Tata Cara Berdoa

2 min read

Tata Cara Berdoa

Tata Cara Berdoa – Berikut ini materi tentang Tata Cara Berdoa, serta Tata Cara Berdoa yang Mustajab lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Doa merupakan bentuk pengharapan kepada Allah SWT. Berdoa adalah cara hamba-hamba-Nya memohon dan meminta kepada Rabb, yaitu Allah SWT.

Dapat dikatakan bahwa ibadah yang paling mudah bagi setiap hamba adalah doa, karena itu tidak terikat dengan waktu, tempat, dan kondisi. Doa bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Pada saat atau setiap akan melakukan sesuatu, dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt. Ini agar semua kegiatan berjalan dengan lancar karena berkah dari Allah Swt.

Ketika berdoa tentu saja ada tata cara untuk berdoa agar Allah mengabulkan, yang seharusnya diketahui semua orang. Dengan mengikuti tata cara berdoa, ia akan lebih dekat kepada Allah Swt dan berharap bahwa doanya akan dijawab oleh Allah Swt.

Seperti yang dikatakan Allamah As-Sa’di:

“Hal yang harus dipertimbangkan ketika berdoa untuk mendapatkan apa yang dia inginkan dan apa yang dia hindari dari kejahatan adalah tujuan dan motivasi untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan beribadah kepada-Nya.”

Tata Cara Berdoa yang Mustajab

Tata cara berdoa agar mustajab, yaitu sebagai berikut :

1. Memahami Adab Dalam Doa

Adab dan tata cara berdoa dalam pandangan islam adalah hal yang saling terkait erat satu sama lain. Jika memahami adab-adab dalam berdoa akan membuat setiap orang yang berdoa semakin menjadi lebih khusyuk dan terarah.

Inilah adab dalam berdoa:

A. Mengagungkan atau Memuji Allah SWT

Dengan membaca sholawat kepada Nabi Saw sebelum Anda berdoa dan diakhiri dengan itu, seperti :

B. Mengaku Berdosa

C. Khusyuk, Penuh Harap dan Cemas

D. Mengulangi Doanya

Ini adalah adab dan tata cara berdoa yang menunjukkan keseriusan dalam berdoa. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw jika berdoa selalu mengulangnya tiga kali.

E. Berdoa dalam Keadaan Lapang ataupun Sempit

F. Menghadap Kiblat

Menghadap Kiblat ketika melakukan sholat adalah salah satu adab dalam berdoa untuk cepat terkabul, seperti yang dikatakan Rasulullah Saw dalam riwayat Abu Dawud:

“Sungguh Tuhanmu Maha Hidup lagi Maha Pemurah. Dia akan sangat malu jika seorang hamba mengulurkan tangan tetapi tidak dikabulkan oleh-Nya.”

2. Mengangkat Kedua Tangan

Menurut hadits Nabi Saw diatas dapat disimpulkan bahwa:

Jika memiliki permohonan, angkatlah kedua tangan Anda di depan bahu.

Ketika Istigfar jari-jari Anda menunjuk. Cara ini sering digunakan ketika dzikir dan Tasyahud dalam sholat. Bahkan jika Anda memuji Allah dan mengatakan Tahlil (Laa ilaa ha illallah) di luar sholat.

Ketika Ibtihal (mengadu dan mengeluh) mengulurkan atau mengangkat kedua tangan. Cara ini sangat berguna untuk masalah dan ketakutan seperti kekeringan yang panjang atau kedatangan musuh.

Contohnya :
“Angkat kedua tanganmu kearah langit, sampai kamu bisa melihat ketiakmu.

3. Berdoa dengan Menatap Langit

Karena kita tahu bahwa langit bukanlah kiblat untuk beribadah, kiblat ibadah bagi umat Islam adalah Ka’bah. Syaikh Bakr Abu Zaid berkata:

“Melihat langit sambil berdoa, ini adalah dua bagian”

Namun para ulama percaya bahwa menatap langit sambil berdoa adalah hal yang dilarang.

Dasarnya adalah hadits Nabi Saw, Menatap langit sambil mengatakan; Ar-Rafiq al-A’la (Allah yang Maha Luhur), ketika dia sakit, yang berakhir dengan kematian Beliau.

4. Paham Syarat Terkabulnya Doa

Persyaratan dan tata cara untuk berdoa agar cepat dikabulkan Allah SWT meliputi:

Menyambut perintah Allah SWT

Hadirnya Kekhusyuaan Hati

Jika berdoa dan memohon ampunan juga pertolongan kepada Allah, disarankan agar Anda selalu fokus pada hati Anda dan percaya bahwa doanya akan dikabulkan.

Tidak Terburu-Buru Saat Berdoa

Ketika Anda berdoa, jangan terburu-buru untuk mengatakan atau memohon kepada Allah. Semuanya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan khusyuk.

Mengingat Bahwa Berdoa Merupakan Ibadah

Menjadikan doa bagian dari ibadah yang dilakukan setiap hari.

Makan Makanan, Minuman dan Pakaian yang Halal

Dengan mengkonsumsi segala sesuatu yang halal, secara tidak langsung membersihkan jiwa dalam diri Anda. Dengan jiwa yang bersih, akan lebih tenang untuk berdoa kepada Allah.

Baca Juga :

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read