Yaumul Milad : Pengertian dan Arti, Contoh Ucapan + Jawaban dan Doa

3 min read

Yaumul Milad

Yaumul Milad : Pengertian dan Arti, Contoh Ucapan + Jawaban dan Doa – Kelahiran merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Ketika seorang anak dilahirkan, semua rasa muncul berbarengan baik itu bahagia, haru, sedih, bersyukur, dan lainnya muncul. Rasa yang tidak terbendung lagi.

Hari ulang tahun merupakan hari yang terjadi setiap setahun sekali. Sebagai wujud dari rasa syukur karena telah dilahirkan dengan sehat dan sempurna, dan dapat hidup hingga saat ini dengan penuh keberkahan.

Oleh karena itu, saat seseorang sedang berulang tahun, ada beberapa orang yang merayakannya dan memberikan kejutan. Keluarga dan teman-teman mengucapkan Happy Birthday dan mendoakannya. Tetapi, tidak jarang juga yang mengucapkan yaumul milad. Tahukah kamu apa arti dan pengertian dari yaumul milad?

Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian dan arti dari Yaumul milad, beserta contoh ucapan dan jawabannya, serta doanya.

Yaumul Milad

Arti Yaumul Milad

Secara bahasa, Yumul Milad berarti hari kelahiran. Dalam bahasa Arab, kata “yaumul” berasal dari kata “yaum (يوم)” yang berarti “hari”. Yaum berarti ketetapan waktu yang ditandai dengan dimulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Sedangkan kata “milad (ملاد)” berarti “kelahiran“. Sehingga,

Yaumul Milad artinya selamat ulang tahun.

Pengertian Yaumul Milad

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) memiliki arti “selamat ulang tahun” atau “selamat hari lahir”.

Yaumul Milad merupakan ucapan selamat dan sebagai perayaan dari rasa syukur atas dilahirkannya seseorang dengan sehat dan selamat hingga saat ini.

Saat hari kelahiran seseorang di tiap tahunnya inilah, momen ulang tahun berlangsung. Sehingga, kata Yaumul Milad digunakan.

Di hari ulang tahun, kita merenung dan memikirkan apakah hingga saat ini kita mempergunakan waktu yang telah diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala dengan baik dan benar. Apakah yang kita lakukan adalah hal-hal yang baik sesuai perintah allah Subhanahu wa ta’ala dan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam?

Apa yang kita kerjakan harus sesuai dengan Al Quran dan hadist karena nantinya kita akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan yang telah kita lakukan selama kita hidup.

Hari ulang tahun juga merupakan hari kelahiran dan juga berkurangnya jatah kita hidup.

Contoh Ucapan Yaumul Milad

Hari ulang tahun merupakan momen yang spesial. Di hari itu, bagi yang berulang tahun merupakan hari yang sangat istimewa, di mana doa-doa dipanjatkan dari banyak orang baik dari orang tua, saudara, teman, dan kerabat lainnya.

Mengucapkan selamat ulang tahun sudah sering kita lakukan. Selain itu, sering kali seseorang mengucapkan ulang tahun dalam bahasa Inggris seperti happy birthday.

Dalam Islam pun, diajarkan cara mengucapkan selamat ulang tahun. Salah satu contoh ucapan ulang tahun secara Islam yaitu “yaumul milad, barakallah fii umrik”. Artinya “selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan atas usia kamu”.

يَوْمُ الْميْلاَد بَارَكَ الله فِي عُمْرِك

YAUMUL MILAD, BARAKALLAH FII ‘UMRIIK.

Ucapan tersebut dapat digunakan jika terdapat yang berulang tahun. Dan berikan doa-doa yang baik lainnya juga.

Adapun berikut ini contoh ucapan ulang tahun yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Yaumul milad papa. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan, diberikan umur yang panjang, dan penuh keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
  • Yaumul milad ibu. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan, diberikan umur yang panjang, dan penuh keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
  • Yumul milad kakakku terkasih, semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan, serta rezeki yang tak henti-hentinya, barakallah fii umrik.
  • Yaumul milad sahabat terbaikku. Semoga senantiasa mendapatkan sisa umur yang dipenuhi keberkahan dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala.
  • Yaumul milad abi, barakallah fii umrik.
  • Yaumul milad suamiku sayang, semua doa terbaik untukmu. Barakallah fii umrik.
  • Yaumul milad anakku tercinta, semoga makin dewasa, panjang umur, murah rezeki, makin rajin ibadahnya. Barakallah fii umrik sayang.

Jawaban Ucapan Yaumul Milad

Saat seseorang mengucapkan selamat ulang tahun, biasanya kita hanya menjawabnya dengan berkata “Terima kasih” atau “aamiin”. Padahal dalam Islam juga diajarkan cara menjawab ucapan barakallah fii umrik.

Ketika seseorang mengucapkan kepada kita, “Yaumul milad, Barakallah fii umrik.”, kamu dapat menjawabnya dengan “Wa fika barakallah” artinya yaitu “Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kamu”.

Untuk lebih jelasnya, jawaban dari yaumul milad, barakallah fii umrik yaitu:

Apabila yang mengucapkan perempuan, maka jawabannya yaitu: “Wa fiiki barakallah”.

Sedangkan apabila yang mengucapkan laki-laki, maka jawabannya: “Wa fiika barakallah”.

Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kamu.”

Doa

Selain mengucapkan selamat ulang tahun ada baiknya kita juga mendoakannya. Adapun berikut ini doa yang dipanjatkan ketika berulang tahun:

Doa Mohon Panjang Umur dan Keberkahan

 Panjang Umur dan Keberkahan
Panjang Umur dan Keberkahan

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thawwil ‘umuuranaa, wa shahhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa tsabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqanaa, wa ilal khairi qarribnaa wa ‘anisy syarri ab’idnaa, waqdhi hawaa ijanaa fid diini wad dunyaa wal aakhirah, innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan tubuh kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, lapangkan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan, dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Mohon Panjang Umur

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِ وَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Allahumma innaa nas aluka thuulal ‘umuri bith thaa’ati wakhtim lanaa bil a’maalish shalihah.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu umur yang panjang, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.”

Doa Mohon Keselamatan

اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas aluka salaamatan fiddiin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyaa datan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal mauh.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesegaran atau kesejahteraan pada tubuh, dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.”

Meskipun begitu, doa ini juga dapat dibaca setelah melaksanakan sholat fardhu.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan arti dari yaumul milad beserta contoh ucapan dan jawabannya dengan doanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat digunakan dengan baik dan benar. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read