Syarat Wajib Melaksanakan Sholat Jumat Lengkap dengan Dalilnya

1 min read

Syarat Wajib Sholat Jumat

Syarat Wajib Melaksanakan Sholat Jumat Lengkap dengan Dalilnya – Sholat Jumat merupakan salah satu sholat yang diwajibkan untuk dikerjakan. Sesuai dengan namanya, sholat Jumat ini dilaksanakan di tiap hari Jumat.

Melaksanakan sholat Jumat sesuai perintah Allah SWT. Bukan perkara yang sulit untuk melaksanakan sholat Jumat. Kenapa? Karena sholat Jumat dilaksanakan hanya satu kali dalam seminggu.

Apakah semua umat Islam harus melaksanakan sholat Jumat? Tentu tidak. Karena sholat Jumat diharuskan tidak untuk seluruh umat Islam. Inilah yang membedakan dengan sholat wajib lima waktu.

Tahukah kamu siapa yang wajib melaksanakan sholat Jumat?? Apakah terdapat syarat yang wajib dipenuhi bagi seseorang yang melaksanakan sholat Jumat?

Berikut ini akan dijabarkan mengenai syarat wajib bagi seseorang yang akan melaksanakan sholat Jumat lengkap dengan dalilnya. Simak terus ya.

Sholat Jumat

Pelaksanaan sholat Jumat merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam. Tetapi perlu diingat tidak semua orang wajib melaksanakannya.

Sholat Jumat wajib dilaksanakan bagi sebagian umat Islam yang memenuhi syarat wajib dari sholat Jumat itu sendiri.

Adapun syarat wajib menunaikan sholat Jumat yaitu sebagai berikut:
a. Sudah dewasa atau baligh
b. Berakal
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Laki – laki
e. Orang yang merdeka
f. Orang yang bertempat tinggal
g. Orang yang tidak ada uzur atau halangan apapun

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan penjelasan lebih lengkapnya ya.

Yang pertama yaitu seorang muslim yang sudah dewasa atau baligh.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رَوَاحُ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ

Artinya: “Berangkat sholat Jumat adalah kewajiban bagi setiap orang yang akil baligh.” (HR. An Nasa’i)

Kedua, berakal atau tidak dalam keadaan sakit jiwa atau gila atau mabuk. Masih dapat membedakan mana yang salah dan benar.

Ketiga, sehat jasmani dan rohani, sedangkan orang yang sedang dalam kondisi sakit tidak diwajibkan melaksanakan sholat Jumat. Bagi orang yang sedang dalam kondisi wajib tetap melaksanakan sholat dzuhur. Karena bagaimanapun juga sholat wajib tetap wajib dikerjakan dengan keringanan bagi yang sakit.

Keempat, laki – laki wajib melaksanakan sholat Jumat, sedangkan bagi wanita tidak diwajibkan. Tetapi seorang wanita dapat pula mengikuti sholat Jumat.

Bagi seorang wanita yang mengerjakan sholat Jumat tidak di larang dan tidak pula diwajibkan. Jika seorang wanita mengerjakan sholat Jumat, maka kewajiban dalam melaksanakan sholat dzuhur telah gugur.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Artinya: “Sholat Jumat itu kewajiban bagi setiap Muslim dengan berjamaah, kecuali empat (golongan), yaitu: hamba sahaya, wanita, anak – anak, dan orang yang sakit.” (HR. Abu Daud)

Kelima yaitu orang yang merdeka dan bukan seorang hamba sahaya atau budak.

Selanjutnya yang keenam yaitu orang yang bertempat tinggal atau bermukim dan bukan musafir. Musafir adalah orang yang sedang melaksanakan perjalanan jauh atau bepergian.

Dan yang terakhir yaitu orang yang tidak ada uzur atau halangan apapun.

Dengan begitu, bagi seseorang yang memenuhi syarat wajib tersebut diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat ya. Jangan hanya karena rasa malas dan meremehkan menyebabkan kamu lalai dan tidak melaksanakan sholat Jumat ya. Karena hukum melaksanakan sholat Jumat sudah jelas.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai syarat bagi seseorang yang wajib melaksanakan sholat Jumat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat dipahami ya. Terima kasih.