Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya

2 min read

Hari Kiamat dan Tandanya

Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya – Bagaimana perasaan kamu ketika mendengar hari kiamat? Apakah kamu sudah siap jika hari kiamat datang dengan tiba – tiba?

Setiap manusia mungkin akan menjawab dengan tidak siap. LAntas bagaimana manusia harus bersiap?

Hari kiamat merupakan hari yang pasti akan tiba. Tinggal bagaimana kita siap menghadapinya. Bencana yang terjadi di bumi sudah semakin merajalela. Penyakit yang begitu cepat tersebar seperti Covid 19. Semua terjadi atas kehendak Allah SWT. Tidak ada satu manusia pun yang dapat menolaknya.

Ini merupakan salah satu tanda bahwa bumi semakin tua dan tanda – tanda hari kiamat mulai muncul.

Lantas apa hari kiamat itu? Bagaimana dengan tanda – tanda terjadinya hari kiamat? dan hari kiamat terbagi menjadi berapa jenis?

Berikut ini akan dibahas secara jelas dan lengkap mengenai hari kiamat dan tanda – tanda terjadinya hari kiamat.

Hari Kiamat

Hari Kiamat merupakan hari di mana semua makhluk hidup diambil jiwanya, bumi hancur berkeping – keping beserta segala isi yang ada di bumi, diguncangkannya dengan sangat kuatnya, dan beban – beban berat yang ada di bumi dikelurakan dan dihambur – hamburkan.

Adapun mengenai hari kiamat terdapat dalam Al Quran surat An Naml ayat ke 87, Allah SWT. berfirman bahwa:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۚ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَاخِرِينَ

Artinya: “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap -Nya dengan merendahkan diri.” (QS An Naml ayat 87)

Macam – macam Kiamat

Kiamat dibagi menjadi dua macam yaitu:

a. Kiamat Sugra
b. Kiamat Kubra

A. Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil

Kiamat Sugra merupakan kiamat kecil yang kerusakannya hanya sebagian dari makhluk hidup atau pun lingkungan.

Contoh dari kiamat sugra yaitu gunung meletus, gempa, tsunami, dan lain sebagainya.

gunung-meletus
Gunung Meletus

Tanda – tanda terjadinya kiamat sugra yaitu sebagai berikut:

a). Terjadi banyak bencana alam di muka bumi
b). Ilmu agama seakan tidak penting

B. Kiamat Kubra atau Kiamat Besar

Kiamat Kubra merupakan kiamat besar yang dapat menghancurkan seluruh alam semesta beserta segala isinya. Hal ini menandakan bahwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk hidup di alam dan tanda di mulainya kehidupan yang kekal abadi yaitu di akhirat.

Kiamat Kubra terjadi dengan tanda – tanda sebagai berikut:

a). Matahari terbit dari arah Barat
b). Penghancuran Ka’bah
c). Turunnya Nabi Isa AS.
d). Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
e). Dajjal muncul

Saat terjadinya kiamat kubra, semua amal ibadah manusia terhenti, tidak akan diterima segala bentuk amal perbuatan yang dilakukan oleh seorang umat dan permohonan taubat pun tidak akan didengarkan oleh Allah SWT.

Tanda – Tanda Hari Kiamat

Hari kiamat terjadi ketika Allah SWT. memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniupkan sangkakala. Ketika bunyi terompet sangkakala berbunyi tidak ada satu pun makhluk hidup di muka bumi ini yang dapat menyelamatkan diri mereka.

Allah SWT. berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang hari kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. ‘Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” (QS. Al Araaf ayat 187)

Hari kiamat berlangsung dengan kuasa Allah SWT. Terjadinya kiamat merupakan akhir dari kehidupan di muka bumi ini.

Allah SWT. telah menggambarkan bagaimana nantinya jika terjadi kiamat. Berikut ini beberapa gambaran yang akan terjadi di hari kiamat:

a) Tidak ada yang dapat menolong, bahkan seorang ayah sekalipun.

Allah SWT. berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ وَاخْشَوْا يَوْمًا لَا يَجْزِي وَالِدٌ عَنْ وَلَدِهِ وَلَا مَوْلُودٌ هُوَ جَازٍ عَنْ وَالِدِهِ شَيْئًا ۚ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

Artinya: “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali – kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (menaati) Allah.” (QS. Luqman ayat 33)

b) Bumi berguncang dengan sangat kuat hingga semua isi yang terkandung di dalam bumi dikeluarkan semua.

Adapun Allah SWT. memberitahukan kepada kita mengenai bumi yang terguncang ketika tiba hari kiamat yaitu pada surat Al Zalzalah ayat 1 hingga 5 yaitu:

إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا . وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا . وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا . يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا . بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا

Artinya: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban – beban berat (yang dikandung) nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.” (QS. Al Zalzalah ayat 1 sampai 5)

c) Bumi dan gunung diangkat dan keduanya dibenturkan bersamaan.

Allah SWT. berfirman dalam surat Al Haqqah ayat ke 14:

وَحُمِلَتِ الْأَرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَاحِدَةً

Artinya: “Dan diangkatlah bumi dan gunung – gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.” (QS. AL Haqqah ayat 14)

d) Langit terbelah dengan semua bintang yang jatuh berserakan dan laut meluap.

Kejadian ini telah Allah SWT. gambarkan di dalam Al Quran surat Al Infithar ayat 1 sampai 3. Allah SWT. berfirman:

إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ . وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ . وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ

Artinya: “Apabila langit terbelah, dan apabila bintang – bintang jatuh berserakan, dan apabila lautan dijadikan meluap.” (QS. Al Infithar ayat 1 sampai 3)

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai hari kiamat dan tanda – tanda hari kiamat. Semoga artikel ini dapat membantu kamu lebih bersiap dengan

Cara Menyambut Bulan Ramadhan

_pur
3 min read

Keutamaan dari Bulan Ramadhan

_pur
2 min read

Pengertian Istiqomah

_pur
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *