Tarikh Islam

2 min read

Tarikh Islam

Tarikh Islam – Mengetahui perjalanan Islam berkembang dan perjalanan hingga Islam tersebar di semua negara merupakan hal yang bisa kita ketahui. Sejarah perjalanan yang sangat panjang dan tidak mudah.

Sama halnya dengan Indonesia yang memiliki sejarah pada zaman dahulu hingga akhirnya bisa menjadi negara yang besar hingga sekarang.

Bagi yang bersekolah di pondok pesantren atau pun sekolah – sekolah yang khusus pendidikan Islam terdapat salah satu mata pelajaran mengenai sejarah perjalanan Islam. Mata pelajaran itu yaitu Tarikh Islam.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai tarikh Islam, meliputi pengertian tarikh Islam dan sejarah tarikh Islam. Simak terus ya.

Pengertian Tarikh

Secara bahasa, tarikh artinya sejarah. Tarikh berasal dari bahasa Arab. Sedangkan arti tarikh menurut istilah yaitu hal – hal yang telah terjadi di masa lampau.

Tarikh merupakan catatan peristiwa mengenai para Nabi dan sahabat serta perjuangan umat islam yang lengkap dan jelas yang terjadi pada zaman dahulu.

Tarikh Islam yaitu ilmu yang mempelajari peristiwa – peristiwa pada masa lampau atau sejarah agar tidak dilupakan, sejarah mengenai Islam.

Sejarah Tarikh Islam

Perkembangan sejarah Islam yang telah dilalui dahulunya tidak tercantum dalam sebuah buku atau ilmu. Para sahabat hanya menggunakan ingatannya untuk mengingat dan menghafal sesuatu hal yang terjadi. Terutama untuk hadits – hadits pada masa itu. Hanya diingat dan dihafal saja yang dapat para sahabat lakukan. Hingga akhirnya terdapat ilmu tarikh yang mencatat segala sejarah yang terjadi di setiap masanya.

Pada tahun sekitar antara 170 hingga 194 H, ilmu tarikh dimasukkan ke dalam salah satu cabang ilmu agama.

Perjalanan

Dengan mempelajari tarikh Islam, para generasi muda atau generasi milenial akan mengetahui tentang perjalanan sejarah Islam. Dari awal Islam muncul hingga berkembang seperti sekarang. Betapa beratnya perjuangan para nabi dan rasul beserta para sahabat menyebarluaskan agama Islam.

Bagi anak – anak mengetahui sejarah Islam dapat memunculkan rasa yang kuat mengenai agama. Dari kecil diajarkan mengenai Islam agar dapat meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh para generasi sebelumnya.

Tarikh Islam juga merupakan antisipasi agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam mempelajari ilmu agama Islam. Agar tidak ada yang menyalah artikan maksud yang sebenarnya dan menimbulkan keresahan terhadap cerita apakah benar atau tidak. Tarikh Silam juga merupakan

Allah SWT. berfirman dalam Al Quran surat Yusuf ayat ke 111, yaitu:

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Sesungguhnya pada kisah – kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang – orang yang mempunyai akal. (Al Quran) itu bukanlah cerita yang dibuat – buat, akan tetapi membenarkan (kitab – kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang – orang yang beriman.” (QS. Yusuf ayat 111)

Mengetahui sejarah agama Islam dapat menimbulkan kecintaan kita terhadap Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW. Karena kita akan mengetahui banyak hal yang terjadi yang telah Allah SWT. berikan kepada hamba -Nya.

Tarikh Islam berkembang seiring zaman. Hal ini tercantum dalam salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Ar Rum ayat ke sembilan, Allah SWT. berfirman:

أَوَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَيَنْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۚ كَانُوا أَشَدَّ مِنْهُمْ قُوَّةً وَأَثَارُوا الْأَرْضَ وَعَمَرُوهَا أَكْثَرَ مِمَّا عَمَرُوهَا وَجَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ ۖ فَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Artinya: “Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul)? orang – orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan mereka telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul – rasul mereka dengan membawa bukti – bukti yang nyata. Maka Allah sekali – kali tidak berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri mereka sendiri.” (QS. Ar rum ayat 9)

Tarikh Islam dimulai dari zamannya Islam mulai didakwahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tarikh Islam dimulai dari masa Khalifah Abu Bakar As Sidiq.

Mempelajari tarikh Islam sangatlah penting. Meskipun kita dapat mengingat dan menghafal sesuatu tetapi tetap saja kita perlu media lain untuk menuangkan segala hal yang kita ingat. Manusia memiliki batas usia di mana tetap dapat mengingat dengan baik sesuatu hal. Hal itu menjadi landasan yang menguatkan mengapa harus mencatat segala hal terutama sejarah perjalanan Islam.

Kita akan memperoleh banyak manfaat ketika mempelajari tarikh Islam. Adapun beberapa manfaat dari mempelajari ilmu tarikh ini yaitu:

a) dapat memetik hal positif dari pelajaran yang telah terjadi di masa dahulu
b) sebagai landasan dalam memberikan kebijaksanaan dan keputusan
c) melaksanakan nasihat dan perintah yang telah disebarluaskan
d) agar dapat menghargai sejarah
e) untuk meneladani sifat – sifat terpuji para nabi dan rasul serta para sahabat
f) menjauhi sifat – sifat yang tidak baik atau tercela

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai tarikh Islam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan memberikan manfaat yang positif. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *