Tata Cara Sholat Jenazah

2 min read

Tata Cara Sholat Jenazah

Berikut ini adalah materi tentang Sholat Jenazah, Mulai dari pengertian sholat jenazah, hadits tentang sholat jenazah serta tata cara sholat jenazah.

Sholat Jenazah sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat islam, karena jika ada Muslim yang meninggal, sholat jenazah harus dilakukan. Hak setiap Muslim terhadap Muslim lainnya yang meninggal adalah salah satunya menyolatkannya.

Ketika seseorang muslim meninggal, seorang Muslim lain harus mengucapkan Inna Lillahi Wa Inna illaihi Raji’un, yang berarti “Sungguh kami benar-benar milik Allah dan kepada Allah SWT jugalah Kami akan kembali”

Hukum Sholat jenazah ialah sholat Fardhu Kifayah, yang kemudian menjadi wajib karena menyolatkan mayat untuk dikuburkan dan kembali kepada Allah.

Segala sesuatu di muka bumi ini merupakan milik Allah, ruh dalam tubuh kita adalah milik Allah dan suatu hari nanti ruh kita akan kembali kepada pemiliknya, Allah SWT. Ketika ruh terpisah dari tubuh kita, itu berarti bahwa kita telah meninggalkan semua kehidupan di dunia, bahwa pikiran atau kehidupan kita siap untuk pergi ke dunia yang kekal, yang merupakan dunia yang abadi yaitu alam barzah. Roh kita ada di dalam kubur, menunggu hari penghakiman (kiamat) tiba.

Pengertian Sholat Jenazah

Sholat Jenazah adalah Sholat yang hukumnya ialah Fardhu Kifayah dan merupakan sholat yang dilakukan dengan takbir empat kali.

Contoh Tata Cara Sholat Jenazah

Fardhu kifayah itu sendiri berarti wajib yang ditentukan dan dikendalikan oleh banyak orang, tetapi jika beberapa Muslim melakukannya, maka kewajiban untuk Muslim lain telah gugur. Tetapi jika semua Muslim meninggalkan sholat jenazah, maka kaum Muslimin tersebut akan berdosa.

Hadits Tentang Sholat Jenazah

Ada banyak hadits yang berhubungan dengan Sholat Jenazah. Ini karena pentingnya Sholat Jenazah bagi umat Muslim yang sudah meninggal. Di bawah ini adalah beberapa hadits yang berhubungan dengan Sholat Jenazah:

Tata Cara Sholat Jenazah

Tata cara sholat jenazah membedakan antara jenazah pria dan jenazah wanita. Perlu diperhatikan di sini bahwa sholat jenazah berbeda dari sholat wajib. Perbedaannya adalah bahwa sholat jenazah tidak menggunakan Adzan atau Iqamah, tidak menggunakan rukuk, tidak sujud, tidak menggunakan I’tidal, dan tidak menggunakan tahiyat.

Sholat jenazah terdiri dari empat takbir. Jika dia tidak mengerti bagaimana tata cara sholat jenazah di takbir kedua ada yang rukuk, takbir ketiga i’tidal dan takbir ke empat melakukan sujud. Yang benar ialah bahwa empat Takbir adalah Takbiratul ikhram semua sehingga empat Takbir tetap dalam posisi berdiri dan membaca yang telah ditentukan.

Berikut ini adalah tata cara untuk sholat jenazah:

1. Niat

Hal pertama yang harus dilakukan ialah niat. Niat itu sangat penting karena Allah tahu apa yang ingin kita lakukan dari niat. Dengan mengingat hal ini, Allah tahu ketulusan dan ketekunan hamba-Nya. Yang berbeda ialah niat untuk sholat bagi Jenazah pria dan Jenazah mayat wanita.

Niat juga merupakan prasyarat untuk sahnya sholat, sehingga setiap amalan yang akan dilakukan harus dimulai dengan niat. Berikut ini adalah niat sholat jenazah yang perlu diketahui:

Untuk menjadi seorang imam, kita juga harus mengucapkan niat. Ketika Anda menjadi seorang imam, lafadz dalam bacaan ma’amuman diubah menjadi lafadz imaa ‘man. Berikut ini adalah niat yang dibaca ketika menjadi seorang imam untuk jenazah :

2. Takbir Pertama

Setelah mengucapkan niat, selanjutnya kita melakukan takbir pertama. Pada takbir pertama kita dianjurkan untuk membaca Surat Al-Fatihah.

3. Takbir Kedua

Takbir kedua masih dilakukan dalam posisi berdiri. Jangan bersujud karena tidak ada sujud di dalam sholat jenazah. Pada saat takbir untuk yang kedua ini, kita harus dianjurkan membaca Shalawat Nabi Muhammad. Contoh Shalawat lengkap sebagai berikut :

4. Takbir Ketiga

Takbir ketiga membaca doa khusus jenazah. Pembacaan doa tergantung dengan jenazahnya, jenazah prempuan atau laki-laki.

5. Takbir Keempat

Pada takbir keempat kita membaca doa khusus. Bacaan berikut ini harus dibaca pada takbir keempat:

6. Salam

Tatacara sholat jenazah yang terakhir ialah salam. Bacaannya yaitu :

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap yakni mengenai Tata Cara Sholat Jenazah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.