Tata Cara Sholat Tahajud

2 min read

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud – Bagi seluruh umat Muslim memperbanyak ibadah sunnah sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain menambah pahala bagi hamba Allah SWT. juga dapat menjaga diri dari marabahaya.

Salah satu ibadah sunnah yang dapat dikerjakan bagi umat Muslim di tiap harinya yaitu melaksanakan sholat sunnah tahajud.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang disarankan oleh Rasulullah SAW. untuk dikerjakan di setiap malamnya.

Apakah sudah benar sholat tahajud yang kamu kerjakan selama ini?

Pasti masih ada di antara kalian yang belum benar – benar melaksanakan sholat tahajud dengan baik dan benar.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai tata cara pelaksanaan sholat tahajud, dari niat sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, hingga doa yang dibaca sesudah melaksanakan sholat tahajud.

Tata Cara Sholat Tahajud

Melaksanakan sholat tahajud harus sesuai dengan tata cara pelaksanaan sholat atau urutan gerakan sholat. Sama halnya dengan sholat wajib yang memiliki rukun dan tata cara pelaksanaan sholat. Berikut ini merupakan tata cara pelaksanaan sholat tahajud, yaitu:

  1. Niat sholat tahajud
  2. Melaksanakan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat pendek atau pun panjang dalam Al Quran
  5. Rukuk dengan tumakninah
  6. Iktidal dengan tumakninah seraya membaca doa iktidal
  7. Sujud dengan tumakninah seraya membaca doa sujud
  8. Mengulang gerakan seperti pada rakaat pertama
  9. Pada tahiyat akhir, membaca doa tahiyat akhir
  10. Mengerjakan gerakan salam dengan tengok ke arah kanan lalu ke arah kiri.

Tata cara sholat dan bacaan – bacaan di tiap gerakan sholat dapat kamu lihat pada artikel sholat wajib atau di rukun sholat ini ya.

Dalam pelaksanaan sholat tahajud kamu dapat mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah yang tidak terbatas dengan minimal 2 rakaat. Rasulullah SAW. biasa melaksanakan sholat tahajud sebanyak 8 rakaat, dengan 4 kali sholat dan tiap sholat terdiri dari 2 rakaat, berarti terdapat 4 kali salam.

Sholat-Tahajuddd

Setelah melaksanakan sholat tahajud kamu dapat mengakhiri sholat tahajud dengan sholat witir. Karena sholat witir merupakan penutup sholat sunnah.

Jangan lupa berdoa dengan doa sesudah sholat tahajud. Barulah kamu dapat berdoa sesuai dengan bahasa kamu. Jika kamu tidak dapat menggunakan bahasa arab, kamu dapat menggunakan bahasa yang kamu bisa.

Berikut ini merupakan doa dari sholat tahajud dan doa sesudah sholat tahajud, dari bacaan hingga artinya.

Niat Sholat Tahajud

Berikut ini niat dari sholat tahajud yaitu sebagai berikut:

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud
Bacaan Arab

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:

“Aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Berikut ini merupakan bacaan dari doa sesudah sholat tahajud, yaitu:

Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Bacaan Arab

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Latin

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja penguasa langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau pemancar cahaya langit dan bumi beserta semua mahkluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, perjumpaan dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, dan surga adalah benar, neraka adalah benar, dan para nabi-nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW. adalah benar, serta saat hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, serta apa yang ku sembunyikan maupun yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan selain Engkau, dan tidak ada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Kamu juga dapat membaca amalan berdasarkan sunnah Rasullulah SAW. setelah sholat tahajud, yaitu:

  1. Membaca doa sesudah sholat tahajud
  2. Membaca istighfar
  3. Membaca sayyidul istighfar
  4. Membaca tasbih
  5. Membaca tahmid
  6. Membaca takbir
  7. Membaca tahlil
  8. Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.
  9. Membaca surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Nas
  10. Membaca surat Al Fatihah

Kamu dapat membaca artikel mengenai Doa Tahajud Pendek dan Doa Tahajud Sesuai Sunnah agar mendapatkan pahala yang berlimpah dan apa yang diharapkan tercapai.

Baca Juga:

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham mengenai tata cara sholat tahajud? Semoga sudah ya.

Demikianlah ulasan mengenai tata cara sholat tahajud yang telah dipaparkan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam melaksanakan sholat tahajud. Terima kasih.