Panduan Tata Cara Sholat Berjamaah yang Baik dan Benar Lengkap

3 min read

Tata Cara Sholat Berjamaah

Panduan Tata Cara Ibadah Sholat Berjamaah yang Baik dan Benar Lengkap โ€“ Melaksanakan ibadah sholat merupakan kewajiban bagi tiap Muslim. Tidak boleh seorang pun manusia yang dapat lari dari kewajibannya terutama sholat.

Pada kondisi saat ini juga, meskipun sedang dalam kondisi Virus Covid-19 atau Corona kita tetap melaksanakan sholat secara berjamaah. Melaksanakan sholat berjamaah di rumah pun tidak masalah. Kita tetap mendapatkan pahala yang berlimpah.

Lalu bagaimana dengan tata cara sholat berjamaah? Apakah tetap sama meskipun kita mengerjakannya di rumah?

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai tata cara sholat berjamaah yang baik dan benar. Simak terus ya.

Sholat Berjamaah

Ibadah sholat berjamaah merupakan sholat yang dilakukan secara bersama โ€“ sama yang terdiri dari seorang imam dan makmum.

Melakukan sholat berjamaah tentunya dapat menambah pahala kita. Karena sholat berjamaah lebih baik dari pada sholat sendiri atau munfarid.

Sholat berjamaah diwajibkan atas laki โ€“ laki Muslim, terutama di masjid. Bagi perempuan tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid. Tetapi karena sekarang di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia sedang terkena virus Corona. Oleh sebab itu, semua aktivitas termasuk ibadah dilakukan di rumah. Jadi, bersabar dulu ya untuk gak ke masjidnya, tunggu hingga benar โ€“ benar dapat tertangani wabah ini. Tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ya. Ini demi kepentingan bersama bukan hanya pribadi atau pun golongan. ๐Ÿ˜€

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sholat Dimulai

Abu Abdillah Nuโ€™man bin Basyir mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah bersabda:

ู„ูŽุชูุณูŽูˆู‘ูู†ู‘ูŽ ุณููููˆู’ููŽูƒูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽูŠูุฎูŽุงู„ูููŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูˆูุฌููˆู’ู‡ููƒูู…ู’

Artinya: โ€œHendaknya kalian bersungguh โ€“ sungguh dalam meluruskan shaf โ€“ shaf kalian atau Allah sungguh โ€“ sungguh akan memperselisihkan di antara wajah โ€“ wajah kalian.โ€ (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, dalam melaksanakan ibadah sholat berjamaah kita harus memperhatikan mengenai shaf atau barisan dalam sholat. Shaf dalam sholat harus benar dan lurus. Oleh sebab itu, sebelum memulai ibadah sholat kita harus memastikan bahwa shaf benar dan lurus.

Tata Cara Sholat Berjamaah

Melaksanakan ibadah sholat berjamaah perlu kita perhatikan tata caranya. Karena sholat berjamaah pahalanya lebih besar dibandingkan sholat sendiri, apalagi sekarang di bulan Ramadhan. Meskipun di rumah aja kita tetap dapat melaksanakan ibadah sholat berjamaah ya.

Adapun panduan tata cara dalam melaksanakan ibadah sholat berjamaah yang baik dan benar dalam Islam yaitu sebagai berikut:

a. Membaca niat

Sebelum memulai ibadah sholat, kita harus membaca niat karena merupakan salah satu dari rukun sholat.

Dalam sholat berjamaah bacaan niat seorang imam dan makmum tentunya berbeda. Yang membedakannya hanya pada penambahan imaaman atau makmuuman.

Kamu dapat melihat bacaan niat sholat wajib agar lebih jelas ya.

b. Imam berada di depan makmum

Dalam melaksanakan ibadah sholat berjamaah posisi seorang imam dengan makmumnya tidak boleh berada pada shaf yang sama dengan posisi yang sejajar.

Posisi seorang imam berada di depan makmum. Tidak sah sholat berjamaah jika makmum posisinya mendahului seorang imam.

Jika tempat melaksanakan sholat tidak lebar atau ruangan penuh, maka tumit makmum posisinya tidak mendahului tumit imam.

c. Mengikuti dan tidak mendahului gerakan imam

Imam merupakan seorang pemimpin dalam ibadah sholat berjamaah. Oleh karena itu, sebagai makmum tugasnya mengikuti imam.

ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุฌูุนูู„ูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ู„ููŠูุคู’ุชูŽู…ู‘ูŽ ุจูู‡ูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุจู‘ูŽุฑูŽ ููŽูƒูŽุจู‘ูุฑููˆุง

Artinya: โ€œSesungguhnya imam dijadikan agar diikuti, maka janganlah kalian menyelisihinya! Apabila ia sudah bertakbir, maka bertakbirlah kalian.โ€ (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Ketika sholat berjamaah, makmum harus mengetahui setiap gerakan imam agar tidak tertinggal atau pun mendahului imam.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฅูู…ูŽุงู…ููƒูู…ู’ุŒ ููŽู„ูŽุง ุชูŽุณู’ุจูู‚ููˆู†ููŠ ุจูุงู„ุฑู‘ููƒููˆุนู ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุงู„ูุงู†ู’ุตูุฑูŽุงูู!

Artinya: โ€œWahai manusia, sesungguhnya aku adalah imam kalian, maka janganlah kalian mendahuluiku dengan rukuk, sujud, berdiri, dan salam!โ€ (HR. Muslim)

Oleh karena itu, mendahului imam merupakan hal yang dilarang. Bahkan Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengancam hal itu.

ูŽ ุฃูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุญูŽูˆู‘ูู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ุฑูŽุฃู’ุณูŽ ุญูู…ูŽุงุฑ

Artinya: โ€œTidakkah orang yang mengangkat kepalanya sebelum imam takut jika Allah akan mengubah kepalanya menjadi kepala keledai?โ€ (HR. Bukhari)

d. Berada dalam satu masjid atau tempat

Melaksanakan ibadah sholat berjamaah harus dilakukan di satu tempat yang sama. Meskipun saat ini keadaan yang tidak memungkinkan seseorang untuk melaksanakan ibadah di masjjid, apalagi sholat jumat.

Kita tidak dapat melaksanakan ibadah sholat berjamaah dengan seorang imam yang berada di masjid dan makmum berada di rumahnya. Meskipun rumah makmum tersebut berada di sebelah masjid.

Hal ini harus diperhatikan, tidak dapat di salah artikan. Lebih baik melakukan ibadah sholat berjamaah di rumah bersama โ€“ sama dengan keluarga.

Berbeda hal dengan situasi atau kondisi jika melakukan ibadah sholat berjamaah dengan ruangan yang telah penuh. Beberapa makmum dapat keluar dari ruangan terebut untuk mengikuti ibadah sholat berjamaah asalkan makmum dapat mengetahui setiap gerakan imam.

Perlu diperhatikan. Situasi ini tidak dapat disamakan dengan mengerjakan di dua tempat yang berbeda dengan imam ya. Karena jarak antara imam dan makmum tidak boleh berjauhan dan berada dalam satu tempat. Karena shaf harus bersambung dan tidak boleh terputus.

Oleh karena itu, meskipun kita tidak mengerjakan ibadah sholat berjamaah di masjid, kita tetap dapat melakukan ibadah sholat berjamaah di rumah. Tidak ada alasan untuk menunda atau pun tidak melaksanakan ibadah meskipun di rumah saja. Allah SWT. akan selalu mengetahui apa yang kita lakukan karena Allah SWT. Maha Mengetahui dan Pemurah.

Lakukanlah ibadah yang sesuai dengan syariat dan jangan menambah atau menguranginya agar tetap mendapatkan pahala yang berlimpah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai panduan dati tata cara ibadah sholat berjamaah yang dapat dilakukan tidak hanya di masjid. Semoga kita dapat terus mendapatkan pahala meskipun saat ini kita hanya dapat melakukan ibadah dari rumah saja. Teruslah menjaga diri dan tetap sehat ya. Terima kasih.