Wanita Sholehah Menurut Islam (Ciri-Ciri, Sifat, Idaman Pria)

3 min read

Wanita Sholehah

Wanita Sholehah – Wanita sholehah ialah wanita saleh yang memimpikan setiap orang yang akan menjadi istri suaminya. Faktanya, Anda akan sering mendengar ungkapan berikut:

Hakikat wanita saleh sebagai perhiasan terindah terletak pada keindahan wujud atau wujud serta pada keindahan tingkah laku atau akhlaknya.

Maka tak heran jika pria melihat wanita sebagai hiasan dan salah satu sumber kebahagiaan naluriah. Memang, dengan kata-kata yang baik dan sopan, kecantikan adalah permata yang benar-benar bersinar.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

Wanita-Sholeh

Artinya:
“Dunia ini adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholehah.” (HR. Muslim, Nasa’I Ibnu Majah, dan Ahmad).

Jadi Tuhan juga menekankan daya tarik pria untuk kecantikan wanita seperti dalam Firman.

Kata Allah dalam Alquran Surah Ali Imran ayat 14:

Surah-Ali-Imran-ayat-14

Artinya:
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran ayat 14)

Kecantikanlah yang membuat wanita layak untuk dicintai, dihargai, dan dihormati. Tapi jangan berhenti sampai di situ. Ini karena perempuan diciptakan tidak hanya dari segi penampilan dan pesona sebagai makhluk agung.

Tetapi juga dari segi gelar kehormatan. Jadi wanita adalah makhluk yang dibuat dengan keindahan untuk dicintai dan dimuliakan.

Ciri-Ciri Wanita Solehah (Wanita Idaman)

Wanita yakni merupakan salah satu makhluk yang diagungkan oleh Allah SWT. Ciri perempuan berbeda dengan laki-laki dalam banyak undang-undang, misalnya alat kelamin perempuan berbeda dengan alat kelamin laki-laki.

Wanita-Sholehahh

Wanita yakni telah mempunyai sebuah posisi yang sangat baik dalam Islam. Islam sangat melindungi martabat perempuan. Wanita mulia dalam Islam adalah wanita Muslim yang berdoa.

Wanita muslimah tidak hanya cukup untuk wanita muslim tetapi juga untuk wanita muslimah yang sholat karena banyak wanita muslimah yang tidak sholat.

Allah SWT telah memuji wanita Muslim, orang beriman yang sabar dan ikhlas. Bahkan Allah SWT ditetapkan sebagai wali yang beriman. Allah SWT berkata:

QS.-An-Nisa-34

Artinya:
“Maka wanita yang sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’:34)

Wanita Shalihah sebagai pria idaman. Harta paling berharga, perhiasan terbaik. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.”

Sungguh indah bahwa setiap wanita Muslim adalah wanita Sholihah, impian setiap pria. Oleh karena itu, setiap wanita harus meningkatkan secara cepat dan moral menjadi wanita yang berdoa. Oleh karena itu, perlu kita ketahui ciri dan ciri wanita shaleh, diantaranya:

Wanita yang Beriman

Wanita Muslim merupakan seorang wanita yang meyakini bahwa Allah SWT adalah rabbinya, dan Nabi Muhammad SAW adalah seorang nabi, dan Islam adalah pedoman hidupnya.

Semua pengaruh ini terlihat dalam perkataan, perbuatan, dan praktik. Mereka akan menjauhi apapun yang menyebabkan murka Tuhan, takut akan siksa yang menyakitkan dan tidak menyimpang dari aturan.

Selalu Menjaga Sholat Lima Waktu

Wanita Muslim harus sholat lima kali sehari dengan wudhu, khusyu ‘di pertunjukan, dan sholat tepat waktu sehingga tidak ada yang menyibukkan mereka dengan sholat.

Tidak ada yang lalai beribadah kepada Allah SWT yakni agar buah sholat dapat terlihat dengan jelas. Karena doa mencegah perbuatan dan perlengkapan keji dan jahat menjadi sulit diatur.

Menjaga Jilbabnya

Wanita muslimah lah yang membuat hijab senang. Sehingga dia hanya keluar dengan memakai jilbab yang bagus, dia mencari perlindungan dari Allah dan terima kasih atas kehormatan yang dianugerahkan oleh hukum hijab ini, dimana Allah SWT menginginkan kesucian baginya untuk memakai jilbab. Tuhan berkata:

QS.-Al-Ahzab-59

Artinya:
“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59)

Tidak Berkhalwat (Berduaan) dengan Bukan Mahramnya

Wanita Muslim tidak memiliki khalwat (pasangan) dengan pria yang bukan mahram. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya” (Riwayat Ahmad)

Anda hanya diperbolehkan melakukan perjalanan jauh dengan Mahrame karena Anda hanya diizinkan memasuki pasar dan tempat umum saat Anda sedang terburu-buru. Itu juga harus terselubung. Nabi Muhammad SAW bersabda:

Artinya:
“Seorang wanita dilarang mengadakan suatu perjalanan sejarak sehari semalam keculai disertai mahramnya” (Mutafaq Alaih)

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Diizinkan bagi kalian keluar rumah untuk keperluan kalian (wanita)” (Mutafaq Alaih)

Menjaga Ketaatan Kepada Suaminya

Wanita Muslim harus patuh kepada suaminya, setara, mencintai mereka, baik kepada mereka, memberi mereka nasihat, menjaga kesejahteraan mereka, tidak membatasi suara dan bahasa mereka dan tidak menyakiti mereka.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Menjaga-Ketaatan-Kepada-Suaminya

Wanita yang Mendidik Anak-Anaknya

Wanita muslimah sebagai wanita yang membuat anak-anaknya patuh menaati Allah SWT Subhaanahu. Keyakinan mengajarkan bahwa sesungguhnya telah mencintai Allah dan Rasul-Nya selama ini, jauh dari berbagai perbuatan yang tidak sesuai dan perbuatan.

Allah berfirman, yang berarti: “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim:6)

Selalu Ke jalan Allah SWT

Wanita Muslim dengan ramah menelepon Jalan Allah di antara wanita, mungkin dengan mengunjungi mereka, menelepon saudara mereka, atau mengirim pesan singkat. Dia juga melakukan apa yang dia katakan dan mencoba menyelamatkan dirinya dan keluarganya dari hukuman oleh Allah SWT.

Wanita yang Tidak Menyerupai Laki-Laki

Wanita Muslim adalah wanita yang secara khusus tidak identik dengan pria.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda, yang artinya, “Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki”

Mereka juga tidak sama dengan wanita kafir dalam hal-hal yang bersifat khas, yaitu pakaian atau tata krama mereka.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Wanita Sholehah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.