholawat agar wafat dengan Husnul khotimah

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا عِلْمِ اللهِ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan kepada Sayidina Muhammad saw sebanyak bilangan barang yang ada didalam pegetahuan [Ilmu] Alloh, dengan limpahan kesejahteraan yang abadi selama-lamanya dalam kerajaan Alloh”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ بِعَدَدِ مَا جَرَى بِهِ الْقَلَمُ

“Ya Alloh limpahkan rohmat dan salam atas Junjungan kami Nabi Muhammad saw dan atas keluarganya dan sahabatnya dengan bilangan segala apa yang ditulis oleh qolam Tuhan [Alloh]”.

Sholawat untuk berjumpa dengan Nabi Muhammad saw

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَد كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَك

“Ya Alloh limpahkanlah Rohmat dan salam kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw, didalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas dengan sejumlah bilangan setiap yang diketahui oleh-Mu”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ الْاُمِّيِّ الْحَبِيْبِ الْعَالِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Alloh limpahkan kesejahteraan kepada Sayidina Muhammad saw Nabiyyil ummiy, yang menjadi kekasih Alloh yang tinggi pangkatnya dan yang agung kemuliaannya dan kepada keluarganya dan sahabatnya dan berilah keselamtan”.

Sholawat agar mudah menghafal Al Qur’an dan mengamalkannya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ، صَلَاةً اَنَالُ بِسِّرِهَا حِفْظَ الْقُرْآنِ وَالْعَمَلِ بِهِ، وَارْزُقْنِي مِنْهُ عِلْمًا مُنِيْرًا وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

“Ya Alloh limpahkanlah kesejahteraan kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw , kepada keluarganya dan kepada sahabatnya, dengan limpahan rohmat yang aku dapat memperoleh rahasianya untuk menghafal Al Qur’an dan mengamalkannya. Dan berilah aku rezki dari Al Qur’an itu berupa ilmu yang bercahaya serta limpahkanlah keselamatan sebanyak-banyak keselamatan”.

Sholawat pengampunan dosa

َاَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ بِكَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَائِرِ الْاَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْن وَعَلَى آلِهِمْ وَصَحْبِهِمْ اَجْمَعِيْنَ وَاَنْ تَغْفِرْلِى مَامَضَى وَتَحْفَظَنِى فِيْمَا بَقَى

“Ya Alloh, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan-Mu, agar Engkau limpahkan rohmat kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada sekalian para Nabi dan para Rosul, serta kepada keluarga mereka dan sahabat-sahabat mereka semuanya. Dan agar Engkau memberikan ampunan kepadaku atas kesalahanku yang telah lalu, serta peliharalah aku didalam barang yang masih tertinggal”.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكََ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ الْاُمِّي

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw; hamba-mu, pembawa berita dari-Mu dan utusan-Mu, Nabi al Ummy”.

Sholawat memohon terkabul hajat

ِاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ مَاانْفَلَقَتِ الْاَنْوَارِاِلَّا بِذَاتِه

“Ya Alloh limpahkanlah rohmat kepada Junjungan dan Pemimpin kami Nabi Muhammad saw, yang tidaklah dapat terang cahaya-cahaya selain dengan dzatnya [dirinya Muhammad]”.

Wallohu a’lam.

Bacaan Sayyidul Istighfar

_pur
2 min read

Shalawat Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Sholawat Badar

Doa ibu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *